Masker lemon punya banyak manfaat bagi kulit Anda
Air perasan lemon yang dicampur bahan lain dapat digunakan sebagai masker wajah

Buah lemon tidak hanya dikenal sebagai sumber vitamin C yang bisa diolah menjadi minuman atau makanan. Buah yang terasa asam ini juga bisa dibuat menjadi masker lemon, yang memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Buah lemon memang sudah sering digunakan oleh wanita sebagai masker wajah. Dengan memiliki kandungan vitamin C dan asam sitrat, lemon diyakini memiliki efek antioksidan, meredakan peradangan bersifat antijamur, dan mencerahkan kulit secara alami.

Manfaat masker lemon untuk kecantikan wajah

Anda mungkin sudah tidak asing dengan berbagai produk kecantikan yang mengandung ekstrak lemon, mulai dari sabun pencuci muka, masker, hingga krim antipenuaan dan obat jerawat. Kandungan vitamin C dan asam sitrat di dalamnya memang dipercaya mampu memperbaiki kulit yang memiliki masalah, seperti jerawat dan bintik hitam.

Apa saja manfaat masker lemon untuk kulit wajah? Berikut beberapa di antaranya.

  • Mengatasi jerawat

Buat Anda yang memiliki masalah jerawat, pemakaian masker lemon bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Pasalnya, kandungan asam sitrat pada lemon mampu mengurangi peradangan dan minyak pada wajah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Buah lemon juga memiliki efek antimikroba yang mampu menjinakkan bakteri propionibacterium acnes yang mengarah pada peradangan jerawat. Lemon dipercaya mampu membunuh bakteri dan kuman pada wajah.

  • Mengatasi tanda-tanda penuaan dini

Tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, flek hitam, dan kulit wajah yang kendur, menjadi kekhawatiran setiap orang. Pemakaian masker lemon juga dapat membantu mengatasi penuaan dini karena kandungan antioksidan yang ada di dalam lemon

  • Mengangkat sel-sel kulit mati

Manfaat masker lemon lainnya adalah mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang mungkin menumpuk di wajah. Selain itu kandungan asam pada lemon juga bisa mencegah tumbuhnya komedo.

  • Merangsang produksi kolagen wajah

Masker lemon juga dipercaya mampu meningkatkan kolagen pada wajah. Kolagen adalah protein yang secara alami terurai seiiring bertambahnya usia, yang kemudian dapat menghasilkan garis-garis halus dan kerutan.

Vitamin C yang ada di lemon berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu dan mencegah radikal bebas yang dapat merusak kolagen, serta membuat kulit Anda lebih halus. Selain itu, lemon juga bisa membantu mencerahkan wajah.

Cara membuat masker lemon

Ada beberapa cara memanfaatkan lemon menjadi masker lemon. Beberapa cara membuat masker lemon sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, antara lain:

  1. Ambil dan cuci buah lemon, lalu belah dan peras lemon tersebut ke dalam mangkuk kecil. Setelah itu Anda bisa mengoleskannya pada wajah secara lembut. Diamkan hingga mengering kira-kira 15-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  2. Campur lemon dengan bahan lain seperti madu. Caranya adalah siapkan setengah sendok air lemon dan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

  3. Cara menggunakan masker lemon lainnya adalah mencampurkan lemon madu dengan yogurt. Campurkan 1 sendok teh madu, yogurt, dan setengah sendok teh lemon, lalu secara perlahan aplikasikan ke wajah dengan lembut. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin.

Jangan gunakan masker lemon dalam keadaan tidur. Membiarkan masker lemon terlalu lama pada kulit wajah dapat menimbulkan iritasi karena lemon mengandung asam.

Penggunaan masker lemon juga tidak bisa setiap hari. Pengaplikasian masker lemon yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, dan mengelupas.

Hentikan pemakaian masker lemon jika menimbulkan gejala iritasi, seperti kulit memerah, kering, dan mengelupas. Segera hubungi dokter jika iritasi menjadi semakin parah dan berlangsung selama dua hari atau lebih.

Healthline. https://www.healthline.com/health/lemon-for-face
Diakses pada 21 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/honey-and-lemon-for-face#benefits-of-lemon
Diakses pada 21 Januari 2020

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/lemon-juice-for-acne-and-acne-scars-4135671
Diakses pada 21 Januari 2020

Artikel Terkait