Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut Tak Cuma Mencegah Kerontokan!

(0)
Manfaat lidah buaya untuk rambut bisa Anda dapatkan dari tanamannya secara langsungGel bening dari tanaman lidah buaya yang alami termasuk cara terbaik untuk menyehatkan rambut
Manfaat lidah buaya untuk rambut mungkin belum Anda sadari sepenuhnya. Ya, produk kecantikan berbahan dasar lidah buaya yang sangat digemari ini memang dikenal bagus untuk kecantikan kulit. Memang, apa saja manfaat aloe vera untuk rambut?

Manfaat lidah buaya untuk rambut Anda

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memang sangat beragam. Kebaikan ini muncul berkat aloe vera yang mengandung banyak vitamin (vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc.Tak heran apabila banyak manfaat aloe vera untuk rambut yang juga bisa Anda dapatkan berkat kandungan tersebut. Mulai dari mengatasi rasa gatal, menguatkan helai rambut, hingga menambah kilauan rambut. Mari simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat lidah buaya untuk rambut di bawah ini. 

1. Mengurangi rasa gatal di kulit kepala

Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut adalah mengurangi rasa gatal di kulit kepala. Rasa gatal di area kulit kepala bisa diakibatkan oleh kondisi dermatitis seboroik atau yang lebih dikenal dengan ketombe. Dermatitis seboroik adalah suatu kondisi yang terjadi akibat kulit kepala meradang dan mengelupas. Akibatnya, muncullah ketombe.Peradangan tersebut bisa dikurangi dengan cara menggunakan lidah buaya untuk rambut. Sebuah studi lampau menemukan bahwa jenis tanaman ini memiliki kandungan asam lemak yang bersifat antiradang sehingga mampu membuat kondisi kulit kepala terasa lebih baik.

2. Memperbaiki rambut rusak

Manfaat lidah buaya untuk rambut adalah memperbaiki rambut rusak
Lidah buaya bisa mengatasi rambut rusak
Manfaat lidah buaya untuk rambut berikutnya adalah memperbaiki rambut rusak. Rambut rusak umumnya ditandai dengan dengan kondisi rambut yang kering, kasar, dan bercabang. Hal tersebut dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat, hingga terlalu sering menata rambut dengan alat styling rambut. Anda bisa merawat rambut rusak dengan mengoleskan lidah buaya. Kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi dalam lidah buaya diyakini dapat memperbaiki kerusakan rambut dan membuat rambut terasa lembap.

3. Mengatasi rambut berminyak

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah mengatasi rambut berminyak. Kondisi ini bisa muncul akibat produksi minyak berlebih di kulit kepala serta sisa-sisa produk perawatan rambut yang Anda gunakan. Dengan mengoleskan lidah buaya ke rambut, produksi minyak berlebih pada rambut dapat dikendalikan. Rambut pun menjadi lebih sehat dan lembut. Menarik, bukan?

4. Memperkuat helaian rambut

Memperkuat helaian rambut adalah salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut
Rambut jadi kuat dan sehat berkat lidah buaya
Memperkuat helaian rambut juga menjadi manfaat lidah buaya untuk rambut Anda. Kandungan vitamin A, C, E, B12, asam folat, dan kolin dalam lidah buaya berperan dalam menutrisi dan memperkuat sel-sel rambut. Selain membuat rambut tampak berkilau, helai-helainya pun jadi tidak mudah patah karenanya. 

5. Mengurangi kerontokan rambut

Bermasalah dengan rambut rontok? Anda bisa mengatasinya dengan mengandalkan manfaat lidah buaya untuk rambut.Kebaikan tersebut muncul berkat lidah buaya yang mengandung vitamin B12 dan asam folat. Kedua nutrisi tersebut berfungsi untuk mengurangi kerontokan rambut Anda. Selain itu, aloe vera juga mengandung vitamin A, C, dan E. Ketiga jenis vitamin ini berkontribusi untuk mempercepat regenerasi sel sekaligus menyehatkan sel-sel rambut. Kendati demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat lidah buaya untuk rambut ini. 

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang terkenal adalah merangsang tumbuhnya rambut agar lebih lebat. Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut dan kulit kepala dengan cara mengoleskannya bisa membuat aliran darah pada kulit kepala meningkat. Fungsi lidah buaya untuk rambut inilah yang dapat membantu dalam mempercepat pertumbuhan rambut. 

7. Membuat rambut tampak sehat berkilau

Rambut sehat berkilau jadi manfaat lidah buaya untuk rambut
Rambut sehat dan berkilau dambaan semua wanita
Di samping menutrisi rambut, manfaat lidah buaya untuk rambut juga dapat membantu mempertahankan kesehatan rambut Anda.Bukan cuma mimpi, memiliki rambut sehat dan berkilau kini bisa Anda dapatkan dengan mengoleskan aloe vera pada rambut secara rutin. Meski banyak orang yang mengklaim khasiat lidah buaya untuk rambut satu ini, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya. 

8. Mengatasi rambut kering

Mengatasi rambut kering juga menjadi manfaat lidah buaya untuk rambut. Hal ini karena aloe vera merupakan pelembap alami yang senantiasa membuat kulit kepala dan rambut menjadi lembap. 

9. Memperbaiki rambut bercabang

Mengatasi rambut kering jadi manfaat lidah buaya untuk rambut
Gunakan masker lidah buaya untuk rambut bercabang dengan rutin
Manfaat lidah buaya untuk rambut dipercaya mampu memperbaiki ujung rambut bercabang. Kandungan enzim proteolitik pada aloe vera dapat mengangkat sel-sel mati di kulit kepala sehingga mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

10. Menutrisi folikel rambut

Para peneliti mengemukakan bahwa manfaat lidah buaya untuk rambut adalah menutrisi rambut dengan cara meningkatkan sirkulasi darah serta oksigen dan nutrisi ke folikel rambut. 

Jenis rambut yang bisa memperoleh fungsi lidah buaya untuk rambut

Pada dasarnya, belum banyak hasil penelitian yang dapat membuktikan khasiat lidah buaya untuk setiap jenis rambut tertentu. Meski demikian, para ahli perawatan rambut merekomendasikan bahwa lidah buaya bisa digunakan oleh jenis rambut berminyak, rambut kering, rambut keriting, hingga rambut rusak sekalipun. Anda bisa mengoleskan lidah buaya untuk rambut sebagai kondisioner atau masker rambut guna mengetahui keefektifannya. Pastikan untuk membilas rambut setelah menggunakan lidah buaya untuk rambut.

Cara mendapatkan khasiat lidah buaya untuk rambut

Penting diketahui bahwa keefektifan manfaat lidah buaya untuk rambut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Bagi Anda yang ingin merasakan sejumlah khasiat lidah buaya untuk rambut di atas, tak ada salahnya untuk mencoba di rumah.
Anda bisa dapatkan manfaat lidah buaya untuk rambut langsung dari tanamannya
Anda bisa memperoleh gel lidah buaya langsung dari tanamannya
Anda bisa memperoleh khasiat lidah buaya untuk rambut yang berasal dari tanaman lidah buaya segar secara langsung atau menggunakan produk gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran. Bila Anda menggunakan produk gel lidah buaya, pastikan kandungan lidah buaya di dalamnya murni atau sebesar 100%. Anda bisa mengoleskannya dengan membaca aturan pakai pada kemasan. Sementara, bagi Anda yang ingin menerapkan cara menggunakan lidah buaya untuk rambut langsung dari tanamannya, lakukan langkah-langkah di bawah ini. 
  • Potong daun tanaman lidah buaya.
  • Kupas kulit aloe vera yang berwana hijau.
  • Gunakan sendok untuk mengambil gel bening dari dalam daun lidah buaya.
  • Oleskan pada kulit kepala dan helaian rambut secara merata. Anda bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa agar lebih mudah digunakan.
  • Diamkan selama sekitar satu jam. 
  • Setelah itu, keramas menggunakan air dan sampo seperti biasa. 
  • Ulangi cara ini sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu jika dibutuhkan. 

Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut

Setelah memperoleh lidah buaya yang berasal dari tanaman secara langsung atau produk gel aloe vera, kini Anda bisa membuat masker lidah buaya untuk rambut di rumah.Ada beberapa cara membuat masker lidah buaya untuk rambut yang bisa Anda coba, yaitu:

1. Sebagai leave in conditioner

manfaat lidah buaya untuk rambut bisa didapat sebagai kondisioner rambut
Oleskan lidah buaya langsung ke kulit kepala dan rambut secara merata
Salah satu cara memperoleh manfaat masker lidah buaya adalah dengan menggunakannya sebagai leave in conditioner. Cara ini dapat memperbaiki masalah rambut secara intens.Anda bisa mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut secara merata. Kemudian, mendiamkannya selama sekitar 1 jam. Setelah itu, cuci rambut menggunakan air dan sampo seperti biasa. 

2. Masker lidah buaya dan minyak kelapa

Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut bisa dicampurkan dengan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut adalah menghaluskan dan memperkuat rambut. Minyak kelapa juga dapat mengurangi masalah rambut kusut. Berikut adalah cara membuat masker lidah buaya dan minyak kelapa selengkapnya. 
  • Siapkan bahan berupa 2 sendok makan gel aloe vera dan 1 sendok makan virgin coconut oil (suhu ruangan). 
  • Dalam sebuah mangkuk, campur kedua bahan tersebut. Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. 
  • Oleskan masker rambut alami ini pada helaian rambut mulai dari bagian tengah menuju ujung rambut menggunakan jari-jari tangan yang sudah bersih. Anda bisa membagi rambut dalam beberapa bagian untuk memudahkan saat mengoleskannya. 
  • Kalau seluruh helaian rambut sudah diolesi masker lidah buaya, Anda bisa memijat kulit kepala secara perlahan. Jika ingin menggunakan masker lidah buaya untuk rambut berketombe, Anda bisa mengoleskan lidah buaya terlebih dahulu pada kulit kepala baru melanjutkannya ke helaian rambut. 
  • Apabila sudah selesai, sisir rambut Anda menggunakan sisir bergigi lebar. Ini bertujuan agar masker lidah buaya bisa terserap secara merata pada helaian rambut Anda. 
  • Tutupi rambut menggunakan shower cap. Kemudian, bungkus kepala dengan handuk bersih. Anda bisa menggunakan handuk yang dibasahi air hangat guna mendapatkan efek melembapkan.
  • Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam. 
  • Bilas rambut menggunakan air dan sampo sampai bersih. 
  • Lakukan masker rambut untuk lidah buaya ini seminggu sekali secara rutin. 

3. Masker lidah buaya dan cuka apel

Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut yang dicampur dengan bahan alami lainnya bisa membuat manfaat lidah buaya untuk rambut terasa maksimal. Anda bisa mencampurkan masker lidah buaya dan cuka apel. Ini bertujuan untuk mengatasi rasa gatal pada kulit kepala hingga menyingkirkan ketombe secara alami.  Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini. 
  • Anda bisa menyiapkan 4 sendok makan gel aloe vera, 2 sendok teh cuka apel, dan 1 sendok teh madu. Madu dapat melembapkan dan menghaluskan rambut. 
  • Setelah semua bahan dicampur dan diaduk sampai merata, oleskan pada kulit kepala Anda. 
  • Diamkan selama 20 menit, lalu cuci rambut seperti biasa.
  • Gunakan masker lidah buaya untuk rambut ini secara rutin setiap minggu.

4. Masker lidah buaya dan yogurt

Anda juga bisa membuat masker lidah buaya untuk rambut yang dicampur dengan yogurt tanpa rasa atau Greek yogurt. Sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa kandungan probiotik pada yogurt dapat membantu mengatasi ketombe secara alami
  • Siapkan 2 sendok makan yogurt tanpa rasa, 2 sendok makan gel aloe vera, dan 2 sendok teh madu, bila mau. 
  • Campurkan seluruh bahan alami tersebut, aduk sampai merata. 
  • Oleskan pada kulit kepala dan helaian rambut. 
  • Diamkan masker lidah buaya untuk rambut ini selama 20-30 menit.
  • Cuci rambut seperti biasa.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan seminggu sekali secara rutin. 

Cara menggunakan lidah buaya untuk rambut dengan aman

Manfaat lidah buaya untuk rambut memang bisa Anda dapatkan. Akan tetapi, penting untuk mengetahui cara menggunakan lidah buaya untuk rambut dengan aman. Apabila ragu-ragu, Anda bisa coba mengecek apakah kulit Anda memiliki alergi terhadap aloe vera atau tidak terlebih dulu. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya ke punggung tangan dan menunggu reaksinya selama dua jam.Bila tidak ada reaksi apa-apa pada kulit yang diolesi lidah buaya, ini berarti Anda aman untuk menggunakannya. 
Manfaat lidah buaya untuk rambut harus digunakan dengan aman
Oleskan lidah buaya sedikit pada area kulit siku untuk mengetahui reaksi alergi
Namun, jika ada reaksi alergi (seperti kemerahan, gatal, dan perih), segera hentikan penggunaan dan basuh  hingga bersih.Untuk lebih amannya, Anda sebaiknya tetap berhati-hati sebelum menggunakan produk apa pun, termasuk lidah buaya. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakannya. Dokter kulit bisa membantu Anda dalam menentukan apakah Anda cocok menggunakan aloe vera atau tidak. Dengan begitu, manfaat lidah buaya untuk rambut bisa Anda dapatkan secara aman dan optimal.Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat aloe vera untuk rambutPastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
ketombedermatitis seboroikherballidah buayarambut kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-hair#risks
Diakses pada 25 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319114.php
Diakses pada 25 September 2019
Wageningen Academic Publishers. https://www.wageningenacademic.com/doi/10.3920/BM2016.0144
Diakses pada 23 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-hair-mask#recipe-variations
Diakses pada 23 November 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/233818204_Medicinal_and_cosmetological_importance_of_Aloe_vera
Diakes pada 23 November 2020
Journal of Dermatological Treatment. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.3109/09546639909055904
Diakses pada 23 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait