Manfaat Mandi Air Dingin Ini Jangan Sampai Dilewatkan

Manfaat mandi air dingin bisa didapatkan jikalau temperaturnya tepat.
Jangan remehkan manfaat mandi air dingin yang bisa melepas hormon endorfin.

Harus diakui, masih banyak orang yang lebih memilih mandi dengan air hangat, terutama di pagi hari. Sebab, mandi air dingin di saat matahari baru terbit, dianggap bisa membuat tubuh menggigil. Padahal, ada banyak manfaat mandi dengan air dingin yang bisa kita petik, apalagi dilakukan setiap hari.

Manfaat mandi dengan air dingin

Jangan salah, temperatur air yang digunakan untuk mandi, ternyata memiliki manfaatnya tersendiri. Mandi dengan air hangat tentu juga menguntungkan, tapi bukan berarti mandi dengan air dingin tidak berdampak apa-apa pada kesehatan. Maka dari itu, mari berkenalan dengan manfaat mandi air dingin ini.

1. Meningkatkan endorfin

Mandi
Setelah mandi, hormon endorfin akan dilepas

Depresi menjadi salah satu gangguan kesehatan mental yang sangat mengkhawatirkan. Tidak sedikit anak muda maupun orang dewasa yang terdampak dari gangguan kesehatan mental ini.

Ternyata, manfaat mandi air dingin bisa membantu meredakan gejala depresi, dengan melepas hormon endorfin dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat mandi air dingin ini, Anda disarankan untuk melakukannya selama 5 menit sebanyak 2-3 kali seminggu.

Bagi pengidap depresi, mandi air dingin dapat diibaratkan sebagai terapi kejut listrik. Air dingin yang menyelimuti kepala hingga kaki Anda, bisa mengirimkan impuls listrik ke otak.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Mandi dengan air dingin setidaknya 2-3 kali dalam seminggu, dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga penyakit seperti obesitas dapat ditangkis.

Memang belum ada penelitian yang secara rinci menjelaskan mekanisme mandi air dingin dalam membantu penurunan berat badan, tapi mandi air dingin terbukti mampu melepas beberapa hormon tertentu dan menyembuhkan gangguan sistem pencernaan. Efek-efek inilah yang membuat air dingin berpotensi membantu menurunkan berat badan.

3. Mencegah stres

Selain meredakan gejala depresi, manfaat mandi air dingin selanjutnya ternyata mampu mencegah stres. Hal ini disebabkan oleh turunnya hormon kortisol saat kita mandi dengan air dingin.

Kortisol merupakan hormon yang dilepaskan tubuh saat seseorang merasakan stres berat.

4. Meredakan nyeri

Menurut sebuah penelitian tahun 2014, mandi dengan air dingin dapat memicu respons nyeri otomatis yang disebut stress-induced analgesia (SIA). SIA adalah respons turunnya rasa nyeri saat tubuh terpapar dengan tekanan, seperti terkena air dingin.

5. Menyegarkan tubuh setelah olahraga

Selama ini mungkin Anda bingung, lebih baik mandi air dingin atau hangat setelah olahraga? Ternyata, sebuah riset berhasil menjawabnya.

Penelitian tersebut melibatkan para atlet yang terdiri dari dua grup; grup pertama mandi dengan air dingin, sedangkan grup lainnya mandi dengan air hangat, setelah berolahraga.

Para peneliti tidak menemukan perbedaan signifikan dalam hal performa fisik mereka. Namun, rasa nyeri dan letih setelah berolahraga, ternyata bisa lebih diredakan dengan mandi air dingin.

6. Menjaga tubuh dari penyakit

Saat tubuh Anda terpapar dengan air dingin, sel darah putih “terangsang”. Sel darah putih memiliki fungsi untuk melawan penyakit yang masuk ke dalam tubuh Anda. Itulah sebabnya, manfaat mandi air dingin dipercaya bisa menjaga tubuh dari penyakit.

Sebuah penelitian bahkan menyatakan, manfaat mandi air dingin yang satu ini bisa membuat tubuh lebih kuat mencegah kanker jenis tertentu.

7. Meningkatkan kewaspadaan

Mandi
Mandi air dingin banyak manfaatnya

Saat mandi air dingin, muncul lah impuls listrik ke otak. Sistem tubuh akhirnya “tersentak”, sehingga kewaspadaan bisa meningkat. Bahkan, mandi air dingin digadang-gadang mampu meningkatkan energi Anda, lho.

Risiko mandi air dingin

Perlu diingat, mandi air dingin juga memiliki risikonya tersendiri. Maka dari itu, bagi siapapun yang ingin mandi air dingin, janganlah menghabiskan waktu terlalu lama di bawah kucuran air dingin ataupun berendam dengan air yang dingin.

Sebab, mandi air dingin terlalu lama, bisa menurunkan suhu tubuh manusia di bawah normal. Jika suhu tubuh Anda sudah mencapai di bawah 32,2 derajat Celcius, beberapa gejala di bawah ini akan muncul:

  • Tekanan darah menurun
  • Laju pernapasan menurun
  • Detak jantung yang tak teratur

Selama Anda menghindari temperatur air yang ekstrem, serta tidak berlama-lama mandi air dingin, maka akan ada manfaat kesehatan yang Anda rasakan.

Itulah tadi beberapa manfaat mandi air dingin yang mungkin bisa membuat Anda tak malas lagi mandi air dingin, baik itu di pagi atau siang hari. Kenali juga risikonya, ya!

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327461
Diakses pada 13 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-shower-benefits#endorphins
Diakses pada 13 Maret 2020

Artikel Terkait