Manfaat Lilin Lebah untuk Kulit & Jerawat Serta Cara Membuatnya

Lilin lebah bermanfaat merawat kulit dari berbagai efek kulit kering
Lilin lebah sejak dulu sudah digunakan sebagai produk perawatan kulit

Dalam berbagai produk makeup, perawatan bayi, hingga tabir surya sekalipun sekarang banyak ditemukan kandungan lilin lebah atau beewax. Ternyata, lilin lebah telah digunakan secara topikal (pemakaian luar) sejak Peradaban Mesir Kuno. Keunggulannya termasuk mengatasi iritasi kulit hingga mengobati jerawat.

Tak hanya itu, sifat lilin lebah yang melembapkan juga membantu mengobati bibir kering hingga pecah-pecah. Ada banyak cara menggunakan lilin lebah untuk mendapatkan manfaaatnya.

Dari mana datangnya lilin lebah?

Untuk mendapatkan lilin lebah, koloni lebah pekerja membuat sarang lebah dengan bentuk heksagon. Semasa hidupnya, lebah pekerja mengeluarkan kelenjar dari pori-pori kecil yang bisa mengubah gula dalam madu menjadi lilin. Setiap lebah memiliki 8 kelenjar lilin di bagian bawah abdomen mereka.

Belum selesai sampai di situ, lebah pekerja kemudian mengunyah lilin-lilin itu hingga lembut dan teksturnya bisa dibentuk. Barulah kemudian lilin yang lunak ini dimasukkan dalam struktur sarang lebah. Lebah sudah bisa memproduksi lilin ketika usianya 12-18 hari.

Itulah mengapa ketika peternak lebah panen madu, pasti ada lilin lebah yang juga ikut dipanen. Keduanya siap dipanen pada saat yang sama.

Lilin lebah tidak beracun, namun jika tertelan cukup banyak dalam jangka panjang, bisa menyebabkan sumbatan di usus. Sementara untuk pengaplikasian topikal, juga ada kemungkinan orang lebih sensitif sehingga muncul efek samping.

Manfaat lilin lebah

Apa saja manfaat lilin lebah untuk kesehatan, terutama jika diaplikasikan untuk pemakaian luar?

1. Mengatasi jerawat

Lilin lebah termasuk salah satu pilihan untuk mengatasi jerawat yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Kandungannya bersifat antiseptik dan anti-peradangan, belum lagi kandungan vitamin A yang baik untuk kulit. Itulah mengapa banyak produk perawatan kulit yang mengandung lilin lebah.

Setelah jerawat hilang pun, lilin lebah dapat menjaga tekstur kulit tetap halus. Tentunya, harus disertai dengan pola makan selektif dan gaya hidup sehat.

2. Melembapkan bibir kering

Keluhan bibir kering hingga pecah-pecah bisa terjadi terus menerus. Alternatifnya, aplikasikan pelembap alami dengan kandungan lilin lebah sebagai lip balm. Biasanya, lip balm yang mengandung lilin lebah juga diberi tambahan minyak kelapa, madu, dan minyak vitamin E.

3. Menyamarkan stretch mark

Penelitian Yonsei University College of Medicine di Korea Selatan menyebut lilin lebah dapat menyamarkan stretch mark. Ketika diaplikasikan ke kulit yang mengalami stretch mark, kandungan vitamin A dalam lilin lebah membantu produksi kolagen.

4. Mengobati eksim

Masalah kulit seperti eksim atau psoriasis juga bisa diatasi dengan lilin lebah. Dalam sebuah penelitian di Dubai, perpaduan lilin lebah, madu, dan minyak zaitun bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan masalah iritasi kulit semakin parah

5. Melembapkan kulit

Banyak produk perawatan kulit dan kosmetik yang mengandung lilin lebah punya keutamaan melembapkan kulit. Tak hanya memastikan kulit lembap, namun juga dapat menjaga kelembapan meski beraktivitas di luar ruangan seharian.

Hal ini terjadi karena vitamin A membuat kulit mengalami rehidrasi serta membantu regenerasi sel kulit. Tak hanya itu, lilin lebah juga bersifat non-comedogenic sehingga tidak rentan menyumbat pori-pori.

6. Mengatasi luka bakar

Dalam sebuah penelitian tahun 2003, pengaplikasikan lilin lebah secara berkala pada kulit yang mengalami luka bakar menunjukkan perbaikan kondisi setelah 2 pekan. Bahkan, lilin lebah aman diaplikasikan pada kulit yang sensitif sekalipun sehingga risiko iritasi berkurang.

Cara membuat lilin lebah sendiri

Anda bisa membuat sendiri lilin lebah dalam bentuk lotion bar untuk memastikan kulit terjaga kelembapannya.

Bahan:

  • 7 sendok makan minyak zaitun
  • 4 sendok makan palet lilin lebah
  • 7 sendok makan shea butter
  • Cetakan sabun
  • Mangkok yang aman masuk microwave
  • Kotak penyimpanan

Cara:

  • Pertama, campurkan 7 sendok makan minyak zaitun dan 4 sendok makan palet lilin lebah ke dalam mangkok
  • Kemudian, letakkan di microwave selama 30 detik hingga meleleh
  • Keluarkan dari microwave, tambahkan 7 sendok makan shea butter, aduk rata
  • Tuangkan adonan ke cetakan sabun
  • Diamkan semalaman hingga dingin dan keras
  • Setelah jadi, simpan di tempat yang kering dan dingin agar tidak meleleh

Secara alami, lilin lebah sudah beraroma seperti madu sehingga tidak perlu tambahan pewangi. Sebelum mencoba lilin lebah ke kulit, tes dulu apakah ada reaksi alergi. Caranya, oleskan lilin lebah di siku dan lihat reaksinya setelah 2-4 hari.

Jika ada rasa gatal, kemerahan, dan sensasi terbakar, artinya kulit Anda mengalami alergi dengan lilin lebah. Namun jika tidak ada reaksi alergi, maka lilin lebah aman digunakan.

Pastikan untuk selalu membilas wajah atau kulit setelah dioles dengan lilin lebah. Gunakan pembersih oil-based karena lilin lebah  tidak larut dalam air. Hal ini penting agar kulit tetap bisa bernapas.

Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/beeswax/

Diakses 10 April 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15022655

Diakses 10 April 2020

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/330768-what-are-the-health-benefits-of-beeswax/

Diakses 10 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beeswax-uses#precautions

Diakses 10 April 2020

Artikel Terkait