Manfaat mandi subuh kurang lebih sama dengan mandi pagi
Mandi subuh dipercaya memberikan manfaat

Bagi sebagian orang, mandi subuh lebih menyegarkan dibanding mandi pagi. Sebetulnya, adakah manfaat mandi subuh? Atau justru hal ini memiliki efek yang berbahaya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan?

Seperti namanya, mandi subuh dilakukan sebelum matahari terbit. Bila merujuk pada waktu salat Subuh yang dilakukan umat Islam, maka mandi subuh dapat dikatakan sebagai mandi yang dilakukan sekitar pukul 5 pagi.

Manfaat mandi subuh untuk kesehatan

Bagi Anda yang jarak rumah dan kantor sangat jauh, misalnya berbeda kota, memulai aktivitas sejak pagi buta kadang tidak terelakkan. Anda wajib mandi subuh agar dapat berangkat lebih pagi dan tidak terlambat sampai ke kantor.

Namun jangan khawatir karena mandi subuh ternyata tidak jauh berbeda dengan mandi pagi yang membawa efek positif bagi kesehatan. Manfaat mandi subuh yang dapat Anda rasakan, di antaranya:

  • Menghilangkan kantuk

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mandi subuh dapat menghilangkan kantuk sehabis bangun tidur. Bahkan tidak sedikit orang yang mengatakan manfaat mandi subuh yang satu ini membuat mereka tidak perlu lagi minum kopi atau teh di pagi hari.

Ketika kantuk hilang, otomatis kewaspadaan Anda akan meningkat. Anda pun lebih siap untuk kembali beraktivitas dan produktif di tempat kerja.

  • Membuat wajah bersih dan segar

Mandi subuh akan membersihkan keringat yang keluar selama Anda tidur, termasuk yang berada di wajah. Namun, manfaat mandi subuh ini lebih dari sekadar memperindah penampilan fisik mengingat wajah yang bersih dan terasa segar akan membuat Anda percaya diri sepanjang hari.

  • Mencegah berbagai penyakit

Mandi pada umumnya dapat mencegah Anda terkena berbagai penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan kebersihan tubuh, misalnya gatal-gatal akibat infeksi bakteri atau jamur. Mandi bersih juga bisa sedikit meringankan gejala penyakit kulit yang Anda derita, misalnya eksim dan psoriasis.

Anda juga bisa meningkatkan manfaat subuh ini dengan mencampurkan bahan-bahan tambahan ke dalam air mandi Anda. Cobalah mencampur air mandi dengan serbuk oatmeal untuk meredakan gatal-gatal, iritasi, dan peradangan kulit serta melembapkan kulit kering secara alami.

  • Memperbaiki mood

Anda juga dapat mencampur air dengan minyak esensial beraroma lavender untuk menghilangkan stres dan memperbaiki mood. Manfaat mandi subuh ini akan sangat berguna pada wanita yang hormonnya tengah tidak seimbang saat mengalami premenstrual syndrome alias PMS.

Mandi dengan campuran minyak lavender atau minyak esensial lainnya juga dipercaya dapat meredakan masalah kesehatan seperti wasir. Bila Anda tengah gugup karena ingin presentasi, misalnya, cobalah mandi subuh dengan sabun aromaterapi untuk membuat Anda lebih rileks.

Mandi subuh dengan air dingin atau hangat?

Di tengah dinginnya udara pagi, mandi dengan air hangat mungkin menjadi pilihan yang jelas bagi sebagian orang. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat mandi subuh bisa meningkat justru ketika Anda mandi air dingin?

Salah satu penelitian yang dilakukan di Belanda menyebut mandi air dingin dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit karena meningkatnya imunitas.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain dari mandi air dingin, yaitu:

  • Meredakan rasa gatal, terutama pada orang dengan kondisi kulit sensitif.
  • Meningkatkan sirkulasi darah sehingga metabolisme di dalam tubuh juga lebih cepat dan suhu tubuh lebih ideal untuk beraktivitas. Manfaat mandi subuh dengan air dingin ini juga dianggap lebih ideal bagi pengidap penyakit hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya.
  • Mengurangi kaku otot, terutama jika Anda melakukan olahraga ringan sebelum mandi subuh.
  • Merangsang pembakaran lemak sehingga membantu Anda menurunkan berat badan.

Meski manfaat mandi subuh dengan air dingin cukup banyak, tidak ada salahnya juga mandi pagi dengan air hangat. Apalagi, mandi air hangat juga bermanfaat untuk menghilangkan stres, meredakan memar, dan melegakan pernapasan.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/features/take-a-healing-bath
Diakses pada 28 Januari 2020

NY Times. https://www.nytimes.com/2017/12/22/well/showering-morning-night.html
Diakses pada 28 Januari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5025014/
Diakses pada 28 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower
Diakses pada 28 Januari 2020

Artikel Terkait