Manfaat Madu untuk Rambut Sehat Berkilau dan Cara Membuat Maskernya


Manfaat madu untuk rambut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, mineral, vitamin, dan antioksidan. Khasiat madu untuk rambut mampu merangsang pertumbuhan rambut hingga memperkuat rambut.

(0)
22 Jun 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat madu untuk rambut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnyaCampurkan madu dan minyak zaitun untuk membuat masker madu
Manfaat madu untuk rambut memang bukan isapan jempol semata. Madu mengantongi beragam kandungan, seperti mineral, vitamin, protein, serta antioksidan. Tak ayal bila sejak dahulu kala hingga saat ini, madu sudah sering digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit, rambut, dan tubuh. Apa manfaat madu untuk rambut?

Manfaat madu untuk rambut

Adapun beberapa manfaat madu untuk rambut yang sehat adalah sebagai berikut. 

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat madu untuk rambut adalah merangsang pertumbuhan rambut
Merangsang pertumbuhan sel jadi manfaat madu untuk rambut
Salah satu manfaat madu untuk rambut adalah merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini karena madu dipercaya memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan sel. Maka, boleh jadi rambut adalah salah satu sel di antaranya.Sebuah tinjauan dalam Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products menyebutkan bahwa manfaat madu mampu menstimulasi pertumbuhan sel epitel kulit. Sifat madu tersebut dikaitkan dengan jaringan rambut karena sel epitel memproduksi folikel yang penting untuk pertumbuhan rambut.

2. Sebagai kondisioner rambut

Manfaat madu untuk rambut berikutnya adalah sebagai kondisioner rambut.Fungsi conditioner pada dasarnya membantu mempertahankan kelembapan rambut. Produk kondisioner biasanya juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk mahkota kepala ini.Nah, khasiat madu untuk rambut diyakini dapat dijadikan sebagai kondisioner rambut karena memiliki efek melembapkan serta antioksidan, vitamin, mineral, dan asam amino di dalamnya

3. Memperkuat rambut

Memperkuat rambut juga jadi manfaat madu untuk rambut
Madu memiliki protein yang diyakini bisa memperkuat rambut
Memperkuat rambut juga menjadi manfaat madu untuk rambut lainnya. Rambut memiliki komponen keratin, yakni protein penting yang berperan dalam menjaga struktur dan kekuatannya. Perawatan berbasis protein pun mulai banyak dilakukan demi rambut yang kuat serta mencegah rambut rapuh.Madu mengandung protein dalam jumlah kecil. Bahan ini diyakini bisa bermanfaat untuk memperkuat rambut, terutama jika dikombinasikan dengan vitamin dan mineral.

4. Mengatasi rambut rontok

Tahukah Anda kalau manfaat madu untuk rambut adalah mengatasi rambut rontokKandungan nutrisi pada madu diyakini dapat membuat rambut lebih kuat dan bebas rontok. Selain menggunakan madu, alangkah baiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebab rambut rontok sesungguhnya. 

5. Menjaga kesehatan kulit kepala

Menjaga kesehatan kulit kepala juga menjadi bagian dari manfaat madu untuk rambut. Terkadang, kulit kepala menjadi kotor karena terdapat penumpukan minyak, residu, atau sampah dari produk perawatan rambut sehingga membuatnya tampak tidak sehat.Khasiat madu untuk rambut dapat digunakan untuk membersihkan kulit kepala. Selain itu, madu juga membantu meredakan gejala masalah kulit ini, seperti ketombeKabar baiknya lagi, efek melembapkan dari madu juga berlaku untuk kulit kepala.

6. Membantu rambut terlihat berkilau

Manfaat madu untuk rambut dapat membantu rambut tampak lebih berkilau. Madu dapat bertindak sebagai emolien sekaligus humektan sehingga diyakini sebagai pelembap yang mampu menutrisi rambut. Sifat emolien pada madu membantu melembutkan folikel rambut sehingga membuatnya terlihat lebih berkilau. Sementara itu, sifat humektan madu dapat mengikat molekul air pada rambut sehingga mencegah rambut menjadi kering dan kusam.

7. Mengatasi peradangan pada kulit kepala

Seperti kulit pada bagian tubuh lainnya, kulit kepala juga terkadang bisa meradang sehingga memicu penyakit kulit, seperti psoriasis dan eksim. Manfaat madu untuk rambut ini berasal dari sifat antioksidan dan anti peradangan sehingga dipercaya membantu mengatasi peradangan di kulit kepala.

8. Sebagai pewarna rambut alami

Manfaat madu untuk rambut selanjutnya adalah sebagai pewarna alami rambut. Madu mengandung glukosa serta enzim bernama glukosa oksidase. Enzim ini dapat memecah glukosa dan menghasilkan hidrogen peroksida.Hidrogen peroksida berfungsi memutihkan melanin (pigmen yang bertanggung jawab dalam memberi warna pada rambut). Nah, mengoleskan madu pada rambut dan mendiamkannya selama beberapa waktu dapat membuat warna rambut menjadi lebih cerah atau terang.

9. Mendetoks rambut

Siapa sangka kalau manfaat madu untuk rambut dapat memberikan efek detoks? Ya, madu dipercaya dapat mendetoks rambut dengan membuatnya lebih lembap dan menyuburkannya. Hal ini berkat kandungan madu berupa asam amino, vitamin, dan mineral.

Cara membuat masker madu untuk rambut 

Gunakan madu organik untuk memperoleh manfaat madu untuk rambut
Campurkan madu dan minyak zaitun untuk membuat masker
Meski diyakini baik bagi kesehatan rambut, perlu diketahui bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan khasiat madu untuk rambut. Maka dari itu, Anda perlu menggunakannya dengan hati-hati. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Namun, jika Anda yang tidak memiliki masalah pada kulit dan rambut, sah-sah saja untuk membuat masker madu di rumah. Berikut adalah cara membuat masker madu untuk rambut. 
  • Pastikan rambut Anda sudah bersih dan dalam kondisi lembap.
  • Siapkan 1/2 cangkir madu, 1/4 cangkir minyak zaitun, mangkuk, shower cap, kuas kecil (opsional).
  • Campurkan 1/2 cangkir madu dan 1/4 cangkir minyak zaitun ke dalam mangkuk. Aduk sampai merata.
  • Hangatkan campuran kedua bahan alami tersebut selama 20 detik di microwave atau di atas api kompor.
  • Setelah dipanaskan, aduk lagi campuran tersebut sampai merata.
  • Jika sudah dingin atau sedikit hangat, oleskan madu ke helaian rambut menggunakan jari-jari atau kuas kecil. Mulailah dari kulit kepala dan lanjutkan sampai ujung rambut secara merata.
  • Pijat kulit kepala secara lembut dengan gerakan memutar.
  • Bungkus rambut menggunakan shower cap untuk menjaga kelembapan.
  • Diamkan rambut selama 30 menit.
  • Terakhir, bilas rambut dengan air dan sampo sampai bersih. 
Baca Juga: Manfaat Masker Madu untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Efek samping madu untuk rambut

Walaupun diyakini aman, penggunaan madu untuk rambut bisa saja memicu reaksi alergi pada beberapa orang dengan kondisi tertentu. Sebaliknya, apabila tidak memiliki alergi, risiko atau efek samping madu mungkin cenderung lebih kecil.Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan terhindar dari kemungkinan efek samping, Anda bisa menggunakan madu organik dan asli. Madu organik biasanya mengandung molekul antioksidan dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Akan tetapi, madu nonorganik juga bisa memberikan manfaat yang tak kalah baiknya.

Catatan dari SehatQ

Khasiat madu untuk rambut memang beragam. Mulai dari melembapkan rambut, memperkuat rambut, dan membuat rambut sehat secara keseluruhan. Penggunaan madu untuk rambut bisa dicoba dalam bentuk masker yang dikombinasikan dengan bahan lain, seperti minyak zaitun.Jika Anda ingin memperoleh manfaat madu untuk rambut tetapi masih ragu melakukannya, tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
rambut rontokkesehatan rambutmadu
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-hair-mask
Diakses pada 9 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-hair-mask
Diakses pada 9 Juni 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3941901
Diakses pada 9 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-for-hair#shine
Diakses pada 13 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait