6 Manfaat Lendir Siput untuk Wajah, Bikin Kulit Kenyal dan Bebas Kerutan


Manfaat lendir siput dalam produk perawatan kulit memang sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Fungsi lendir siput dalam produk skincare adalah melembapkan kulit, mencegah kerutan, sampai menenangkan jerawat.

(0)
Manfaat lendir siput adalah mencerahkan kulit wajahProduk skincare mengandung lendir siput bisa ditemukan dalam masker wajah
Manfaat lendir siput memang telah digunakan sejak zaman dahulu. Namun, kini semakin marak produk perawatan kulit atau skincare yang menggunakan bahan lendir siput di dalamnya. Lantas, apa manfaat lendir siput untuk wajah?Lendir siput atau Helix aspersa muller glycoconjugates dan susu asam telah digunakan oleh Hippocrates untuk mengobati peradangan pada kulit.Di Italia Selatan, lendir siput telah digunakan berabad-abad silam untuk mengurangi masalah kutil, kapalan, dan jerawat.Pada beberapa tahun belakangan, lendir siput telah dimasukkan dalam produk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit.

Apa manfaat lendir siput untuk wajah?

Menurut Dr. Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis dalam Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai New York, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa lendir siput kaya akan hyaluronic acid humektan.Di samping itu, lendir siput diyakini mengandung antioksidan tinggi yang mampu menenangkan peradangan di kulit sekaligus meningkatkan produksi kolagen.Lendir siput juga mengandung sejumlah bahan aktif yang baik untuk kulit, seperti hyaluronic acid, glycolic acid, copper peptida, vitamin A dan E, serta glikoprotein.Nah, untuk mengetahui ulasan selengkapnya, berikut adalah manfaat lendir siput dalam produk perawatan kulit wajah.

1. Melembapkan kulit

Manfaat lendir siput adalah kulit jadi lembap
Lendir siput dipercaya dapat melembapkan kulit wajah
Salah satu manfaat lendir siput adalah melembapkan kulit.Lendir siput dipercaya memiliki kandungan pelembap yang bekerja dengan memperbaiki fungsi lapisan kulit sekaligus mengunci kelembapannya.Fungsi lendir siput satu ini juga berasal dari kandungan tinggi hyaluronic acid yang dapat menghidrasi kulit.

2. Mencegah penuaan dini

Manfaat lendir siput berikutnya adalah mencegah penuaan dini.Lendir siput mengandung bahan aktif yang baik untuk memperbaiki kulit, termasuk memicu pertumbuhan sel kulit serta meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit.Hal tersebut yang membuat tanda-tanda penuaan pada kulit akan berkurang dan digantikan dengan kulit yang tampak lebih muda.Fungsi lendir siput ini juga tak terlepas dari kandungan asam glikolat, yang merupakan zat penguat kolagen lain, serta copper peptida.

3. Mencerahkan kulit

Mencerahkan wajah jadi manfaat lendir siput
Kulit jadi cerah berkat kandungan asam glikolat lendir siput
Tak hanya mengurangi tanda-tanda penuaan, lendir siput berfungsi untuk mencerahkan kulit.Manfaat lendir siput ini berasal dari kandungan glycolic acid yang dapat membuat wajah Anda tampak lebih cerah bercahaya.

4. Membuat kulit lebih kenyal

Ilmuwan Korea Selatan melalui penelitian yang dilakukan berhasil menemukan bahwa manfaat lendir siput juga dapat membuat kulit lebih kenyal.Fungsi lendir siput ini berasal dari kandungan hyaluronic acid yang tak hanya melembapkan kulit, melainkan juga menjaga kekenyalan kulit.Selain itu, ketika produksi kolagen dalam kulit meningkat, maka elastisitas kulit akan terjaga sehingga kulit bisa terasa lebih kenyal.

5. Meredakan jerawat

Meredakan jerawat juga menjadi manfaat lendir siput
Lendir siput mengandung antiradang yang bisa meredakan jerawat
Tahukah Anda kalau manfaat lendir siput diklaim dapat meredakan masalah jerawat?Hal ini karena lendir siput mengandung zinc yang merupakan zat antiradang, serta kandungan antimikroba yang dapat menyembuhkan jerawat, bahkan rosacea. Menarik, bukan?

6. Menenangkan kulit yang iritasi

Manfaat lendir siput untuk kulit wajah lainnya adalah menenangkan kulit iritasi.Salah satu kandungan lain yang terdapat dalam sekresi siput adalah allantoin.Allantoin diyakini berkhasiat dalam menenangkan kulit yang iritasi, serta menghaluskan kulit dan merangsang regenerasi sel kulit baru.

Apakah fungsi lendir siput benar-benar efektif untuk wajah?

Meski ada berbagai fungsi lendir siput untuk kulit, perlu diketahui bahwa beberapa di antaranya mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keefektifannya.Hal ini karena belum adanya uji klinis terkontrol atau penelitian jangka panjang berkelanjutan sehingga fungsi lendir siput masih memerlukan penelitian lebih lanjut di kemudian hari.Bahkan, seorang dermatolog di New York berpendapat bahwa tingkat konsentrasi bahan aktif yang terkandung dalam lendir tidak cukup tinggi atau tidak bisa diserap cukup dalam oleh kulit untuk bisa memberikan efek positif.Seorang ahli kimia dan kepala peneliti dari konsultan kosmetik mengatakan bahwa sulit bagi para peneliti untuk mengontrol kadar potensi lendir siput karena setiap varietasnya berbeda, sehingga akan memproduksi lendir yang berbeda pula.Walaupun ada berbagai klaim manfaat lendir siput dari kandungan bahan aktif di dalamnya, ia berpendapat bahwa komponen aktif ini bisa berbeda tergantung dari sumbernya.Di samping itu, dermatolog di California Pacific Medical Center mengungkapkan bahwa lendir siput tidak secara konsisten terkonsentrasi sehingga manfaat yang didapat tergantung dari banyaknya produksi sekresi.“Proses produksi lendir tak terjadi begitu saja, sehingga formulasi lendir tak akan sama (antar produk)," katanya.Ia menambahkan kandungan bahan aktif penting dari lendir siput, seperti asam hialuronat, asam glikolat, enzim glikoprotein, dan peptida, bisa ditemukan juga dalam produk kosmetik yang tidak berbahan dasar lendir siput.Sejumlah ahli berkesimpulan, walaupun ada berbagai fungsi lendir siput terhadap perbaikan kulit, tetapi studi yang ada masih tergolong kecil dan belum terjamin legitimasinya, sehingga perlu dilakukan penelitian yang lebih baik.

Bagaimana cara menggunakan produk skincare mengandung lendir siput?

Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan manfaat lendir siput, bagi Anda yang ingin menggunakan produk skincare berbahan dasar alami ini boleh-boleh saja dilakukan.Adapun kandungan lendir siput dapat ditemukan dalam sejumlah produk perawatan kulit, seperti serum wajah, essence, masker wajah, hingga krim wajah.Prinsipnya, sama seperti saat Anda mencoba produk skincare baru. Gunakan dalam jumlah sedikit pada area kulit tertentu untuk mengecek reaksi alergi.Selain itu, cara menggunakan skincare mengandung lendir siput harus disesuaikan dengan masalah kulit wajah yang ingin Anda tangani.
Manfaat lendir siput yang maksimal bisa ditemukan dalam produk krim wajah
Kadar lendir siput dalam krim wajah lebih tinggi
Jika ingin mencari produk perawatan kulit mengandung lendir siput yang efektif, pilihlah produk yang formulanya dikombinasikan dengan kandungan bahan aktif lain.Sebut saja antioksidan, retinol, vitamin C, glycolic acid, dan lainnya.Serum dan krim wajah biasanya memiliki kandungan lendir siput yang lebih sedikit.Namun, ada beberapa serum wajah yang mengandung kadar serum lebih tinggi.Biasanya produk tersebut dapat ditemukan pada serum wajah yang berfungsi untuk antipenuaan.Bila Anda mencari kandungan lendir siput yang baik untuk kelembapan kulit tinggi, gunakan produk skincare berupa krim wajah. 

Kapan waktu tepat menggunakan skincare mengandung lendir siput?

Anda bisa menggunakan skincare mengandung lendir siput pada malam hari sebelum tidur.Pasalnya, malam hari merupakan waktu yang tepat bagi kulit untuk melakukan regenerasi dan mengembalikan kelembapan.Anda bisa mengoleskan krim wajah setelah menggunakan toner dan serum, pada permukaan kulit yang sudah dibersihkan.Jika menggunakan serum wajah berbasis lendir siput, Anda bisa menggunakannya pada pagi dan malam hari. Pastikan wajah Anda sudah dalam kondisi bersih, ya.

Adakah efek samping lendir siput untuk wajah?

Hingga saat ini, belum banyak laporan ilmiah yang menyebut efek samping penggunaan lendir siput untuk wajah.Kendati demikian, sama seperti kandungan skincare lainnya yang dapat berisiko menimbulkan reaksi alergi, maka Anda sebaiknya berhati-hati sebelum menggunakannya.Sebaiknya, lakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan produk skincare berbahan dasar lendir siput pada area siku bagian dalam.Jika tidak ada reaksi negatif pada kulit, maka Anda mungkin dapat menggunakannya pada wajah.Sebaliknya, bila muncul reaksi negatif tertentu, hindari penggunaan lendir siput untuk wajah.Bagi Anda yang sedang menggunakan produk perawatan kulit tertentu atau memiliki jenis kulit tertentu, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan produk perawatan kulit berbasis lendir siput.

Catatan dari SehatQ

Meski ada berbagai fungsi lendir siput untuk wajah, beberapa di antaranya mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya.Jika Anda ingin menggunakannya, tak ada salahnya untuk melakukan tes pada kulit terlebih dahulu agar mengetahui reaksi yang ditimbulkan.Tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cocok tidaknya Anda memperoleh manfaat lendir siput untuk wajah.Masih punya pertanyaan seputar fungsi lendir siput untuk wajah? Tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/snail-slime-skin-creams-becoming-popular-in-the-united-states
Diakses pada 19 Februari 2021
Byrdie. https://www.byrdie.com/snail-mucin-for-skin-4768132
Diakses pada 19 Februari 2021
Womenshealthmag. https://www.womenshealthmag.com/beauty/g34056795/snail-mucin-for-skin/
Diakses pada 19 Februari 2021
The Cut. https://www.thecut.com/2015/07/does-snail-cream-do-anything-for-your-face.html
Diakses pada 19 Februari 2021
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/snail-essence-skincare_n_593887fbe4b0c5a35c9bdf57
Diakses pada 19 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait