logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

11 Manfaat Lilin Lebah Alias Beeswax untuk Kecantikan dan Kesehatan

open-summary

Beeswax atau lilin lebah adalah bahan alami yang kerap ditemui dalam sejumlah produk kecantikan. Manfaat beeswax dipercaya baik untuk melembapkan kulit, melembutkan bibir, hingga mengatasi jerawat. Meski cenderung aman, Anda perlu melihat reaksi alergi yang mungkin ditimbulkan.


close-summary

3.71

(7)

14 Apr 2020

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Lilin lebah bermanfaat merawat kulit dari berbagai efek kulit kering

Lilin lebah sejak dulu sudah digunakan sebagai produk perawatan kulit

Table of Content

  • Apa itu beeswax?
  • Apa manfaat beeswax atau lilin lebah?
  • Adakah efek samping menggunakan lilin lebah?
  • Bagaimana cara membuat lilin lebah sendiri di rumah?

Beeswax atau lilin lebah adalah salah satu jenis komposisi yang umum ditemukan dalam sejumlah produk kecantikan hingga perawatan bayi. Bahkan, sejak peradaban Mesir Kuno, lilin lebah sudah banyak digunakan sebagai obat topikal. Sebenarnya, apa manfaat lilin lebah?

Advertisement

Apa itu beeswax?

Tidak hanya menghasilkan madu, lebah ternyata juga menghasilkan lilin dalam waktu bersamaan.

Beeswax atau lilin lebah adalah lilin alami yang dihasilkan oleh lebah madu dari kelenjar liurnya. 

Umumnya, lebah muda berusia 12-18 hari yang sudah mampu memproduksi beeswax.

Kemudian, lilin akan dikunyah dan dicampur dengan air liur lebah serta enzim lainnya. 

Setelah mengunyah dan membentuk lilin, lebah akan menempelkannya pada sarang lebah.

Beeswax biasanya berwarna putih, kuning atau kecokelatan. Pasalnya, warna ini dihasilkan dari percampuran minyak serbuk sari dan lilin di sarang lebah.

Lilin lebah dapat membantu menyimpan madu dengan aman, serta melindungi sarang lebah dari infeksi dan zat kontaminan lain yang tidak diinginkan. 

Beeswax dapat ditemui dalam produk lip balm
Beeswax dapat ditemui dalam produk lip balm

Manfaat beeswax sudah sejak lama digunakan sebagai komposisi sejumlah produk kecantikan, seperti sabun hingga pelembap kulit atau bibir.

Beeswax tidak dapat dikonsumsi secara langsung dengan cara dimakan atau diminum. Anda bisa memperoleh kegunaannya dengan mengoleskan ke kulit.

Manfaat beeswax dapat digunakan dalam mengatasi masalah kulit hingga proses pengolahan, pengemasan, dan pengawetan beberapa produk makanan.

Apa manfaat beeswax atau lilin lebah?

Beeswax sudah cukup umum digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi berbagai masalah pada kulit. Adapun berbagai manfaat beeswax adalah sebagai berikut.

1. Melembapkan kulit 

Lilin yang dihasilkan lebah merupakan komposisi yang baik untuk melembapkan kulit. Tak ayal bila beeswax kerap ditemukan di sejumlah produk kecantikan dan kosmetik. 

Manfaat beeswax dapat melindungi dan memperbaiki kulit kering, kasar, atau mengelupas berkat kemampuannya dalam menjaga kelembapan kulit. 

manfaat lilin lebah dapat melembapkan kulit
Manfaat beeswax untuk wajah bisa melembapkan kulit

Menurut buku yang berjudul How to Use Beeswax and Honey to Cure Skin Problems karya Gene Ashburner, manfaat lilin lebah berasal dari kandungan vitamin A dan emolien yang dapat melembutkan dan menghidrasi kulit. 

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan lilin lebah dengan menambahkan minyak jojoba serta beberapa tetes minyak vitamin E dan lidah buaya. 

Tak hanya itu, penggunaan lilin dari lebah yang dicampur dengan krim dingin dan lotion kulit dipercaya dapat membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit. 

2. Mengatasi jerawat

Manfaat beeswax ternyata mampu mengatasi jerawat secara alami. Hal ini berkat kandungan antiseptik, anti peradangan, dan vitamin A di dalamnya yang dikenal sebagai bahan alami untuk kulit berjerawat. 

Kandungan emoliennya juga dapat membantu kulit Anda menjadi lebih lembut selama proses penyembuhan jerawat

Akan tetapi, langkah ini juga perlu disertai dengan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga. 

3. Melembutkan bibir kering dan pecah-pecah

Manfaat lilin lebah bisa digunakan untuk melembutkan bibir
Oleskan pelembap bibir yang mengandung lilin lebah agar tidak kering

Masalah bibir kering dan pecah-pecah memang dapat mengganggu penampilan. Sebagai alternatifnya, coba oleskan pelembap bibir yang mengandung lilin lebah di dalamnya. 

Manfaat beeswax ini juga dapat diperoleh secara maksimal dengan menambahkan minyak kelapa, madu, dan minyak vitamin E.

4. Menyamarkan stretch mark

Tahukah Anda jika manfaat beeswax dapat menyamarkan stretch mark yang mengganggu penampilan?

Stretch mark merupakan bekas luka yang terjadi akibat adanya penipisan epidermis dan penurunan produksi kolagen dan serat elastis. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Department of Dermatology and Cutaneous Biology Research Institute Yonsei University College of Medicine di Korea Selatan melaporkan, bahwa penggunaan lilin lebah dapat membantu menyamarkan kehadiran stretch mark. 

Lagi-lagi, hal ini berkat kandungan vitamin A dalam lilin dari lebah yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

Anda bisa menggunakan beeswax yang dikombinasikan dengan shea atau coconut butter, minyak grapeseed, dan minyak kelapa sebagai cara alami menghilangkan stretch mark. 

5. Mengobati peradangan akibat penyakit kulit

Manfaat lilin lebah bisa mengobati penyakit kulit
Peradangan akibat eksim bisa diobati dengan lilin lebah

Manfaat beeswax disebut dapat mengobati peradangan akibat penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis

Sebuah studi yang dimuat dalam Archives of Medical Research menyebutkan bahwa campuran madu, beeswax, dan minyak zaitun dapat menenangkan kulit yang mengelupas, sekaligus memperlambat pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab infeksi. 

6. Baik untuk kulit sensitif

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan rentan mengalami reaksi alergi bisa memilih produk perawatan kulit yang mengandung lilin lebah di dalamnya. 

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Drugs in Dermatology membuktikan bahwa penggunaan produk perawatan kulit dari lilin lebah, lebih baik dalam merawat kulit sensitif dibandingkan kandungan sintetis lainnya.

7. Mengatasi luka bakar

Manfaat beeswax untuk mengatasi luka bakar
Beeswax mengandung antiradang untuk atasi sunburn

Manfaat beeswax juga disebut dapat mengatasi sunburn atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berlebih.

Senyawa antiradang di dalamnya mampu mengurangi pembengkakan dan kemerahan akibat paparan sinar matahari berlebih.

8. Mengobati infeksi jamur

Infeksi jamur dapat diobati menggunakan lilin lebah. Manfaat beeswax dalam mengobati infeksi jamur berasal dari zat antiradang di dalamnya 

Zat antiradang yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat infeksi jamur, sekaligus membantu melembapkannya dengan meminimalisir rasa gatal yang timbul.

9. Melindungi organ hati

Selain untuk merawat kecantikan kulit, manfaat beeswax disebut dapat melindungi organ hati. 

Sebuah studi yang dimuat dalam Korean Journal of Internal Medicine mengungkapkan bahwa antioksidan dan alkohol yang terkandung di dalam beeswax dapat membantu melindungi hati. 

Para peneliti yang memimpin studi ini menggunakan alkohol lilin lebah untuk mengevaluasi tingkat keamanan atau tidaknya bila digunakan oleh orang dengan penyakit hati. 

Setelah 24 minggu diteliti, dapat disimpulkan bahwa lilin dari lebah dapat membantu fungsi hati berjalan normal dan menurunkan gejala lemak hati.

10. Meredakan nyeri

Sebagai pengobatan medis, manfaat lilin lebah sudah diteliti dalam menghilangkan rasa nyeri dan peradangan berkat efek anti pembengkakannya. 

Fungsi tersebut disebutkan dalam Korean Journal of Internal Medicine dapat digunakan untuk meredakan peradangan yang disebabkan oleh osteoarthritis

Sebanyak 23 partisipan mengalami pengurangan nyeri, kaku sendi, dan fungsi fisik secara signifikan pada minggu kedua dan meningkat selama uji coba berlangsung. 

11. Meredakan stres dan sebagai relaksasi alami

Anda dapat memperoleh manfaat lilin lebah untuk meredakan stres sekaligus sebagai relaksasi alami. 

Jadi, cobalah cari lilin relaksasi yang mengandung beeswax yang bebas dari racun ketika asapnya terhirup. Tak hanya mengurangi stres, kesehatan Anda pun tetap aman.

Adakah efek samping menggunakan lilin lebah?

Pada dasarnya, beeswax aman digunakan secara topikal pada kulit. Lilin lebah juga disebut tidak rentan menyumbat pori-pori kulit.

Akan tetapi, beberapa orang mungkin ada yang mengalami alergi akibat penggunaan lilin lebah pada kulit.

Maka dari itu, sebelum menggunakan beeswax, alangkahnya baiknya lakukan tes alergi terlebih dahulu. Anda bisa mengoleskan lilin lebah pada area pergelangan tangan atau siku. Kemudian, lihat reaksinya selama 24-48 jam. 

Jika Anda mengalami reaksi alergi, seperti kulit memerah dan membengkak, gatal, ruam, atau ada sensasi rasa terbakar setelah mengoleskannya, maka bahan alami ini tidak cocok digunakan.

Apabila Anda sedang hamil dan menyusui, sebaiknya tidak menggunakan bahan alami ini. Pasalnya, belum cukup informasi yang menunjukkan apakah beeswax aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Bagaimana cara membuat lilin lebah sendiri di rumah?

Bila aman digunakan pada kulit, Anda bisa membuat lilin lebah dalam bentuk lotion bar di rumah untuk memastikan kulit terjaga kelembapannya.

Alat dan bahan yang diperlukan:

  • 7 sendok makan minyak zaitun
  • 4 sendok makan palet lilin lebah
  • 7 sendok makan shea butter
  • Cetakan sabun
  • Mangkok yang aman masuk microwave
  • Kotak penyimpanan

Cara membuat:

  1. Campurkan minyak zaitun dan palet lilin lebah ke dalam mangkok.
  2. Kemudian, masukkan ke dalam microwave dan panaskan selama 30 detik sampai meleleh.
  3. Keluarkan dari microwave, tambahkan shea butter, aduk merata.
  4. Tuangkan adonan ke atas cetakan sabun.
  5. Diamkan semalaman hingga dingin dan mengeras.
  6. Jika sudah, simpan di tempat yang kering dan dingin agar tidak meleleh.

Lilin lebah sudah memiliki aroma menyerupai madu sehingga Anda tidak perlu menambahkan zat pewangi.

Baca Juga

  • Efek Samping Suntik Putih yang Perlu Diwaspadai dan Tips Menghindarinya
  • Ingin Coba Setrika Wajah? Kenali Dulu Fakta-Fakta Ini
  • Manfaat Vitamin E untuk Kulit Sehat dan Cara Mendapatkannya

Jika ada rasa gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar, artinya kulit Anda mengalami alergi setelah pemakaian lilin lebah, maka segera bilas kulit sampai bersih. 

Pastikan untuk selalu membilas wajah atau kulit setelah diolesi lilin lebah. Gunakan pembersih berbahan dasar minyak untuk membersihkan kulit yang diolesi beeswax karena zatnya yang tidak larut dalam air. 

Masih punya pertanyaan seputar manfaat lilin lebah, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasinya sekarang melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

perawatan kulitkulit dan kecantikanmasalah kulitherbalproduk kecantikan

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved