Manfaat Manjakani Konon Baik untuk Kewanitaan, Benarkah Demikian?


Manfaat manjakani yang paling populer adalah untuk organ kewanitaan. Banyak orang menjualnya dalam bentuk bubuk. Namun, masih perlu penelitian lebih mendalam soal ini.

(0)
11 Mar 2020|Azelia Trifiana
Manfaat manjakani biasanya didapatkan dalam bentuk bubuk yang diolah dari buahnyaBelum ada penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat manjakani untuk kesehatan organ intim wanita
Tanaman Quercus infectoria atau manjakani dikenal dengan khasiatnya sebagai tanaman obat. Banyak orang menjualnya dalam bentuk bubuk yang diolah dari buahnya. Salah satu manfaat buah manjakani disebut berkhasiat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi perempuan. Sama seperti obat herbal lain, Anda harus bijak menyikapinya.Quercus infectoria biasa ditemukan di negara-negara Asia, Yunani, dan juga Iran. Tanaman ini bisa tumbuh setinggi dua meter. Bagian dari buah ini yang dimanfaatkan adalah “gall” atau tumor yang terjadi karena pertumbuhan abnormal tanaman. 

Apa saja manfaat manjakani?

Beberapa manfaat buah manjakani untuk kesehatan di antaranya:

1. Baik untuk sistem pencernaan 

Khasiat manjakani untuk sistem pencernaan adalah mengatasi diare kronis, disentri, sindrom iritasi usus besar, hingga prolaps rektum. Namun tentu saja buah ini bukan satu-satunya obat untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut. Penanganan masalah pencernaan membutuhkan diagnosis dari dokter agar dapat diberikan obat yang sesuai.

2. Kesehatan gigi

Buah ini juga disebut bisa mengatasi masalah gigi seperti sakit gigi hingga radang gusi. Peradangan yang menyebar hingga struktur penyangga gigi (pyorrhea) juga disebut-sebut bisa teratasi dengan buah ini.

3. Mengatasi masalah kewanitaan 

Bagi kaum hawa, salah satu manfaat buah manjakani yang juga populer adalah disebut da[at mengatasi keputihan berlebih hingga mengencangkan otot vagina. Tak hanya itu, buah ini disebut bisa mengembalikan elastisitas rahim usai melahirkan. Meski demikian, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal ini.

4. Radang tenggorokan

Quercus infectoria bisa membantu meredakan gejala radang tenggorokan. Caranya adalah berkumur dengan ekstrak manjakani beberapa kali dalam sehari.

5. Mengobati luka

Bubuk manjakani yang ditaburkan pada luka disebut dapat meredakan kondisi luka. Namun masih perlu penelitian lebih lanjut terkait manfaat ini. Bubuk buah ini sebaiknya tidak digunakan untuk luka terbuka, iritasi, dan juga ruam karena justru akan meningkatkan risiko infeksi.

6. Mengatasi keracunan

Bagi orang yang mengalami keracunan, buah ini dapat membantu meredakan gejalanya asal perut dalam kondisi kosong. Namun untuk keracunan serius, akan lebih baik berobat ke dokter ketimbang mencoba eksperimen dengan tanaman tanpa tahu dosis pastinya.Dari beberapa manfaat di atas, tentu Anda sebaiknya tidak menerima mentah-mentah karena belum didukung oleh penelitian ilmiah. Jika ingin mencobanya sebagai bagian dari pengobatan alternatif, tanyakan kepada dokter sebelum mencobanya.

Adakah efek samping manjakani?

Manfaat manjakani yang paling sering diperbincangkan adalah kerap dianggap sebagai buah “ajaib” untuk perempuan. Kandungan tanin dalam Quercus infectoria disebut baik untuk organ kewanitaan. Bahkan, sabun pembersih kewanitaan juga banyak yang dibuat dengan bahan dasar manjakani. Padahal, memakai sabun pembersih kewanitaan tidak disarankan karena bisa mengganggu pH alami miss V. Menurut penelitian pada tahun 2015 lalu, belum jelas betul apakah Quercus infectoria dapat mengatasi infeksi jamur penyebab keputihan, Candida. Berdasarkan screening dalam riset itu, masih perlu banyak eksperimen dan penelitian yang mendukung manfaatnya untuk menangkal pertumbuhan jamur Candida.Selain itu, ada beberapa efek samping lain dari konsumsi buah ini seperti:
  • Konstipasi/sembelit
  • Malnutrisi karena tingginya tanin menghambat penyerapan nutrisi 
  • Anemia jika digunakan dalam jangka panjang
Meski demikian, efek samping konsumsi manjakani bisa berbeda antara satu orang dan lainnya. Perlu diingat, ibu hamil tidak boleh mengonsumsinya karena dapat menyebabkan cacat lahir. Pun ibu menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini karena keamanannya belum terjamin.
kesehatan organ intimherbalorgan intim wanita
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4333621/
Diakses 25 Februari 2020
Ayur Times. https://www.ayurtimes.com/quercus-infectoria-manjakani-majuphal-benefits-uses-side-effects/
Diakses 25 Februari 2020
Herbpathy. https://herbpathy.com/Uses-and-Benefits-of-Manjakani-Cid4790
Diakses 25 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait