Manfaat Lidah Buaya untuk Luka Bakar dan Jerawat yang Perlu Anda Ketahui


Lidah buaya mengandung zat glikoprotein dan polisakarida yang bermanfaat dalam penyembuhan luka. Anda bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk luka bakar ringan atau luka jerawat dengan cara mengoleskan gelnya.

0,0
26 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat lidah buaya untuk luka adalah meredakan luka bakar ringanLidah buaya berkhasiat untuk mengobati luka bakar ringan dan jerawat
Penggunaan lidah buaya untuk luka telah dimanfaatkan sejak ribuan tahun lalu, khususnya untuk luka bakar dan iritasi kulit. Bagian lidah buaya yang digunakan untuk pengobatan luka adalah gelnya, yaitu cairan kental yang bisa Anda temukan saat mengiris atau memotong tanaman ini.Gel lidah buaya mengandung senyawa aktif yang berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan, membunuh bakteri, merangsang pertumbuhan dan perbaikan kulit, serta sebagai agen pelembap.Sifat-sifat inilah yang membuat penggunaan lidah buaya untuk luka bakar atau jenis luka lainnya dianggap efektif.

Kandungan lidah buaya yang bermanfaat untuk luka

Meskipun 99 persen kandungan lidah buaya terdiri dari air, gel lidah buaya mengandung zat bernama glikoprotein dan polisakarida.Glikoprotein dapat mempercepat proses penyembuhan dengan menghentikan rasa sakit dan peradangan, sedangkan polisakarida memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan dan perbaikan kulit. Kedua zat ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda.Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya sendiri di rumah, Anda dapat menggunakannya sebagai pertolongan pertama mengobati luka bakar ringan atau menghilangkan luka bekas jerawat.

Manfaat lidah buaya untuk luka bakar dan jerawat

Penggunaan lidah buaya untuk luka bakar adalah salah satu manfaatnya yang paling populer. Baik karena api, terbakar matahari atau tersiram air panas. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat mengatasi iritasi dan peradangan kulit, termasuk jerawat.

1. Menyembuhkan luka bakar

Dilansir dari studi yang dirilis oleh Iranian Journal of Medical Science, gel lidah buaya dapat bermanfaat untuk penyembuhan luka bakar ringan derajat pertama dan kedua.Penggunaan lidah buaya untuk luka tersiram air panas dan luka bakar ringan dapat dilakukan dengan mengoleskan gelnya beberapa kali sehari ke area yang terdampak.Selain itu, penggunaan lidah buaya dengan cara dioles ke kulit juga dapat mencegah munculnya ulkus dan mempercepat proses penyembuhan jenis-jenis luka kulit, seperti luka bakar, frostbite, infeksi kulit, luka bekas operasi, ulkus herpes, ulkus kaki diabetik, hingga luka kronis.Berikut adalah cara menggunakan lidah buaya untuk luka bakar yang bisa Anda praktikkan di rumah.
  • Pilihlah tanaman lidah buaya yang telah berusia tua (beberapa tahun) karena memiliki konsentrasi senyawa aktif yang lebih tinggi.
  • Ambil 3-4 daun paling tebal dan sehat di bagian luar tanaman sekaligus.
  • Potong dekat dengan bagian batang dan hindari akarnya.
  • Cuci lidah buaya terlebih dahulu, lalu keringkan daunnya.
  • Potong bagian ujung yang berduri dengan pisau, lalu pisahkan gel di bagian dalam dengan bagian luar daunnya.
  • Potong gel lidah buaya untuk luka menjadi irisan atau kubus untuk digunakan.
  • Anda juga dapat memblender gel lidah buaya lalu disaring untuk mendapatkan gel lidah buaya yang lebih halus.
Cara di atas dapat membantu mengobati luka bakar ringan. Akan tetapi, jika Anda mengalami luka bakar atau luka terbuka yang cukup parah, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke rumah sakit terdekat.

2. Mengurangi bekas jerawat

Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengurangi bekas jerawat. Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk luka jerawat yang bisa Anda nikmati.
  • Meningkatkan respons imun tubuh terhadap peradangan dan mengurangi tampilan parut pada jerawat.
  • Merangsang produksi serat kolagen dan elastin untuk memperbaiki area bekas luka.
  • Mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan jaringan parut pada jerawat.
Sebelum menggunakan lidah buaya, bersihkan terlebih dahulu area yang sakit dengan pembersih lembut dan air hangat. Setelah itu, oleskan gel atau krim lidah buaya ke area kulit yang bermasalah dan oleskan sedikit juga di area sekelilingnya. 

Manfaat lidah buaya lainnya

Lidah buaya punya banyak manfaat
Lidah buaya kaya akan manfaat kesehatan
Selain manfaat lidah buaya untuk luka bakar dan luka jerawat, ada sejumlah manfaat lainnya dari lidah buaya yang bisa Anda dapatkan.
  • Mengobati sariawan. Walaupun tidak lebih efektif dari kortikosteroid, penggunaan lidah buaya untuk luka sariawan dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi sakit.
  • Mengurangi plak gigi. Obat kumur yang mengandung lidah buaya terbukti efektif dalam mengurangi plak saat digunakan secara teratur selama 30 hari.
  • Mengobati fisura anus (luka atau robekan kecil pada anus). Penggunaan lidah buaya untuk luka fisura anus kronis dapat membantu meredakan nyeri, mengurangi perdarahan, serta membantu penyembuhan luka.
  • Menyehatkan rambut. Penggunaan lidah buaya pada kulit kepala juga dapat membantu menyehatkan rambut yang rusak dan kering.
  • Melembapkan dan menyehatkan kulit. Gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk melembapkan dan menjaga kulit wajah tetap sehat berseri.
Selain memanfaatkan lidah buaya untuk luka secara topikal, tanaman ini juga memiliki potensi lain saat digunakan secara oral (minum, seperti menjaga kadar gula darah, menyembuhkan sembelit, hingga menyehatkan pencernaan.Meskipun demikian, penggunaan lidah buaya secara oral harus digunakan dengan hati-hati karena berpotensi memicu efek samping.Reaksi alergi juga perlu diperhatikan sebelum menggunakan lidah buaya. Ibu hamil, menyusui, dan anak-anak usia <12 tahun tidak disarankan menggunakan lidah buaya untuk pengobatan secara oral.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
jerawatluka bakarlidah buaya
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-use-aloe-vera-plan
Diakses 15 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-acne-scars
Diakses 15 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-burns#TOC_TITLE_HDR_1
Diakses 15 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-use-aloe-vera
Diakses 15 September 2021
Mount Sinai. https://www.mountsinai.org/health-library/herb/aloe
Diakses 15 September 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6330525/
Diakses 15 September 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24763890/
Diakses 15 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait