Beragam Manfaat Mango Butter, Mulai dari Mencerahkan Kulit hingga Mencegah Penuaan Dini


Manfaat mango butter adalah mampu mencerahkan kulit dan melembapkannya. Hindari pemakaiannya pada kulit berminyak dan berjerawat karena akan memperparah kondisi kulit serta menyumbat pori-pori.

0,0
20 May 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Mango butter berasal dari lemak yang ada pada biji manggaTekstur mango butter sangat lembut saat diaplikasikan ke kulit
Aroma dan rasa mangga membuat buah yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Bukan hanya dimakan, buah mangga pun menjadi bahan yang sangat populer di dunia kecantikan. Mango butter menjadi hasil olahan dari buah mangga yang ampuh untuk mencerahkan kulit.Mango butter berasal dari lemak yang ada pada biji mangga. Tekstur mango butter sangat lembut saat diaplikasikan ke kulit. Untuk mengetahui manfaat yang bisa Anda dapatkan, simak informasinya di bawah ini.

Kandungan nutrisi dalam mango butter

Buah mangga memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Dalam 100 gram mangga, Anda sudah bisa mencukupi asupan vitamin C harian. Selain itu, mangga pun merupakan sumber vitamin A, vitamin E, asam folat, dan tembaga.Nutrisi yang serupa pun terkandung dalam mango butter, malah lebih banyak lagi. Menurut sebuah studi, mango butter mengandung asam oleat, stearat, dan linoleat yang dipercaya bisa menggantikan produk kecantikan kulit. Studi yang sama juga menyebutkan bahwa mango butter memberikan perlindungan pada kulit dari sengatan sinar matahari. Selain itu, krim ini pun bisa membantu regenerasi sel kulit mati lebih cepat sekaligus melembapkannya.

Manfaat mango butter untuk kesehatan kulit

Setelah mengetahui kandungannya, Anda bisa menyimak manfaat mango butter di bawah ini:

1. Mempercepat produksi kolagen

Vitamin C yang kaya dalam mango butter berfungsi untuk merangsang kolagen. Senyawa di dalam kulit inilah yang membantu membentuk kulit baru, memperkuat tulang, menyehatkan persendian. Sayangnya, seiring berjalannya waktu produksi kolagen akan melambat.Penggunaan mango butter bisa membantu untuk produksi kolagen. Nantinya, kulit baru akan muncul menggantikan kulit mati. Kolagen pun bisa mempercepat penyembuhan luka gores pada kulit.

2. Mencegah kerusakan kulit

Mango butter bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet
Pengunaan mango butter dapat membantu mencegaj kerusakan kulit
Paparan sinar matahari akan menyebabkan kerusakan pada sel kulit. Dalam sebuah uji coba pada tikus ditemukan bahwa tikus yang diberikan ekstrak mangga pada makanannya justru mengalami berkurangnya kerutan akibat paparan sinar matahari. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai temuan ini, terutama efeknya pada manusia.

3. Mengurangi tanda penuaan

Semakin sering terkena polusi dan paparan sinar matahari, kulit akan semakin kusam. Hal ini disebabkan vitamin C dan vitamin E yang disimpan dalam kulit berkurang. Jika dibiarkan, kulit akan memunculkan tanda penuaan dini, seperti bintik hitam hingga kerutan pada wajah.Mango butter bisa mengembalikan nutrisi tersebut untuk kembali mencerahkan kulit. Selain itu, vitamin A yang ada di dalamnya pun bisa membantu mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari.

4. Melembapkan kulit

Mango butter memiliki sifat yang melembapkan kulit. Penggunaannya cocok untuk Anda yang punya karakteristik kulit kering. Selain itu, kandungan yang ada di dalamnya pun membuat kulit lebih kenyal.

5. Menurunkan risiko kanker kulit

Sebagai informasi, mangga memiliki nutrisi polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini dapat menurunkan risiko dalam beberapa jenis kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah adalah kanker kulit, payudara, usus besar, dan serviks.

Cara menggunakan mango butter

Anda dapat mengoleskan mango butter pada kulit yang kering
Oleskan mango butter pada kulit yang kering
Mengoleskan mango butter langsung ke kulit bisa dikatakan aman. Anda bisa langsung mengaplikasikan produk berbahan mango butter langsung pada kulit, rambut, dan kuku. Sebaiknya lakukan patch test dengan cara memakainya dulu sedikit pada bagian kulit, tertentu seperti di belakang telinga atau di pergelangan tangan.Jika tidak muncul tanda alergi, barulah Anda bisa aplikasikan ke bagian yang diinginkan. Ketika muncul tanda alergi seperti gatal, ruam merah, dan terasa terbakar, segeralah bilas dengan air bersih.Selain itu, hindari pemakaian di wajah yang berjerawat. Mango butter mengandung banyak minyak yang mungkin akan menambah produksi minyak alami tubuh. Hal ini akan menyumbat pori-pori kulit dan memicu munculnya jerawat lebih banyak.

Catatan dari SehatQ

Mango butter merupakan produk dari buah mangga yang punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada kulit untuk mencerahkan dan mengurangi tanda penuaan. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan pada kulit yang sensitif karena bisa saja memunculkan alergi.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang mango butter, serta saran pemakaiannya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitpencerah kulit
WebMD https://www.webmd.com/diet/health-benefits-mango-butter#1
Diakses pada 28 April 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/mango-butter-benefits
Diakses pada 28 April 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/mango-for-skin
Diakses pada 28 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait