Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Tak Cuma Mencegah Kerontokan!

Manfaat lidah buaya untuk rambut bisa Anda dapatkan dengan memakai gel bening dari tanamannya secara langsung
Gel bening dari tanaman lidah buaya yang alami termasuk cara terbaik untuk menyehatkan rambut

Produk kecantikan berbahan dasar lidah buaya akhir-akhir ini sangat digemari. Tak hanya bagus untuk kecantikan kulit, ada segudang manfaat lidah buaya untuk rambut yang mungkin belum Anda sadari. Apa sajakah itu? 

Dapatkan manfaat lidah buaya untuk rambut ini

Lidah buaya memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan. Kebaikan ini muncul berkat aloe vera yang mengandung banyak vitamin (vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc.

Tak heran apabila banyak manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari mengatasi rasa gatal, menguatkan helai rambut, hingga menambah kilauan rambut. Mari simak penjelasannya: 

   1. Mengurangi gatal di area kulit kepala

Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut yang bisa Anda dapatkan adalah mengurangi gatal di area kulit kepala. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh dermatitis seboroik atau yang lebih dikenal dengan ketombe. 

Dermatitis seboroik adalah suatu kondisi yang terjadi akibat kulit kepala meradang dan mengelupas. Akibatnya, muncullah ketombe.

Peradangan tersebut bisa dikurangi dengan penggunaan lidah buaya. Pasalnya, tanaman ini memiliki kandungan asam lemak yang bersifat antiradang, sehingga dapat membuat kondisi kulit kepala terasa lebih baik. 

   2. Memperbaiki rambut rusak

Rambut rusak umumnya ditandai dengan dengan kondisi rambut yang kering, kasar, dan bercabang. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan rambut yang tak tepat, hingga terlalu sering menata rambut. 

Anda bisa mengurangi kondisi rambut rusak dengan mengoleskan lidah buaya. Kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi di dalam lidah buaya diyakini dapat memperbaiki kerusakan rambut.

   3. Mengatasi rambut berminyak

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah mengatasi rambut berminyak. Kondisi ini bisa muncul akibat produksi minyak berlebih di kulit kepala serta sisa-sisa produk perawatan rambut yang Anda gunakan. 

Dengan mengoleskan lidah buaya ke rambut, produksi minyak berlebih pada rambut dapat dikendalikan. Rambut pun menjadi lebih sehat dan lembut. Menarik, bukan?

   4. Memperkuat helaian rambut

Kandungan vitamin A, C, dan E dalam lidah buaya berperan dalam memperkuat sel-sel rambut. Selain membuat rambut tampak berkilau, helai-helainya pun tidak mudah patah. 

   5. Mengurangi kerontokan rambut

Bermasalah dengan rambut rontok? Anda bisa mengatasinya dengan mengandalkan manfaat lidah buaya untuk rambut.

Kebaikan tersebut muncul berkat lidah buaya yang mengandung vitamin B12 dan asam folat. Kedua nutrisi ini berfungsi mengurangi kerontokan rambut Anda. 

   6. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang terkenal adalah merangsang proses tumbuhnya rambut. Ketika Anda mengoleskan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala, aliran darah pada kulit kepala akan meningkat. Inilah yang membantu dalam mempercepat pertumbuhan rambut. 

   7. Membuat rambut tampak sehat berkilau

Bukan cuma mimpi, mendambakan rambut sehat dan berkilau kini bisa Anda dapatkan dengan mengoleskan aloe vera pada rambut secara rutin. Di samping menutrisi rambut, lidah buaya juga akan membantu dalam mempertahankan kesehatan rambut Anda.

Cara mengoleskan lidah buaya pada rambut

Anda dapat memilih sendiri lidah buaya yang ingin digunakan pada rambut. Anda bisa memperoleh manfaat lidah buaya untuk rambut dengan menggunakan produk gel aloe vera yang kini telah banyak dijual di pasaran, atau mengoleskan tanaman lidah buaya segar langsung ke kulit kepala. 

Bila Anda menggunakan produk gel lidah buaya, Anda bisa mengoleskannya dengan membaca aturan pakai pada kemasan. Sementara bagi Anda yang ingin memakai lidah buaya langsung dari tanamannya, Anda dapat melakukannya dengan cara-cara berikut: 

  • Potong daun tanaman lidah buaya.
  • Kupas kulit aloe vera yang berwana hijau.
  • Gunakan sendok untuk mengambil gel bening dari dalam daun lidah buaya.
  • Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Anda bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa agar lebih mudah digunakan.
  • Diamkan selama sekitar satu jam. 
  • Setelah itu, keramas sampo seperti biasa. 
  • Ulangi cara ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu jika dibutuhkan. 

Tips aman menggunakan lidah buaya untuk rambut

Penting diketahui bahwa keefektifan manfaat lidah buaya untuk rambut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Bagi Anda yang ingin merasakan sejumlah khasiat lidah buaya untuk rambut di atas, tak ada salahnya untuk mencoba di rumah.

Apabila ragu-ragu, Anda bisa coba mengecek apakah kulit Anda memiliki alergi terhadap aloe vera atau tidak terlebih dulu. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya ke punggung tangan dan menunggu reaksinya selama dua jam.

Bila tidak ada reaksi apa-apa pada kulit yang diolesi lidah buaya, ini berarti Anda aman untuk menggunakannya. Namun jika ada reaksi alergi (seperti kemerahan, gatal, dan perih), segera hentikan penggunaan dan basuh kulit Anda hingga bersih.

Untuk lebih amannya, Anda sebaiknya tetap berhati-hati sebelum menggunakan produk apapun, termasuk lidah buaya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakannya. 

Dokter kulit bisa membantu Anda dalam menentukan apakah Anda cocok menggunakan aloe vera atau tidak. Dengan begitu, manfaat lidah buaya untuk rambut bisa Anda dapatkan secara optimal.

Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-hair#risks
Diakses pada 25 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319114.php
Diakses pada 25 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed