7 Manfaat Maqui Berry yang Tinggi Antioksidan


Berbentuk bulat dengan warna kehitaman, maqui berry sejak lama digunakan sebagai obat tradisional. Kini, dikenal sebagai superfruit karena tingginya kandungan antioksidan di dalamnya.

0,0
15 Jul 2021|Azelia Trifiana
Maqui berry kaya akan antioksidan alamiMaqui berry kaya akan antioksidan alami
Berbentuk bulat dengan warna kehitaman, maqui berry sejak lama digunakan sebagai obat tradisional. Kini, buah Aristotelia chilensis ini juga dikenal sebagai superfruit karena tingginya kandungan antioksidan di dalamnya.Manfaat dari antioksidan adalah mengurangi peradangan, mengendalikan kadar gula darah, dan menjaga kesehatan jantung. Bukan hanya buahnya, daun dan batangnya juga banyak dimanfaatkan.

Manfaat maqui berry untuk kesehatan

Beberapa manfaat maqui berry untuk kesehatan di antaranya:

1. Kaya antioksidan

Salah satu keunggulan dari maqui berry adalah kaya antioksidan. Dibandingkan dengan buah beri lain seperti blackberry, blueberry, stroberi, dan raspberry, kandungan antioksidannya tiga kali lipat lebih banyak.Utamanya, jenis kelompok antioksidan yang disebut dengan anthocyanin. Senyawa inilah yang memberikan warna ungu gelap dan membuatnya menjadi buah kaya antioksidan.Dalam studi dari kelompok peneliti asal Italia, dijelaskan bahwa konsumsi 162 mg ekstrak maqui berry selama empat pekan dapat menurunkan zat radikal bebas di darah tiga kali lipat lebih banyak pada kelompok uji normal, kelebihan berat badan, dan perokok.

2. Potensi redakan peradangan

Zat di dalam maqui berry juga memiliki khasiat anti-peradangan yang ampuh. Lebih spesifik lagi, suplemen bernama Delphinol dapat mengurangi radang di pembuluh darah, potensi terjadinya penyakit jantung. Hal ini terkonfirmasi dalam sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Minerva Cardioangiologica, April 2015 lalu.Tak hanya itu, studi klinis dari University of Chile selama dua pekan kepada perokok aktif juga menunjukkan hasil serupa. Mereka mengonsumsi dua gram ekstrak maqui berry sebanyak dua kali sehari. Hasilnya, peradangan di paru jauh lebih baik.

3. Potensi mencegah penyakit jantung

Konsumsi makanan tinggi antioksidan berupa anthocyanin dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 32%. Kesimpulan ini diperoleh dari studi terhadap 93.600 perempuan oleh tim University of East Anglia, Norwich, Inggris.Selain itu, konsumsi ekstrak buah berbentuk bulat ini juga dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 12,5%. Namun, masih perlu lebih banyak lagi penelitian definitif untuk membuktikannya.

4. Potensi kendalikan kadar gula darah

Bagi yang ingin menjaga kadar gula darah, maqui berry adalah pilihan buah yang aman. Sebab, zat di dalamnya membantu memecah dan menyerap karbohidrat untuk energi.Ini juga tergambar dari studi klinis Universidad de La Frontera di Chile selama tiga bulan. Konsumsi ekstraknya selama tiga bulan dapat menurunkan kadar gula darah hingga 5%. Jika ini valid, maka ada harapan buah ini menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

5. Potensi menjaga kesehatan mata

Terbayang sepanjang hari, berapa lama mata terpapar sumber cahaya mulai dari sinar matahari sampai cahaya monitor? Ketika berlebihan, sangat mungkin menyebabkan mata rusak. Kabar baiknya, antioksidan seperti yang ada di buah beri ini bisa melindungi mata dari kerusakan.Namun, potensi ini lebih mungkin diperoleh ketika seseorang mengonsumsi dalam bentuk suplemen, bukan buahnya sendiri. Masih perlu penelitian lebih lanjut untuk tahu apakah mengonsumsi obatnya punya dampak serupa.Bukan hanya itu, ada pula studi dari Jepang yang menemukan potensi maqui berry dalam meredakan mata kering. Dalam eksperimen selama 30 hari terhadap 13 pasien mata kering, konsumsi ekstrak maqui berry setiap harinya dapat meningkatkan produksi air mata hingga 50%.

6. Potensi menyehatkan pencernaan

Keberadaan bakteri, virus, dan jamur yang ada di pencernaan sangat berpengaruh terhadap sistem imun, kesehatan otak, jantung, dan tentu saja sistem cerna. Masalah akan terjadi ketika jumlah bakteri jahat lebih banyak ketimbang yang baik.Menariknya, zat dalam buah beri seperti maqui berry dapat menyeimbangkan bakteri baik dalam pencernaan. Senyawa di dalamnya memberikan rangsangan agar bakteri baik terus tumbuh dan berkembang biak.

Buah yang mudah ditemukan

Meski buah ini berasal dari Amerika Selatan, sudah sangat mudah menemukannya di pasaran. Jika dalam bentuk buah, ada pula yang sudah diolah menjadi jus atau bubuk ekstrak.Rekomendasi yang bisa Anda coba adalah mengonsumsi bubuk maqui berry karena terbuat dari buah yang dikeringkan. Ini adalah metode paling efektif karena tidak menghilangkan kadar antioksidannya.Bubuk buah ini juga bisa ditambahkan ke oatmeal, yogurt, atau smoothies. Ada banyak sekali resep untuk membuat cheesecake hingga lemonade berbahan maqui berry.Jadi, tidaklah berlebihan menyebut buah yang satu ini sebagai superfruit. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara konsumsi suplemen yang aman, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmakanan dietpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/maqui-berry-benefits
Diakses pada 3 Juli 2021
Journal of Agricultural and Food Chemistry. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21294510/
Diakses pada 3 Juli 2021
Journal of Functional Foods. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1756464614002266
Diakses pada 3 Juli 2021
Journal of the American College of Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26400431/
Diakses pada 3 Juli 2021
Minerva Cardiology and Angiology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25892567/
Diakses pada 3 Juli 2021
Circulation. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23319811/
Diakses pada 3 Juli 2021
Panminerva Medica. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27820958/
Diakses pada 3 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait