5 Manfaat Lidah Buaya untuk Pria yang Melimpah

(0)
01 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak manfaat lidah buaya untuk priaManfaat lidah buaya berasal dari gel di dalamnya
Lidah buaya (aloe barbadensis) atau aloe vera merupakan salah satu tanaman yang telah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Di dalam daun lidah buaya terdapat jaringan tebal berlendir yang disebut dengan gel lidah buaya. Bagian inilah yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.Lidah buaya mengandung aloin, yakni senyawa yang memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan dan menyembuhkan luka lebih cepat. Selain aloin, lidah buaya juga memiliki lebih dari 75 nutrisi berbeda, seperti asam amino, vitamin, asam salisilat, senyawa fenolik, gula, enzim, mineral, dan lain sebagainya, yang sangat menguntungkan bagi kesehatan.Selama ini, lidah buaya identik dengan produk kosmetik wanita. Padahal, ada banyak manfaat lidah buaya untuk pria, mulai dari mengatasi iritasi kulit karena bercukur hingga kemampuannya meningkatkan performa seksual pria.

Manfaat lidah buaya untuk pria

Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk pria yang perlu Anda ketahui.

1. Meringankan iritasi kulit setelah bercukur

Bercukur sudah menjadi kegiatan rutin banyak pria. Akan tetapi, kadang iritasi kulit dapat terjadi dalam proses bercukur ini.Kandungan aloin, yakni senyawa dalam gel lidah buaya, dapat berfungsi untuk menenangkan dan meredakan iritasi kulit akibat bercukur, mencegah kemerahan, dan juga menjaga kulit wajah tetap terhidrasi.Oleh karena itu, tidak ada salahnya selalu menyiapkan gel lidah buaya sebagai perawatan aftershave bersama peralatan bercukur lainnya.

2. Mengatasi jerawat

Sering kali kesibukan dan aktivitas di luar membuat wajah pria rentan terkena debu, polusi, dan kotoran lain yang menyebabkan pori-pori wajah tersumbat dan berjerawat.Kandungan senyawa antiseptik pada lidah buaya dapat membantu melindungi kulit dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan peradangan, contohnya seperti jerawat.Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan senyawa glycoprotein yang dapat mengurangi kemerahan dan peradangan. Kombinasi kedua senyawa pada lidah buaya tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi jerawat dengan cepat.

3. Pengobatan topikal (oles) untuk luka

Tidak jarang pria mengalami luka bakar, teriris, atau jenis luka terbuka lain dalam kesehariannya. Salah satu manfaat lidah buaya untuk pria adalah kemampuannya dalam menyembuhkan luka-luka tersebut.Selain menghilangkan rasa sakit, manfaat tambahan juga didapatkan dari sifat antiradang dan antibakteri sehingga dapat membersihkan kulit dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada luka terbuka.

4. Menyuburkan Rambut

Masalah rambut rontok tidak hanya dialami oleh wanita. Tidak jarang pria juga dipusingkan dengan masalah yang sama.Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang berperan dalam proses regenerasi dan meningkatkan pertumbuhan folikel rambut yang sehat. Selain itu, vitamin B12 dan asam folat pada lidah buaya dapat mencegah kerontokan rambut.Kemampuan lidah buaya untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala dapat membuat kerontokan rambut semakin lambat, rambut lebih subur, dan lebih sehat.Banyak juga klaim yang menyatakan bahwa lidah buaya mampu membuat rambut tumbuh lebih cepat. Namun, hingga saat ini, belum ada penelitian yang mengakui atau membantah terkait klaim tersebut.

5. Meningkatkan performa seksual pria

Kandungan kreatin fosfat yang tinggi pada lidah buaya dapat mengaktifkan kembali berbagai sensor pada organ vital pria sehingga meningkatkan sensitivitas dan fungsi organ seksual. Bukan saja meningkatkan dorongan seksual (libido), lidah buaya juga dapat meningkatkan daya tahan seksual.Penggunaan topikal gel lidah buaya dapat meningkatkan sensitivitas organ seksual. Kemampuan lidah buaya untuk meningkatkan aliran darah pada area tertentu, juga bisa memperkuat ereksi. Sementara itu, konsumsi lidah buaya dalam bentuk suplemen mampu menaikkan libido lebih cepat dari biasanya.

Efek samping penggunaan lidah buaya

Banyaknya manfaat dari lidah buaya bukan berarti tanpa diiringi efek samping. Beberapa orang dapat memiliki alergi pada lidah buaya.Selain itu, lidah buaya memiliki efek laksatif (pencahar) sehingga dapat mengakibatkan kram perut dan diare jika dikonsumsi. Apalagi jika Anda memiliki pencernaan yang sensitif terhadap lidah buaya atau mengonsumsi tanaman ini secara sembarangan.Sementara untuk penggunaan topikal, lidah buaya tidak boleh digunakan bersamaan dengan krim hidrokortison karena dapat meningkatkan penyerapan hidrokortison yang bisa berbahaya bagi kulit.
lidah buaya
Medical News Today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/318591
Diakses 19 Agustus 2020
Healthline
https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-hair#benefits-for-hair
Diakses 19 Agustus 2020
Galobosurfer
https://www.globosurfer.com/aloe-vera-benefits-for-men/
Diakses 19 Agustus 2020
Mind Body Green
https://www.mindbodygreen.com/0-7654/the-benefits-of-using-aloe-vera-for-skin-care-and-more.html
Diakses 19 Agustus 2020
Misters
https://misters.in/en/blog/how-Aloe-Vera-can-boost-sexual-performance
Diakses 19 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait