7 Khasiat Madu untuk Rambut Sehat, Intip Tips untuk Membuat Maskernya

(0)
22 Jun 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sejak dahulu kala hingga kini, madu telah sering digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit dan kesehatan tubuh. Madu mengantongi beragam mineral, vitamin, dan protein, di samping juga memiliki efek antioksidan. Atas nutrisi dan efek positifnya tersebut, madu untuk rambut pun berpotensi memberikan beragam manfaat yang layak dicoba.

Kegunaan dan manfaat madu untuk rambut

Walau banyak kegunaan berikut ini yang masih membutuhkan riset lanjutan, madu untuk rambut memiliki beberapa potensi kegunaan dan manfaat yang telah banyak dicoba. eberapa potensi penggunaan madu untuk rambut tersebut, termasuk:

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Madu dipercaya memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan sel dan boleh jadi rambut salah satu di antaranya.Dalam sebuah tinjauan dalam Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products disebutkan, madu dilaporkan menstimulasi pertumbuhan sel epitel kulit. Sifat madu tersebut dikaitkan dengan jaringan rambut karena sel epitel memproduksi folikel dan saluran yang penting untuk pertumbuhan rambut.

2. Dijadikan kondisioner rambut

Kondisioner pada dasarnya membantu mempertahankan kelembapan rambut. Produk kondisioner biasanya juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk mahkota kepala ini. Madu diyakini dapat dijadikan kondisioner rambut karena memiliki efek melembapkan dan antioksidan, di samping juga mengandung vitamin, mineral, dan asam amino.

3. Menguatkan rambut

Rambut memiliki komponen keratin, protein penting yang berperan dalam menjaga struktur dan kekuatannya. Perawatan berbasis protein pun mulai banyak dilakukan demi rambut yang kuat serta mencegah rambut rapuh.Karena madu mengandung protein dalam jumlah kecil, bahan ini diyakini bisa bermanfaat untuk rambut terutama jika dikombinasikan dengan vitamin dan mineral.

4. Mengatasi rambut rontok

Rambut mengalami kerontokan setiap hari, yang sebenarnya menjadi hal yang normal sebagai bagian dari siklus pertumbuhan alaminya. Apabila Anda merasa rambut lebih rontok dibanding biasanya, Anda bisa menemui dokter untuk mencari pemicunya.Di samping berdiskusi dengan dokter, pertimbangkan pula untuk mengaplikasikan madu sebagai bahan yang bernutrisi untuk rambut.

5. Menjaga kesehatan kulit kepala

Salah satu kunci dalam menjaga kesehatan rambut adalah kesehatan kulit kepala. Terkadang, kulit kepala menjadi kotor karena banyak minyak, residu, atau sampah dari produk perawatan rambut yang membuatnya tak sehat.Madu untuk rambut dapat digunakan untuk membersihkan kulit kepala, di samping juga membantu meredakan gejala masalah di kulit ini seperti ketombe. Kabar baiknya lagi, efek melembapkan dari madu juga berlaku untuk kulit kepala.

6. Membantu rambut terlihat berkilau

Madu untuk rambut dapat bertindak sebagai emolien sekaligus humektan sehingga diyakini dapat menjadi pelembap yang bernutrisi untuk rambut. Sifat emolien madu membantu melembutkan folikel rambut yang membuatnya terlihat lebih berkilau. Sementara itu, sifat humektan madu dapat mengikat molekul air pada rambut sehingga mencegah rambut menjadi kering dan kusam.

7. Mengatasi peradangan pada kulit kepala

Seperti kulit di bagian lain, kulit kepala juga terkadang bisa meradang yang kemudian dapat memicu psoriasis dan eksim. Madu memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan sehingga dipercaya membantu mengatasi peradangan di kulit kepala.

Masker madu untuk rambut yang bisa dicoba di rumah

Penggunaan madu untuk rambut bisa dicoba dalam bentuk masker yang bisa dicoba sendiri di rumah. Berikut ini bahan masker madu untuk rambut dengan bahan yang tak sulit dicari.
  • 1/2 cangkir madu
  • 1/4 cangkir minyak zaitun
  • Mangkuk pengaduk
  • Shower cap
  • Kuas kecil, opsional
Dalam mengaplikasikan madu untuk rambut, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Pastikan rambut bersih dan lembap
  • Campurkan 1/2 cangkir madu dan 1/4 cangkir minyak zaitun ke dalam mangkuk, lalu aduk hingga merata
  • Hangatkan adonan tersebut selama 20 detik di microwave
  • Setelah dipanaskan, aduk lagi campuran tersebut hingga merata
  • Setelah dingin atau sedikit hangat, aplikasikan madu ke rambut menggunakan jari-jari atau kuas kecil. Mulailah dari kulit kepala dan lanjutkan sampai ujung rambut.
  • Pijat kulit kepala dengan lembut secara memutar
  • Kemudian, gunakan shower cap di rambut untuk menahan kelembapan
  • Diamkan rambut selama 30 menit
  • Terakhir, bilas rambut dengan menyeluruh dan aplikasikan sampo seperti biasa

Adakah efek samping penggunaan madu untuk rambut?

Madu dan minyak zaitun yang digunakan akan dapat memicu reaksi alergi bagi beberapa orang. Sebaliknya, apabila tidak memiliki alergi, risiko atau efek samping dari madu akan menjadi lebih kecil.Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan Anda juga menggunakan madu yang organik dan asli. Madu organik biasanya mengandung molekul antioksidan dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Namun, madu non-organik juga memberikan manfaat yang tak kalah baiknya.

Catatan dari SehatQ

Madu untuk rambut menawarkan beragam manfaat dalam banyak hal, dari melembapkan, menjaga kekuatan, dan membuatnya sehat secara keseluruhan. Penggunaan madu untuk rambut bisa dicoba dalam bentuk masker yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti minyak zaitun.
rambut rontokkesehatan rambutmadu
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-hair-mask
Diakses pada 9 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-hair-mask
Diakses pada 9 Juni 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3941901
Diakses pada 9 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait