4 Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan Wajah Plus Cara Mudah Membuatnya di Rumah

Ada berbagai cara membuat masker kunyit untuk kulit wajah agar manfaatnya maksimal
Masker kunyit dipercaya bisa membuat kulit wajah semakin cantik dan bersinar

Kunyit biasanya sering digunakan sebagai bumbu masakan atau racikan jamu untuk mengobati penyakit. Namun tak banyak yang tahu bila rempah alami berwarna kuning ini juga bisa digunakan sebagai masker wajah alami.

Ya, kunyit dipercaya dapat membuat kulit wajah semakin cantik, bersinar, serta bebas masalah. Lantas, bagaimana cara membuat masker kunyit untuk kulit wajah agar mendapatkan manfaatnya yang maksimal?

Cara membuat masker kunyit untuk kulit wajah yang cantik

Saat ini, sudah banyak masker wajah yang mengandung rempah dan bahan-bahan alami, salah satunya kunyit.

Kunyit diketahui mengandung kurkumin sebagai bahan aktif di dalamnya. Kurkumin memiliki antioksidan dan sifat antiradang yang dapat membuat kulit wajah Anda lebih sehat, bersih, dan tampak bercahaya.

Bahkan, jika dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya, manfaat masker kunyit bisa Anda dapatkan secara maksimal. Agar lebih jelas, berikut adalah cara membuat masker kunyit sesuai dengan manfaatnya untuk kulit wajah.

1. Mengurangi jerawat

Cara membuat masker kunyit untuk mengurangi jerawat adalah dengan mencampurkannya dengan madu
Salah satu manfaat masker kunyit untuk wajah adalah mengurangi jerawat

Salah satu manfaat masker kunyit adalah mengurangi jerawat di wajah. Sifat antiradang yang terdapat pada kunyit bisa membantu meredakan kulit wajah yang meradang akibat jerawat.

Cara membuat masker kunyit untuk mengurangi jerawat, Anda bisa menghaluskan beberapa buah kunyit atau ½ sendok teh kunyit yang dicampurkan dengan 1 sendok makan madu, aduk secara merata.

Madu adalah bahan alami yang mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu menenangkan kulit yang berjerawat serta mencegah munculnya jerawat di kemudian hari.

Oleskan campuran masker kunyit dan madu pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Kemudian, bilas masker yang sudah kering menggunakan air hangat.

Selain madu, Anda bisa pula membuat masker kunyit untuk jerawat dari campuran bahan alami lainnya, seperti lidah buaya dan teh hijau. Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit berjerawat yang meradang.

Sama seperti cara di atas, Anda cukup mencampurkan bubuk kunyit dengan bubuk teh hijau dan lidah buaya, lalu aduk merata. Oleskan campuran masker tersebut pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Jika masker sudah kering, bersihkan wajah dengan cara membilasnya menggunakan air hangat.

Bagi Anda yang cenderung memiliki kulit berminyak dan sensitif, cara membuat masker kunyit dengan campuran lidah buaya dan teh hijau, patut Anda coba.

Namun, jika jerawat yang Anda alami meradang atau ada luka terbuka sebaiknya jangan gunakan masker ini, ya.

2. Mengatasi hiperpigmentasi

Cara membuat masker kunyit untuk mengatasi hiperpigmentasi
Hiperpigmentasi dapat diatasi dengan menggunakan masker kunyit

Penggunaan masker kunyit secara rutin diyakini dapat membantu mengatasi munculnya noda hitam di wajah akibat hiperpigmentasi.

Memang ada berbagai perawatan hiperpigmentasi yang bisa Anda lakukan di klinik kecantikan, tetapi tak ada salahnya untuk menggunakan bahan alami di rumah. Cara membuat masker kunyit untuk mengatasi hiperpigmentasi adalah sebagai berikut:

  • Campurkan ½ bubuk kunyit dan 1-2 sendok madu ke dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk merata.
  • Oleskan campuran masker tersebut pada seluruh permukaan wajah, tetapi hindari area mata.
  • Diamkan selama 10 menit hingga masker mengering.
  • Bilas wajah menggunakan air hangat

3. Menghilangkan kerutan di wajah

Masker kunyit bisa menghilangkan kerutan di wajah
Kunyit bisa membuat kerutan di wajah tersamarkan

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan bahwa kunyit dapat menghilangkan kerutan dan garis-garis halus di wajah. Ini dilakukan dengan meningkatkan tekstur kulit sehingga membuat kerutan di wajah menjadi tersamarkan.

Cara membuat masker kunyit untuk menghilangkan kerutan di wajah, yakni:

  • Campurkan beberapa buah kunyit atau ½ bubuk kunyit dengan yogurt dan jus lemon secukupnya.
  • Oleskan campuran masker pada seluruh permukaan wajah, tetapi hindari area mata.
  • Diamkan selama 10 menit hingga masker terasa kering.
  • Bilas wajah menggunakan air hangat.

4. Menghilangkan rambut dan kumis tipis pada wanita

Ada cara membuat masker kunyit untuk menghilangkan rambut dan kumis tipis di wajah
Menghilangkan kumis pada wanita bisa dengan cara membuat masker kunyit

Salah satu cara menghilangkan kumis pada wanita dengan bahan alami, yakni dengan masker dari campuran kunyit dan susu atau yogurt. Begini cara membuat masker kunyit untuk menghilangkan rambut dan kumis tipis di wajah:

  • Campurkan 1 sendok makan kunyit dan 1 sendok makan susu dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk merata hingga menjadi pasta yang kental.
  • Jika sudah tercampur merata, oleskan masker tersebut pada area bibir bagian atas Anda secara lembut menggunakan jari-jari tangan atau kuas bersih.
  • Diamkan selama 20 menit hingga masker mengering.
  • Lepas atau tarik masker yang mengering dengan cara mengelupasnya secara perlahan menggunakan jari-jari tangan Anda. Lakukan langkah ini hingga masker benar-benar hilang.
  • Bilas area bibir bagian atas menggunakan air hangat seraya menggosoknya perlahan menggunakan tangan.
  • Keringkan dengan handuk bersih.

Tips aman menggunakan masker kunyit untuk wajah di rumah

Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada wajah, sah-sah saja untuk menggunakan masker ini.

Akan tetapi, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau masalah kulit tertentu. Apalagi bagi orang yang memiliki reaksi alergi tertentu. Guna mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan masker kunyit, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Oleskan sedikit masker kunyit terlebih dulu ke area kulit lengan bawah.
  • Tunggu selama 24-48 jam untuk melihat reaksi kulit Anda.
  • Jika kulit Anda tidak mengalami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, Anda aman untuk menggunakan masker ini pada wajah.
  • Sebaliknya, apabila muncul reaksi alergi, berhentilah menggunakannya. Kemudian, segera bilas wajah menggunakan air bersih.

Penggunaan masker kunyit dapat menimbulkan noda berwarna kekuningan pada kulit wajah Anda. Tak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang normal dan hanya berlangsung sementara. Sebaiknya, hindari menggunakan masker kunyit semalaman.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan masker kunyit 2-3 kali dalam seminggu.

Catatan dari SehatQ

Ingatlah untuk senantiasa berhati-hati sebelum menggunakan masker atau produk apa pun dari bahan alami pada wajah Anda. Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan masker wajah alami, termasuk kunyit.

Dokter kulit bisa membantu Anda dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menggunakan masker kunyit atau tidak. Dengan ini, cara membuat masker kunyit dan manfaatnya bisa Anda dapatkan dengan efektif dan tetap aman.

Healthline. https://www.healthline.com/health/turmeric-for-skin#potential-risks

Diakses pada 11 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-mask-for-acne#5-diy-recipes

Diakses pada 11 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/turmeric-hair-removal#how-to

Diakses pada 11 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/homemade-face-masks#hyperpigmentation

Diakses pada 11 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/turmeric-face-mask#recipes

Diakses pada 11 Februari 2020

Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5843359/

Diakses pada 11 Februari 2020

Artikel Terkait