Manfaat Lidah Mertua Tidak Hanya untuk Lingkungan, Tapi Juga Kesehatan

Manfaat lidah mertua untuk kesehatan tubuh maupun lingkungan ternyata beragam
Manfaat lidah mertua tidak hanya menyaring udara, namun juga baik untuk kesehatan mental

Memburuknya kualitas udara di Jakarta membuat tanaman lidah mertua jadi perbincangan banyak orang. Sebab, pemerintah provinsi ibukota bahkan sempat berencana untuk memberikan lidah mertua gratis kepada warga, untuk membantu penyaringan udara. Kemampuan tersebut memang manfaat lidah mertua yang paling umum dikenali.

Namun, selain menyaring udara, lidah mertua ternyata juga dinilai baik untuk kesehatan mental, karena dapat membantu meredakan stres. Agar tidak semakin penasaran, berikut ini penjelasannya.

Manfaat lidah mertua untuk kehidupan sehari-hari

Belum banyak yang tahu, lidah mertua ternyata baik untuk kesehatan mental. Sebab, tanaman ini, seperti banyak tanaman hias lainnya, bisa membantu meredakan stres, bahkan mengurangi risiko depresi. Lebih lengkap, berikut ini manfaat lidah mertua yang patut Anda ketahui.

1. Menyaring udara di dalam ruangan

Menyimpan lidah mertua di dalam ruangan di rumah Anda, bisa memberikan manfaat yang baik, yaitu untuk menyaring udara. Sebab, di malam hari, tanaman ini akan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen.

Ini membuat udara di dalam ruangan Anda akan semakin bersih dan dapat membantu menciptakan aliran udara ideal di rumah Anda.

2. Menyingkirkan racun-racun akibat polusi

Lidah mertua juga dikenal akan kemampuannya untuk membantu mengurangi polusi, meski dalam jumlah kecil. Tanaman ini, dinilai dapat menyerap zat-zat polusi penyebab kanker, seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene.

Karena kemampuannya ini juga, tanaman lidah mertua dianggap bisa membantu melindungi tubuh dari alergi, yang disebabkan oleh udara kotor.

3. Membuat Anda lebih bahagia

Salah satu manfaat lidah mertua adalah perasaan bahagia yang bisa ditimbulkannya. Sebab, meletakkan bunga atau tanaman lainnya di rumah dan di tempat kerja, dapat meningkatkan kadar kebahagiaan, dan menurunkan risiko munculnya depresi.

Memiliki tanaman di dalam ruangan juga akan membuat kita bekerja secara lebih produktif, karena tanaman bisa meningkatkan konsentrasi serta daya ingat kita.

4. Meredakan stres

Jika sedang mengalami banyak tekanan atau stres dalam keseharian, Anda bisa mencoba menempatkan lidah mertua sebagai tambahan dekorasi ruangan. Sebab, meletakkan tanaman hias di tempat kerja atau di rumah, dinilai bisa membantu meredakan stres.

Keberadaan tanaman tersebut, memberikan efek menenangkan, yang membantu Anda ketika mengerjakan sesuatu penuh tekanan.

5. Buat ruangan menjadi lebih lembap

Apabila tinggal di daerah yang beriklim kering, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tanaman hias, termasuk lidah mertua sebagai dekorasi rumah.

Tanaman akan membuat ruangan menjadi lebih lembap, sehingga risiko timbulnya kulit kering, pilek, atau sakit tenggorokan bisa berkurang.

Cara merawat tanaman lidah mertua dengan baik

Lidah mertua adalah salah satu tanaman yang paling mudah dirawat. Sebab, Anda tidak memerlukan trik khusus untuk menjaganya agar tetap hidup. Tanaman ini bisa ditempatkan di berbagai lokasi. Meski didiamkan selama beberapa minggu, lidah mertua tetap akan menjalankan fungsinya dalam menyaring udara.

Tanaman lidah mertua cukup disiram satu kali setiap beberapa minggu, untuk membuat tanahnya tetap lembap. Tolok ukur lainnya dalam menyiram tanaman ini adalah dengan melihat tanah bagian atasnya. Jika kering, maka sudah saatnya tanaman tersebut disiram.

Lidah mertua adalah tanaman yang sulit mati. Namun, kemungkinannya untuk layu lebih tinggi saat berada di dalam ruangan. Hal ini disebabkan oleh air yang mungkin tetap menggenang, di bawah pot selepas disiram. Agar tidak cepat layu, sehabis menyiram, pastikan ada saluran yang bisa membuat air tidak menumpuk di bawah pot.

Catatan dari SehatQ

Manfaat lidah mertua tidak hanya sebatas pada penyaringan udara, tapi juga membantu meredakan stres, membuat Anda lebih bahagia, hingga menurunkan risiko munculnya depresi. Sehingga, menambahkannya sebagai dekorasi rumah hingga tempat kerja, bisa menjadi pilihan yang indah sekaligus menyehatkan.

Namun perlu diingat, meski lidah mertua relatif mudah untuk dirawat, namun Anda tetap tidak bisa mendiamkannya begitu saja. Siram tanaman ini setiap tanahnya terlihat kering, dan pastikan aliran air dari dalam pot bisa mengalir dengan lancar.

Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-snake-plant
Diakses pada 27 November 2019

SDSU Extension. https://extension.sdstate.edu/four-benefits-houseplants
Diakses pada 27 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-health-benefits-houseplants
Diakses pada 27 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/plants-self-care#1
Diakses pada 27 November 2019

Penn State University, Urban Jungle. https://sites.psu.edu/forloveofchlorophyll/2018/01/16/sansevieria-variegated-verticals/
Diakses pada 27 November 2019

Kompas.com https://megapolitan.kompas.com/read/2019/07/24/07444551/di-balik-keputusan-pemprov-dki-pakai-lidah-mertua-sebagai-solusi-polusi?page=all
Diakses pada 27 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed