Ada banyak manfaat lulur alami bagi kesehatan kulit Anda
Seorang wanita sedang menikmati luluran di pusat kecantikan

Lulur adalah salah satu warisan budaya nenek moyang untuk wanita Indonesia. Untuk merasakan sendiri manfaat lulur ini, Anda dapat menjalani perawatan kecantikan di salon atau spa kecantikan maupun membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Lulur yang dijual secara komersial di Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yakni lulur tradisional dan lulur modern. Lulur tradisional terbuat dari rempah-rempah dan tepung yang teksturnya kasar yang digunakan dengan cara dioleskan dan digosok perlahan-lahan ke seluruh tubuh.

Sementara itu, lulur modern terbuat dari butiran scrub dilengkapi losion yang sebagian besar terbuat dari susu. Lulur modern juga banyak yang menggunakan ekstrak bahan alami sehingga praktis digunakan sekaligus dapat disimpan lebih lama.

Manfaat lulur untuk kecantikan

Manfaat lulur biasanya tergantung dari bahan yang Anda gunakan. Namun secara garis besar, manfaat lulur tradisional maupun modern adalah sebagai berikut:

  • Mencerahkan kulit

Manfaat ini berhubungan dengan sifat lulur yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga menghilangkan efek kusam pada kulit.

  • Mengencangkan kulit

Kandungan protein dan kolagen alami dalam bahan-bahan lulur dapat meningkatkan elastisitas dan melindungi kulit dari efek buruk radiasi matahari.

  • Menghilangkan bau badan

Manfaat lulur ini bisa didapat dengan menggunakan bahan alami, seperti daun sirih atau vanilla.

  • Menghilangkan bekas luka

Lulur juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan dan menghilangkan bekas luka, terutama pada lulur yang mengandung sirih atau kunyit.

  • Membuat rileks

Aroma rempah-rempah yang digunakan dalam lulur tradisional dalam menghadirkan efek relaksasi sehingga luluran sangat cocok dilakukan setelah Anda beraktivitas.

Cara membuat lulur alami

Cara membuat lulur alami biasanya menggunakan buah-buahan atau rempah-rempah yang mudah didapat, seperti kunyit, sirih, atau bengkoang. Namun, ada juga jenis lulur tradisional yang menggunakan campuran bahan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti cokelat atau beras.

Berikut beberapa cara membuat lulur alami dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekeliling Anda.

  • Lulur kopi

Selain mendapatkan manfaat lulur di atas, lulur kopi juga dipercaya berkhasiat menyamarkan selulit. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan hanya setengah gelas bubuk kopi, 2 sendok makan air panas, dan 1 sendok makan minyak kelapa hangat.

Campur semua bahan tersebut dalam mangkuk takar, kemudian aduk hingga rata. Jika lulur kopi masih terlalu padat, tambahkan minyak kelapa lagi. Atau jika terlalu cair, tambahkan bubuk kopi lagi sampai konsistensi yang diinginkan.

  • Lulur gula merah

Cara membuat lulur alami ini hanyalah dengan menggunakan butiran gula merah ditambah minyak kelapa atau minyak zaitun, kemudian campur hingga rata dan memiliki konsistensi sesuai keinginan. Bila Anda ingin menambahkan efek harum pada lulur, teteskan juga minyak esensial lavender.

  • Lulur madu

Manfaat lulur alami ini adalah menyehatkan kulit karena madu mengandung zat antimikroba sekaligus antioksidan. Selain 2 sendok makan madu, bahan yang harus Anda siapkan adalah setengah gelas gula merah dan seperempat gelas minyak kelapa.

Campur semua bahan dalam mangkuk takar dan aduk rata hingga Anda mendapatkan konsistensi yang diinginkan.

  • Lulur mangir

Mangir adalah lulur yang terbuat dari kombinasi rempah khas Nusantara, seperti kunyit, daun kemuning, temu giring, tepung beras, dan bunga kenanga. Cukup hancurkan semua bahan-bahan di atas, jadikan satu pada mangkuk, lalu cairkan dengan minyak kelapa atau air saat akan digunakan.

Lulur mangir dipercaya memiliki sifat eksfoliasi sekaligus menutrisi kulit karena kandungan antioksidan pada kunyit.

  • Lulur bengkuang

Manfaat lulur ini yang paling terkenal ialah dapat mencerahkan dan memutihkan kulit. Membuatnya pun cukup mudah karena Anda hanya harus memarut bengkuang, kemudian menggosok-gosokkannya pada bagian tubuh yang ingin dilulur, diamkan 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Sebelum menggunakan lulur alami di atas, sebaiknya Anda melakukan tes alergi terlebih dahulu demi menghindari reaksi alergi yang parah. Tes ini dapat dilakukan dengan mengoleskan sedikit lulur ke tangan atau belakang telinga. Jika tidak ada reaksi alergi, seperti gatal, panas, dan kemerahan, maka Anda diperbolehkan untuk luluran.

Poltekkes Denpasar. http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/573/3/BAB%20II.pdf
Diakses pada 8 April 2020

Universitas Udayana. https://sinta.unud.ac.id/uploads/wisuda/1105315063-3-BAB%20II.pdf
Diakses pada 8 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/diy-body-scrub
Diakses pada 8 April 2020

Merdeka. https://www.merdeka.com/gaya/14-resep-cantik-tempo-dulu-ini-wajib-ditiru-generasi-muda.html
Diakses pada 8 April 2020

Artikel Terkait