Inilah 7 Manfaat Mangan bagi Tubuh Anda

(0)
24 May 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kegunaan mangan dapat dinikmati dari berbagai makananBerbagai makanan sumber mangan
Mangan adalah salah satu jenis mineral yang penting untuk tubuh manusia, tetapi hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil. Mineral ini diperlukan dalam banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme asam amino, kolesterol, glukosa, dan karbohidrat. Selain itu, mangan juga berperan dalam pembentukan tulang, pembekuan darah, dan mengurangi peradangan.Mangan tidak dapat secara langsung dihasilkan oleh tubuh manusia. Biasanya mangan tersimpan di hati, pankreas, tulang, ginjal, dan otak. Perlu Anda ketahui, jika mangan adalah mineral penting yang bisa didapatkan dari beberapa sumber makanan.

Makanan yang mengandung mangan

Mangan adalah nutrisi penting yang umumnya bersumber dari biji-bijian. Sedangkan dalam jumlah yang lebih kecil, mineral ini terkandung dalam kacang-kacangan, beras merah, sayuran hijau, roti gandum, dan teh. Khusus untuk bayi, mereka bisa mendapatkan mangan dari ASI dan susu formula berbahan dasar kedelai.Kekurangan mangan memang jarang terjadi. Apabila hal ini terjadi, dokter akan meresepkan suplemen mangan dan merekomendasikan konsumsi berbagai makanan di atas. Tanda-tanda kekurangan mangan meliputi gangguan pertumbuhan, masalah kesuburan, perubahan metabolisme karbohidrat dan lemak, bahkan kelainan tulang.

Manfaat dan kegunaan mangan bagi tubuh

Meskipun beracun pada tingkat tinggi, mangan memiliki peran penting dalam beberapa fungsi tubuh, termasuk menjaga kesehatan tulang dan pemprosesan gula darah. Beberapa manfaat dan kegunaan mangan dalam tubuh, di antaranya:

1. Memperkuat tulang

Mangan sangat penting untuk kesehatan tulang, termasuk pengembangan dan pemeliharaan tulang. Ketika dikombinasikan dengan nutrisi kalsium, seng dan tembaga, mangan dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Hal ini sangat penting pada orang dewasa, terlebih lagi untuk lansia.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50 persen wanita pascamenopause dan 25 persen pria berusia 50 atau lebih tua, akan menderita patah tulang terkait osteoporosis. Namun, dengan memanfaatkan mangan yang dikombinasikan bersama kalsium, seng, dan tembaga, dapat membantu mencegah osteoporosis dan mengurangi risiko banyak penyakit lainnya.

2. Berperan dalam mengatur gula darah

Bagi penderita diabetes, mangan dapat berperan dalam menurunkan kadar gula darah. Sebuah studi di tahun 2014 yang berlangsung di Korea Selatan, menemukan bahwa orang dengan diabetes memiliki kadar mangan yang lebih rendah di dalam tubuh mereka.Studi lain yang dilakukan pada tikus, menunjukkan bahwa mangan membantu pankreas menghasilkan insulin, yaitu hormon yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengatur gula darah.Mengonsumsi suplemen mangan dapat membantu penderita diabetes menghasilkan lebih banyak insulin secara alami, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk memastikan efek ini.

3. Membantu penyembuhan luka

Seperti yang dilakukan oleh vitamin K, mangan membantu proses pembekuan darah, yang mana hal tersebut merupakan tahap pertama dari penyembuhan luka. Jadi, memiliki kadar mangan yang cukup dalam tubuh dapat membantu meminimalisir atau menghentikan kehilangan darah ketika seseorang memiliki luka terbuka.

4. Mengobati epilepsi

Epilepsi disebabkan oleh penurunan aliran darah ke otak Anda. Dalam hal ini, kegunaan mangan sebagai vasodilator, yang artinya membantu memperbesar pembuluh darah untuk secara efisien membawa darah ke jaringan seperti otak.Kadar mangan yang cukup dalam tubuh Anda dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi risiko beberapa kondisi kesehatan seperti stroke.

5. Mengontrol metabolisme tubuh

Mengatur metabolisme tubuh adalah salah satu fungsi terpenting mangan. Enzim yang diaktifkan mangan berguna untuk memetabolisme kolesterol, asam amino, dan karbohidrat.Mangan juga mampu memaksimalkan kinerja fungsi hati. Nutrisi ini dapat membantu dalam memetabolisme glutamin (asam amino) yang merupakan bagian kesatuan dari DNA polimerase.

6. Mengurangi sindrom PMS

Banyak wanita menderita berbagai gejala pada waktu-waktu tertentu dalam siklus menstruasi mereka, di antaranya kecemasan, kram, rasa sakit, perubahan suasana hati, dan bahkan depresi. Penelitian menunjukkan bahwa mengombinasikan manfaat mangan dan kalsium dapat membantu mengurangi sindrom pramenstruasi (PMS).Wanita yang memiliki kadar mangan darah rendah mengalami lebih banyak rasa sakit dan gejala yang berhubungan dengan suasana hati selama pramenstruasi. Namun, ketika dikombinasikan dengan kalsium, mangan dapat bertindak sebagai obat alami untuk mengurangi sindrom PMS.

7. Baik untuk kesehatan tiroid

Mangan adalah faktor penting untuk berbagai enzim, seperti tiroksin atau hormon vital lainnya yang ada dalam kelenjar tiroid. Penting untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid agar terhindar dari masalah kesehatan karena tiroid berguna untuk menjaga nafsu makan, metabolisme, berat badan, dan efisiensi sistem organ.Itulah beberapa manfaat mangan yang mungkin sebelumnya belum pernah Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.
makanan sehatnutrisi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/manganese-benefits#section1
Diakses pada 09 Mei 2020.
Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325636#sources
Diakses pada 09 Mei 2020.
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-manganese/
Diakses pada 09 Mei 2020.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait