8 Manfaat Lo Han Kuo Bagi Kesehatan, yang Telah Dipercaya Ratusan Tahun

Manfaat lo han kuo ternyata bisa dirasakan untuk mencegah penyebaran kanker.
Manfaat lo han kuo tak hanya untuk redakan sakit tenggorokan, tapi juga stabilkan kadar gula darah.

Salah satu manfaat lo han kuo yang paling populer adalah untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun selain itu, lo han kuo juga bisa dimanfaatkan sebagai pemanis buatan alami. Tak hanya itu, buah yang satu ini juga mengandung zat antioksidan dan antiradang yang berguna bagi kesehatan, termasuk mencegah penyakit stroke.

Manfaat lo han kuo bagi kesehatan

Buah lo han kuo (Siraitia grosvenorii) atau luo han guo yang juga dijuluki sebagai buah biksu, telah dimanfaatkan sebagai campuran bahan pengobatan untuk mengatasi berbagai penyakit selama berabad-abad.

Selain sebagai pemanis buatan alami, lo han kuo juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan berikut ini:

1. Meredakan sakit tenggorokan

Manfaat lo han kuo yang pertama yaitu dapat meredakan sakit tenggorokan. Kandungan senyawa mogrosida dalam lo han kuo berfungsi sebagai antioksidan dan antiradang, yang dapat meredakan sakit tenggorokan serta mengurangi dahak.

2. Mengatasi alergi

Sifat antiradang senyawa mogrosida yang terkandung dalam buah lo han kuo juga efektif mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti alergi, iritasi, dan peradangan di organ luar dan dalam tubuh.

3. Merawat kesehatan kulit

Kandungan mogrosida dalam lo han kuo juga berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Oleh karena itu, mengonsumsi lo han kuo dapat membantu Anda merawat kesehatan kulit.

4. Mencegah penyebaran kanker

Manfaat lo han kuo selanjutnya yaitu mencegah penyebaran sel kanker. Kandungan mogrosida dalam buah ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Mengontrol gula darah

Mengonsumsi lo han kuo bisa membantu menurunkan
kadar gula darah.

Lo han kuo yang mengandung nol kalori baik dikonsumsi pengidap diabetes. Antioksidan dalam buah ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah serta kolesterol jahat penyebab penyakit diabetes dan kardiovaskular.

Selain itu, ekstrak lo han kuo memiliki tingkat rasa 250 kali lipat lebih manis daripada gula pasir, tetapi memiliki nilai nol kalori dan karbohidrat. Tak heran, ekstrak lo han ko kerap dimanfaatkan para pengidap diabetes yang ingin tetap menikmati rasa manis tanpa mengkhawatirkan jumlah kalori yang masuk.

Ekstrak buah lo han kuo kerap digunakan sebagai pemanis buatan alami yang dicampurkan ke dalam makanan dan minuman.

6. Mencegah stroke dan jantung

Karena kemampuannya mengatasi berbagai risiko penyakit kardiovaskular, antioksidan mogrosida dalam buah lo han kuo juga bermanfaat mencegah penyakit stroke dan jantung.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat lo han kuo selanjutnya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan dan antiradang dalam buah ini dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh dari berbagai ancaman penyakit.

8. Membantu menurunkan berat badan

Buah lo han kuo yang tidak mengandung kalori, karbohidrat dan lemak juga baik dikonsumsi sebagai makanan diet. Buah ini pun efektif membantu Anda menurunkan berat badan.

Namun, perhatikan ini jika ingin mengonsumsi lo han kuo

Setelah mengetahui khasiatnya, mungkin Anda ingin segera mencari buah lo han kuo. Namun sayangnya, buah ini cukup sulit didapatkan dan berpotensi menimbulkan alergi.

  • Sulit didapat

    Meski memiliki segudang khasiat, buah lo han kuo sulit tumbuh di Indonesia. Biaya ekspor buah ini pun begitu mahal sehingga cenderung sulit dijangkau.
  • Menyebabkan alergi

    Meski sangat jarang terjadi, buah lo han kuo juga dapat menyebabkan beberapa individu mengalami alergi, terutama individu yang alergi dengan tanaman sejenis timun dan labu. Individu yang mengalami alergi lo han kuo biasanya akan menunjukkan gejala berupa kulit ruam dan gatal, pembengkakan pada lidah, pusing dan mual, denyut nadi cepat, dan kesulitan bernapas.

Catatan dari SehatQ

Selain dimakan secara langsung, buah lo han kuo sering diambil ekstraknya dan dimanfaatkan sebagai pemanis buatan. Ekstrak lo han kuo sering dicampurkan ke dalam kopi, teh, limun, smoothie, yogurt maupun olahan kue yang baik dikonsumsi pengidap diabetes.

Healthline.
https://www.healthline.com/health/food-nutrition/monk-fruit-health-benefits#allergies
Diakses pada 19 Februari 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/monk-fruit-sweetener#benefits
Diakses pada 19 Februari 2020

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/322769#stevia
Diakses pada 19 Februari 2020

Verywell Fit.
https://www.verywellfit.com/monk-fruit-benefits-side-effects-uses-4588601
Diakses pada 19 Februari 2020

Artikel Terkait