7 Manfaat Mandi dengan Baking Soda


Mandi dengan baking soda bisa menjadi cara efektif untuk meredakan keluhan seputar kulit, seperti eksim hingga infeksi jamur.

0,0
08 Aug 2021|Azelia Trifiana
Mandi dengan baking soda bisa mengatasi masalah kulitMandi dengan baking soda bisa mengatasi masalah kulit
Baking soda atau sodium bikarbonat adalah salah satu bahan serba bisa yang wajib dimiliki. Bahkan, mandi dengan baking soda bisa menjadi cara efektif untuk meredakan keluhan seputar kulit. Utamanya, untuk keluhan seperti eksim hingga infeksi jamur.Namun, bedakan dengan mandi dengan garam Epsom. Mandi dengan garam lebih bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan pada sirkulasi darah, tekanan darah, dan fungsi saraf. Tapi, tak menutup kemungkinan mencampur keduanya untuk tujuan tertentu.

Bagaimana cara mandi dengan baking soda

First thing first, pastikan sudah minum cukup air sebelum mencobanya. Kemudian, perhatikan suhu air. Jangan terlalu panas dan idealnya cukup hangat demi mengembalikan kelembapan kulit.Bagi orang yang ingin mencoba obat eksim alami dengan cara mandi, pastikan tidak menggosok kulit berlebihan. Lalu, segera aplikasikan pelembap tiga menit segera setelah mandi. Dengan cara ini, air akan menjadi cara efektif untuk mengembalikan kelembapan alami kulit.Lalu, berikut persiapan yang perlu dilakukan:
  • Tambahkan sekitar dua cangkir baking soda ke air hangat
  • Campur dengan rata hingga terlarut
  • Berendam di bathtub selama 10-40 menit
Jangan lupa setelah berendam, bilas dengan air hangat bersih untuk membuang residu. Air hangat akan membantu kulit menyerap kelembapan dengan lebih optimal.Sama seperti sebelum mandi, pastikan untuk minum air setelah mandi.

Manfaat mandi dengan baking soda

Beberapa manfaat mandi dengan cara ini di antaranya:

1.  Mengatasi infeksi jamur

Sebuah studi pada tahun 2014 menemukan bahwa baking soda dapat membunuh sel-sel jamur Candida penyebab infeksi jamur. Biasanya, orang yang mengalami infeksi jamur merasakan gejala seperti gatal dan bengkak hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

2. Infeksi kuku

Terbukti dalam studi tahun 2012 ini, baking soda bisa mengusir jamur yang kerap menginfeksi kuku dan kulit manusia. Contohnya masalah onychomycosis, infeksi jamur yang menyebabkan kuku menjadi tebal, berubah warna, dan rapuh. Berendam rutin di air baking soda dapat meredakan gejalanya.

3. Eksim

Obat eksim alami yang cukup populer adalah mandi dengan cara ini. Ketika kambuh, eksim bisa menyebabkan kulit terasa gatal, kering, dan meradang. Ketika ada luka, maka rentan terjadi infeksi dan gejala bisa memburuk.Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan baking soda ke air hangat. Cara ini bisa meredakan rasa gatal di kulit. Setelah tuntas, pastikan mengeringkan kulit dengan cara menepuknya perlahan. Tambahkan pelembap segera setelah mandi.

4. Psoriasis

Sama seperti eksim, pasien psoriasis juga disarankan mandi dengan baking soda. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan oatmeal. Metode ini dapat mengurangi iritasi dan rasa gatal di kulitHal yang perlu diperhatikan adalah orang dengan psoriasis perlu melembapkan kembali kulitnya setelah mandi. Keringkan kulit dengan menepuknya perlahan. Pastikan juga air tidak terlalu panas karena dapat membuat kulit semakin kering.

5. Ruam karena kontak zat beracun

Terkadang, ada orang yang mengalami reaksi alergi berupa munculnya ruam setelah menyentuh zat beracun seperti dari tanaman poison ivy. Coba mandi dengan baking soda untuk mencegah kulit menyerap minyak penyebab ruam. Selain itu, mandi juga dapat mencegah menyebarnya racun ke bagian tubuh lainnya.Mandi dengan baking soda dapat meredakan peradangan serta mengurangi iritasi. Anda juga bisa menambahkan oatmeal untuk mengurangi rasa gatal.

6. Infeksi saluran kemih

Sensasi yang muncul pada penderita infeksi saluran kemih saat sedang buang air kecil adalah nyeri dan terbakar. Ini terjadi karena saluran kemih sedang bersifat sangat asam.Memang mandi dengan baking soda tidak akan mengubah tingkat keasaman urine. Namun setidaknya, dapat mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman. Coba berendam selama 15-30 menit. Tentunya, harus disertai dengan penanganan medis dari dokter.

7. Mandi detoks

Sama seperti mandi dengan bath salt, mandi dengan cara ini dapat membantu detoksifikasi tubuh. Bahkan, manfaatnya juga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mencampur baking soda dengan garam dan juga jahe.

Apakah aman?

Secara umum, mandi dengan baking soda cukup aman dilakukan. Namun, ada beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk melakukannya, seperti saat:
  • Hamil dan menyusui
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes
  • Dalam pengaruh alkohol atau obat psikotropika
  • Memiliki luka terbuka
  • Menderita infeksi serius
  • Rentan hilang kesadaran
Selain itu, pastikan untuk selalu melakukan patch test dengan mengaplikasikan baking soda ke bagian dalam siku. Tunggu selama 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi alergi terjadi.Jika ingin mencoba cara ini sebagai obat alami eksim untuk bayi, pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Umumnya, mandi dengan baking soda untuk bayi cukup aman selama takarannya tidak terlalu banyak. Durasinya pun sebaiknya sebentar saja.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara aman mandi dengan baking soda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitpsoriasispola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/baking-soda-bath
Diakses pada 24 Juli 2021
Current Microbiology. https://link.springer.com/article/10.1007/s00284-014-0585-9
Diakses pada 24 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321398#ten-benefits
Diakses pada 24 Juli 2021
Mycopathologia. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs11046-012-9583-2
Diakses pada 24 Juli 2021
National Eczema Association. https://nationaleczema.org/eczema/treatment/bathing/
Diakses pada 24 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait