logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Makan Malam untuk Jaga Kesehatan Tubuh Anda

12 Mar 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat makan malam dapat diraih jika pemilihan makanan dan porsinya tepat.

Manfaat makan malam hanya bisa diraih jika pemilihan makanan dan porsinya tepat.

Table of Content

  • Apakah makan malam penting?
  • Manfaat makan malam yang tidak boleh dilewatkan
  • Hal yang harus diperhatikan sebelum makan malam
  • Catatan dari SehatQ

Ada sebagian orang yang tidak melakukan makan malam. Mereka biasanya khawatir kalau makan malam dapat menyebabkan berat badan cepat naik. Namun, anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena ada juga manfaat makan malam yang baik untuk kesehatan.

Advertisement

Apakah makan malam penting?

Melewatkan waktu makan malam karena sedang diet bukanlah hal yang baik. Pasalnya, makan malam sangat penting untuk tubuh dan bisa menyebabkan sejumlah risiko jika dilewatkan.

Salah satu dampak tidak makan malam justru malah bisa menaikkan berat badan. Selain itu, kebiasaan tidak makan malam dalam jangka panjang juga membuat metabolisme tubuh melambat dengan tujuan untuk mencegah rasa kelaparan.

Bahaya melewatkan makan malam juga bisa mengubah suasana hati dan memicu stres, bahkan depresi. Perasaan depresi dan rasa lapar akan memicu Anda sulit tidur, sehingga meningkatkan asam lambung di malam hari.

Baca juga: Dampak Negatif Tidak Makan Malam yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat makan malam yang tidak boleh dilewatkan

Mengonsumsi makanan berlebihan di malam hari memang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, masalah ini bisa diatasi jika makanan yang dikonsumsi tergolong sehat dan porsinya tidak berlebihan.

Di dalam sebuah riset, para peneliti tidak menemukan korelasi antara kenaikan berat badan dan makan malam (di atas jam 8) pada anak-anak. Sebab, para partisipan berusia muda ini tetap menjaga kadar kalori yang mereka konsumsi di malam hari.

Selain itu, ada sejumlah manfaat makan malam yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Meningkatkan sintesis otot

Sebuah riset yang dirilis dalam jurnal Nutrients pada 2015 mengungkapkan bahwa makan malam dapat membantu pria meningkatkan sintesis ototnya. Namun, para ahli menegaskan kalau manfaat makan malam ini dapat dirasakan jika makanan tinggi protein yang dikonsumsi tidak mengandung lebih dari 150 kalori.

Menurut Live Science, mengonsumsi 150 kalori di malam hari tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan.

Kalaupun ada peningkatan berat saat Anda mengecek timbangan, sebenarnya itu adalah berat otot yang meningkat. Peningkatan ini akan membuat tubuh terlihat lebih proporsional dan kuat.

2. Meningkatkan metabolisme di pagi hari

Jika Anda sedang berniat untuk menurunkan berat badan, Anda tidak boleh melupakan proses metabolisme tubuh.

Metabolisme adalah proses di mana tubuh akan mengubah makanan menjadi energi. Saat metabolisme tidak bekerja maksimal, tubuh akan lebih banyak menyimpan lemak. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus memastikan bahwa metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Sebuah studi membuktikan, pria dan wanita yang obesitas mampu meningkatkan metabolismenya di pagi hari setelah makan malam. Namun, ingatlah porsi makanan yang dikonsumsi oleh para partisipan hanya sedikit. Hal ini dipercaya bisa merangsang metabolisme tubuh untuk bekerja maksimal di pagi hari.

Sebuah penelitian yang dirilis dalam British Journal of Nutrition pada 2014 juga menunjukkan hasil yang sama. Para pria aktif yang makan malam (dengan porsi kecil) mengalami peningkatan aktivitas metabolisme di pagi hari.

3. Membantu tidur lebih nyenyak

Manfaat makan malam selanjutnya adalah membantu tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Namun, makanan yang dipilih tidak boleh sembarangan.

Manfaat makan malam ini hanya bisa diraih jika Anda mengonsumsi makanan yang tinggi akan melatonin, seperti kacang-kacangan dan produk olahan gandum. Riset membuktikan, melatonin memiliki peran penting untuk membantu Anda tertidur dengan nyenyak.

Melatonin merupakan hormon yang mampu mengontrol siklus tidur. Umumnya, hormon ini akan meningkat di malam hari dan menurun saat pagi hari datang.

Banyak orang yang mengonsumsi suplemen melatonin untuk bisa tidur nyenyak di malam hari. Namun, sebenarnya ada banyak makanan mengandung melatonin yang bisa dicoba.

4. Mencegah terbangun di malam hari

Makan malam menjadi makanan terakhir yang Anda konsumsi sebelum ‘berpuasa’ selama 7-8 jam hingga pagi hari.

Penting bagi kita untuk memenuhi kecukupan glukosa atau gula darah yang stabil sebagai bahan bakar untuk berbagai proses penting saat tidur.

Sebab, jika kadar gula dalam darah menurun saat Anda sedang tertidur, tubuh harus melepaskan glukosa cadangan dan dapat membuat Anda terbangun di malam hari. Terkadang, kita dapat merasa kesulitan untuk kembali tidur.

Untuk mencegahnya, cobalah penuhi menu makan malam Anda dengan protein (daging, telur, kacang-kacangan) dan karbohidrat (kentang, nasi, hingga buah) agar kadar glukosa menjadi stabil. Perhatikan juga porsinya agar tidak berlebihan.

Baca juga: Kapan Jam Makan Malam yang Baik? Ini Penjelasannya

Hal yang harus diperhatikan sebelum makan malam

Selain menjaga porsi makanan yang dikonsumsi di malam hari, terdapat berbagai peringatan yang harus diperhatikan saat Anda makan malam, di antaranya:

1. Makan secara perlahan dan tenang

Saat kita stres, tubuh tidak bisa mencerna nutrisi dengan baik. Maka dari itu, cobalah untuk makan malam secara perlahan dan tenang. Jangan mengunyah terburu-buru karena karbohidrat mulai dipecah sejak dalam mulut. Dengan makan secara perlahan dan tenang, tubuh dapat merasa kenyang dan Anda pun tidak makan berlebihan.

2. Jangan makan terlalu malam

Hindari makan terlalu malam, sebaiknya Anda bisa makan malam lebih awal. Semakin lama Anda menunda makan malam, semakin besar rasa lapar yang dirasakan. Hal ini ditakutkan bisa menyebabkan Anda makan berlebihan.

Baca juga: 8 Bahaya Makan Tengah Malam dan Dampak Buruknya terhadap Tubuh

3. Hindari stimulan

Hindari berbagai macam stimulan saat makan malam, seperti kafein (kopi, teh, dan cokelat) dan alkohol. Berbagai stimulan ini dapat menyulitkan Anda tertidur.

4. Hindari makanan berlemak di malam hari

Makanan berlemak akan sulit dicerna oleh tubuh. Maka dari itu, hindarilah kebiasaan makan makanan berlemak saat makan malam agar kualitas tidur dapat terjaga.

Baca Juga

  • Kenali Cara Membuat Orang Lain Senang Berteman dengan Kita
  • Manfaat Labu Kuning yang Sangat Berguna untuk Kesehatan
  • Ikuti Pola Diet Diabetes Ini Agar Gula Darah Tetap Terkendali

Catatan dari SehatQ

Raihlah berbagai manfaat makan malam di atas dengan memilih jenis makanan yang menyehatkan dan dalam porsi yang tepat. Hindari juga makanan berkalori tinggi seperti junk food dengan menerapkan pola makan sehat.

Jika Anda ingin bertanya mengenai pemilihan makan malam yang tepat, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!

Advertisement

tidurmakanan sehathidup sehatbuah dan sayuran

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved