12 Manfaat Lidah Buaya untuk Penyakit, Wajib Dicoba

Manfaat lidah buaya untuk penyakit, antara lain mencegah kanker payudara.
Manfaat lidah buaya untuk penyakit, bisa Anda rasakan jika menggunakannya sebagai perawatan pendamping.

Ada begitu banyak manfaat lidah buaya untuk penyakit. Kandungan nutrisi lidah buaya yang kaya seperti antioksidan vitamin A, B12, C, E, asam folat dan kolin berfungsi meremajakan kulit hingga melawan peradangan.

Manfaat lidah buaya untuk penyakit

Selain kaya antioksidan, lidah buaya juga mengandung senyawa antiradang, antiseptik, antibakteri dan 8 enzim yang bermanfaat bagi kesehatan. Seperti apa?

1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat lidah buaya untuk penyakit yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan karbohidrat kompleks dan antioksidan vitamin E pada lidah buaya, efektif untuk melembapkan wajah dan menjaga kesehatan kulit.

Getah lidah buaya juga dapat meningkatkan kekenyalan kulit secara alami. Selain itu, lidah buaya juga berfungsi menghilangkan rasa gatal pada kulit akibat penyakit eksim, serta mengobati risiko penyakit kulit lainnya seperti psoriasis, dermatitis, serta mencegah tanda-tanda penuaan dini.

2. Menyembuhkan iritasi

Karbohidrat kompleks di dalam lidah buaya juga berfungsi meredakan nyeri akibat luka. Senyawa antiseptik ini berfungsi meningkatkan kolagen dan menyembuhkan luka dengan cepat.

Tak hanya itu, lidah buaya juga mengandung senyawa antibakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab iritasi. Tanaman hijau kaya manfaat ini juga berfungsi untuk mengobati luka bakar.

3. Menurunkan kadar gula darah

Salah satu manfaat lidah buaya untuk penyakit adalah
menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Sebuah riset mengungkapkan, kebiasaan rutin mengonsumsi ekstrak lidah buaya 2 sendok per hari efektif menurunkan kadar gula darah penyebab diabetes. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat lidah buaya sebagai penurun kadar gula darah.

4. Mengatasi sembelit

Manfaat lidah buaya untuk penyakit lainnya yaitu untuk meredakan sembelit. Kandungan senyawa aloin dan barbaloin pada lidah buaya efektif sebagai obat pencahar untuk mengatasi sembelit.

Selain mengatasi sembelit, ekstrak lidah buaya juga berfungsi mengatasi gangguan pencernaan seperti gastroesophageal reflux disease (GERD).

Meski demikian, lidah buaya tidak dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan lainnya seperti kolitis dan wasir. Sebab, lidah buaya justru dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan kram perut serta diare.

5. Menjaga kesehatan mulut

Sebuah riset mengungkapkan kandungan vitamin C pada ekstrak lidah buaya berfungsi sebagai obat kumur alami untuk mengatasi peradangan pada gusi dan menjaga kesehatan mulut.

Ekstrak lidah buaya mengandung antivirus dan antiperadangan yang dapat mempercepat penyembuhan sariawan.

6. Sebagai perawatan pendamping kanker payudara

Kandungan antioksidan dalam lidah buaya berfungsi melawan sel radikal bebas penyebab kanker. Selain antioksidan, sebuah studi mengungkapkan, kandungan senyawa aloe emodin pada lidah buaya berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker penyebab kanker payudara. Meski demikian, dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

7. Mengobati radang

Kandungan senyawa eikosanoid dan interleukin-8 pada lidah buaya berperan sebagai obat antiradang alami untuk mengatasi gangguan kesehatan, akibat peradangan di organ dalam maupun luar tubuh.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan bradikinase dan zink pada lidah buaya berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

9. Mencegah stroke dan penyakit jantung

Keberadaan antioksidan vitamin C pada lidah buaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah penyebab penyakit jantung

Untuk memperoleh khasiat lidah buaya sebagai pencegah penyakit jantung, Anda dapat mengonsumsi 300 mg kapsul lidah buaya 2 kali sehari selama 2 bulan. Konsumsi kapsul herbal ini tentu harus melalui izin dokter terlebih dahulu, ya!

10. Menjaga kesehatan mata

Bukan hanya wortel yang memiliki vitamin A. Lidah buaya juga mengandung vitamin jenis ini. Oleh karena itu, mengonsumsi lidah buaya yang sudah diolah, dipercaya mampu menjaga kesehatan mata.

11. Menyehatkan rambut

Kandungan nutrisi pada lidah buaya yang bersifat antibakteri dan antijamur berfungsi untuk mencegah rambut kering, gatal-gatal di kepala, dan membersihkan sel kulit mati di kepala penyebab ketombe.

Untuk memperoleh khasiatnya, Anda dapat mengoleskan 1 sendok teh gel lidah buaya secara rutin di rambut dan kepala.

12. Menjaga kesehatan tulang dan sendi

Selain itu, kandungan antiradang pada lidah buaya juga mampu menjaga kesehatan tulang dan sendi, serta mencegah gangguan kesehatan seperti rematik dan arthritis.

Catatan dari SehatQ:

Untuk kondisi seperti stroke, penyakit jantung, maupun kanker payudara, jangan gunakan lidah buaya sebagai pengobatan utama. Gunakanlah sebagai perawatan pendamping. Selain itu, sebaiknya Anda selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memanfaatkan lidah buaya untuk meredakan penyakit-penyakit tersebut.

Healthline.
https://www.healthline.com/health/7-amazing-uses-aloe-vera#digestion
Diakses pada 16 Maret 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/how-to-use-aloe-vera-plant#uses
Diakses pada 16 Maret 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face
Diakses pada 16 Maret 2020

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/318591#reduces-dental-plaque
Diakses pada 16 Maret 2020

NCBI.
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14987320
Diakses pada 16 Maret 2020

Draxe.
https://draxe.com/nutrition/aloe-vera-benefits/
Diakses pada 16 Maret 2020

Emedi Health.
https://www.emedihealth.com/aloe-vera-benefits.html
Diakses pada 16 Maret 2020

Artikel Terkait