10 Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil dan Bayinya

(0)
01 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat mangga untuk ibu hamil tak boleh disepelekan!Manfaat mangga untuk ibu hamil sangat beragam, salah satunya mencegah preeklampsia!
Manfaat mangga untuk ibu hamil dan bayi di kandungan tidak bisa diremehkan karena buah dengan rasa manis ini mengandung banyak nutrisi penting bagi kehamilan.Mangga mengandung vitamin A, B6, dan C yang dibutuhkan wanita saat hamil. Ditambah lagi, buah tropis ini mengandung asam folat, kalium, dan juga zat besi. Berdasarkan kandungan tersebut, berikut manfaat mangga untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Manfaat mangga untuk ibu hamil dan janin

Mengidam makanan manis saat hamil adalah hal yang dapat dimaklumi. Namun hati-hati, jangan sampai makanan manis yang ibu hamil konsumsi mengandung pemanis buatan. Carilah makanan manis dengan gula alami seperti yang dikandung buah-buahan, seperti mangga misalnya.Berikut ini adalah manfaat mangga untuk ibu hamil dan janin yang sayang jika dilewatkan:

1. Mengandung nutrisi penting untuk ibu hamil dan bayinya

Berbagai khasiat mangga untuk para calon ibu dan janin di dalam rahimnya tak lepas dari kandungan nutrisi milik mangga. Buah dengan kulit hijau dan daging berwarna kuning ini mengandung vitamin dan mineral yang luar biasa.Dalam satu cangkir (165 gram) mangga, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:
  • Kalori: 99
  • Protein: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 24,7 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Serat: 2,6 gram
  • Vitamin C: 67 persen dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Tembaga: 20 persen dari RAH
  • Folat: 18 persen dari RAH
  • Vitamin B6: 11,6 persen dari RAH
  • Vitamin A: 10 persen dari RAH
  • Vitamin E: 9,7 persen dari RAH
  • Vitamin B5: 6,5 persen dari RAH
  • Vitamin K: 6 persen dari RAH
  • Niasin (vitamin B3): 7 persen dari RAH
  • Riboflavin (vitamin B2): 5 persen dari RAH
  • Tiamin (vitamin B1): 4 persen dari RAH
  • Kalium: 6 persen dari RAH
  • Mangan: 4,5 persen dari RAH
  • Magnesium: 4 persen dari RAH
Dilihat dari kandungan nutrisinya, mangga tidak hanya menyehatkan untuk ibu hamil dan bayinya, tetapi juga bagi semua kalangan.

2. Mencegah anemia

Mangga mengandung zat besi yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah anemia. Dengan mengonsumsi mangga sebanyak satu buah dalam satu hari, produksi sel darah merah di dalam tubuh dapat meningkat sehingga anemia enggan mendekat.

3. Membantu perkembangan saraf janin

Asam folat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Kabar baiknya, mangga mengandung asam folat dengan kadar yang cukup tinggi.Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti mangga di trimester pertama dipercaya mampu membantu perkembangan sistem saraf janin di dalam rahim.Cacat tabung saraf yang mengancam pada awal kehamilan pun dapat dihindari jika kebutuhan harian asam folat ibu hamil terpenuhi. 

4. Mengatasi sembelit

Sembelit adalah gejala kehamilan yang dapat dirasakan oleh para wanita hamil. Namun tenang, dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat, sembelit dapat dihindari.Mangga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu ibu hamil mengatasi masalah sembelit. Namun, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi mangga secara berlebihan karena malah dapat menimbulkan rasa tak nyaman dan penumpukan gas di perut.

5. Kaya antioksidan

Mangga
Manfaat mangga untuk ibu hamil sangat luar biasa!
Mangga mengandung vitamin C, yang berarti buah ini dapat membantu ibu hamil melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Radikal bebas ini bahkan dapat memicu datangnya sel kanker.Mengonsumsi vitamin C dari mangga dan buah-buahan lainnya dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Selain melawan radikal bebas, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa vitamin C dapat menurunkan risiko kelahiran prematur.

6. Mendukung perkembangan organ tubuh bayi

Manfaat mangga untuk ibu hamil dan janin yang satu ini datang dari kandungan vitamin A-nya. Vitamin A dipercaya dapat mendukung perkembangan dan pembentukan gigi serta tulang janin.Tidak hanya itu, vitamin A juga dianggap bisa mendukung perkembangan organ tubuh janin lainnya, seperti jantung, paru-paru, dan ginjal.

7. Mencegah preeklampsia

Mangga mengandung magnesium, yang dianggap sebagai obat alami tekanan darah tinggi. Tidak heran kalau mangga dipercaya bisa mencegah kondisi preeklampsia pada ibu hamil.Waspadalah dengan preeklampsia karena kondisi ini dapat merugikan kesehatan ibu hamil dan janin. Preeklampsia bahkan dapat menyebabkan kejang-kejang. Jadi, tak ada salahnya mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti mangga dalam pola diet Anda.

8. Mengatasi morning sickness

Morning sickness atau mual di pagi hari adalah gejala kehamilan yang menjengkelkan. Namun tenang, dengan mengonsumsi mangga yang mengandung vitamin B6, morning sickness dapat diatasi. Ditambah lagi, rasa asam mangga yang menyegarkan mulut juga dipercaya bisa mengatasi mual.

9. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Saat hamil, volume darah di dalam tubuh meningkat sehingga tubuh memerlukan mineral tambahan. Mangga mengandung banyak mineral, seperti kalium, kalsium, magnesium, dan natrium, yang bisa menjaga keseimbangan jumlah cairan di dalam tubuh.

10. Mencegah keinginan konsumsi gula buatan berlebih

Nafsu ibu hamil dalam mengonsumsi makanan manis terkadang sulit diredam. Hal ini ditakutkan akan dapat membahayakan kesehatan. Untuk mencegahnya, ganti makanan manis yang biasa Anda konsumsi dengan makanan yang mengandung pemanis alami seperti mangga.

Efek samping mangga untuk ibu hamil

Mangga
Manfaat mangga untuk ibu hamil dan bayinya
Mengonsumsi mangga berlebihan selama kehamilan dapat menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa efek samping mangga untuk ibu hamil jika dikonsumsi berlebihan:
  • Diare

Mengonsumsi mangga berlebihan dapat menyebabkan diare. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi ibu hamil. Maka dari itu, jangan mengonsumsi mangga berlebihan.
  • Diabetes

Meskipun mangga mengandung gula alami, tetap saja ibu hamil dilarang mengonsumsinya berlebihan. Sebab, gula alami pun dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi berlebihan. Mangga termasuk dalam kategori indeks glikemik sedang. Indeks glikemik adalah acuan yang digunakan untuk mengetahui seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi.
  • Meningkatnya berat badan

Mangga adalah buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Mengonsumsinya berlebihan dapat meningkatkan berat badan ibu hamil selama kehamilan.
  • Reaksi alergi

Sebagian orang memiliki alergi terhadap mangga. Jika Anda punya alergi terhadap buah ini, pastikan untuk tidak mengonsumsinya.Supaya lebih aman, ibu hamil dapat berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsi mangga. Hal ini dilakukan guna mengetahui porsi mangga yang tepat sehingga tidak ada efek samping yang datang.
makanan sehatmenjaga kehamilankehamilanbuah dan sayuran
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-mangoes-during-pregnancy-safe-or-unsafe/
Diakses pada 18 Agustus 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/safe-eat-mango-pregnancy_0074563/
Diakses pada 18 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mango#antioxidants
Diakses pada 18 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait