Segudang Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

Dapatkan manfaat lidah buaya dengan mengonsumsinya maupun mengoleskannya ke kulit
Manfaat lidah buaya sangat beragam mulai dari mencegah diabetes hingga menghilangkan jerawat

Akhir-akhir ini, Anda mungkin sudah sering melihat produk kecantikan yang mengandung lidah buaya, sebagai produk andalan berbagai merek asal Korea Selatan. Manfaat lidah buaya untuk kulit memang sudah banyak diketahui. Salah satunya sebagai pelembap.

Namun, manfaat lidah buaya tidak berhenti hanya sampai di situ. Tanaman yang tajam ini juga ternyata memiliki segudang manfaat lain untuk kesehatan, mulai dari mengontrol gula darah hingga meredakan sariawan.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan ternyata sangat beragam. Tanaman ini dipercaya dapat membantu meredakan berbagai gangguan kesehatan. Namun perlu diingat, penggunaan lidah buaya bukanlah pengganti pengobatan dari dokter.

Lidah buaya dapat memiliki kandungan laksatif sehingga bisa melancarkan pencernaan

1. Membantu melancarkan pencernaan

Anda bisa menjadikan lidah buaya sebagai jus, untuk membantu melancarkan pencernaan. Sebab, bagian luar lidah buaya, mengandung antrakuinon yang memiliki efek pencahar.

Meski demikian, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak, serta tetap berhati-hati saat membersihkan dan mengolahnya.

2. Membantu penyembuhan luka bakar

Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat oles pada luka bakar derajat satu dan derajat dua. Penyembuhan luka bakar yang perawatannya menggunakan lidah buaya, dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan.

3. Menjaga kesehatan rongga mulut

Pasta gigi dan obat kumur yang mengandung lidah buaya dapat membantu mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Selain itu, penggunaan produk kebersihan rongga mulut yang mengandung lidah buaya, juga dapat mencegah infeksi jamur di rongga mulut, serta radang gusi.

4. Mengatasi gejala GERD

Lidah buaya juga berpotensi membantu meredakan gejala GERD seperti mual, sendawa, serta nyeri ulu hati. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi lidah buaya secara berlebihan, dan tetap berhati-hati terhadap efek yang mungkin ditimbulkannya.

5. Membantu menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jus lidah buaya sebanyak dua sendok makan setiap hari selama dua minggu, dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.

Penelitian yang sama juga menyebutkan bahwa dengan pola konsumsi yang sama, kadar trigliserida dalam darah dapat diturunkan.

6. Sebagai sumber vitamin C

Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin ini baik untuk kesehatan karena dapat berperan sebagai antioksidan dan membantu melawan inflamasi atau peradangan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan antibakteri di lidah buaya dapat mengurangi radang di gusi

7. Mengurangi peradangan di gusi

Jus lidah buaya dipercaya membantu meredakan peradangan yang terjadi di gusi. Manfaat lidah buaya yang satu ini didapatkan dari kandungan antimikroba dan antibakteri di dalamnya.

8. Mencegah terbentuknya ulkus di lambung

Kandungan vitamin C dan antiradang dalam lidah buaya, membantu mencegah terbentuknya ulkus atau perlukaan di lambung. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus.

9. Meredakan sariawan

Mengoleskan lidah buaya pada sariawan, dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhannya. Namun, lidah buaya tidak lebih efektif dari obat sariawan yang bisa Anda dapatkan di apotek.

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Anda mungkin sudah sering mendengar informasi tentang beragam manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan lidah buaya, maupun produk kecantikan dengan kandungan lidah buaya.

Lidah buaya bisa mengobati jerawat yang meradang

1. Mengobati jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya yang juga sudah banyak diketahui adalah mengobati jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengatasi jerawat yang meradang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat, sebanyak tiga kali sehari menggunakan cotton bud.

2. Melembapkan kulit

Gel lidah buaya dapat diserap dengan mudah oleh kulit, sehingga baik untuk kulit yang berminyak. Namun, ternyata tanaman ini juga baik untuk kulit kering. Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai pelembap, setelah mandi.

3. Mencegah keriput

Sebuah penelitian menyebutkan, lidah buaya dapat membantu memperlambat penuaan kulit. Pada penelitian tersebut, lidah buaya terbukti meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.

Iritasi kulit bisa menyebabkan kulit kering dan merah

4. Mengatasi iritasi kulit

Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan rosacea, bisa membuat kulit menjadi kering dan teriritasi. Kandungan asam lemak dan enzim bradikinin pada lidah buaya, dapat membantu melembapkan kulit akibat penyakit-penyakit tersebut.

5. Sebagai krim cukur alami

Manfaat lain dari lidah buaya yang bisa Anda rasakan adalah sebagai krim cukur alami. Tanaman ini sekaligus dapat berperan sebagai pelembap kulit. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk kulit.

6. Pembersih make up alami

Karena teksturnya yang lembut dan konsistensinya serupa gel, lidah buaya dapat digunakan sebagai pembersih make up alami. Gunakan bagian daging lidah buaya dan bersihkan, lalu haluskan.

Dengan handuk yang berbahan lembut, oleskan gel lidah buaya ke wajah untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit. Namun perlu diingat, bahwa ada sebagian orang sensitif terhadap lidah buaya. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakannya.

Perhatikan juga risiko penggunaan lidah buaya

Meski manfaat lidah buaya sangatlah beragam, tapi penggunaannya dalam jangka panjang ternyata tidak disarankan. Pasalnya, lidah buaya mengandung aloin, yaitu suatu zat yang dapat memicu terjadinya kanker kolon atau usus besar.

Pada lidah buaya, aloin ditemukan di lapisan antara daun serta daging bagian dalamnya.

Saat ini, produk berbahan lidah buaya sudah menghilangkan kandungan tersebut. Namun, sebaiknya Anda tetap waspada dan memeriksa informasi kandungan pada label produk.

Selain itu, perhatikan juga risiko penggunaan lidah buaya yang bisa timbul, seperti:

• Efek samping

Lidah buaya yang digunakan dalam bentuk losion, krim, atau gel, bisa menyebabkan iritasi kulit pada beberapa orang. Selain itu, lidah buaya yang diminum atau dimakan dalam bentuk obat maupun asupan harian, bisa memberikan efek pencahar, membuat perut menjadi kram dan mengakibatkan diare.

• Risiko lain

Jangan mengoleskan lidah buaya pada luka yang dalam di kulit atau pada luka bakar yang parah. Lidah buaya juga bisa menimbulkan alergi, terutama pada orang yang juga memiliki alergi terhadap bawang putih dan bawang bombay.

Konsumsi lidah buaya dalam bentuk suplemen, obat, atau asupan harian dalam dosis tinggi adalah hal yang berbahaya. Jangan mengonsumsi lidah buaya apabila Anda menderita gangguan pencernaan, penyakit jantung, diabetes, atau penyakit ginjal.

• Interaksi dengan bahan lain

Jika menjalani pengobatan untuk penyakit tertentu secara rutin, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum Anda mengonsumsi suplemen lidah buaya. Hal ini dilakukan untuk menghindari timbulnya interaksi obat yang tidak diinginkan.

Suplemen lidah buaya dapat berinteraksi dengan obat jantung, steroid, obat diabetes, hingga obat pencahar.

Manfaat lidah buaya yang sedugang memang membuatnya menarik untuk digunakan. Meski begitu, perhatikan juga risiko dan efek samping yang mungkin timbul seperti di atas. Gunakan secukupnya saja, dan jangan menggunakan lidah buaya sebagai satu-satunya perawatan untuk penyakit yang Anda alami.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/aloe-vera-benefits-risks-uses-more/#otheruses
Diakses pada 3 September 2019

Medical News Today. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/aloe-vera-benefits-risks-uses-more/#otheruses
Diakses pada 3 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318591.php
Diakses pada 3 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/aloe-vera-for-face
Diakses pada 3 September 2019

Health. https://www.health.com/beauty/aloe-vera-benefits
Diakses pada 3 September 2019

WebMD. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-aloe-vera#2
Diakses pada 3 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed