logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Lemon untuk Kesehatan yang Bisa Dirasakan Langsung

open-summary

Manfaat lemon yang bisa didapatkan oleh tubuh adalah menurunkan risiko penyakit mematikan. Lemon juga bisa berperan sebagai buah penurun berat badan yang alami.


close-summary

3.8

(15)

18 Mei 2022

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat lemon

Manfaat lemon terbukti beragam, salah satunya menjaga kesehatan jantung

Table of Content

  • Kandungan nutrisi lemon
  • Manfaat lemon untuk kesehatan tubuh
  • Apa efek samping mengonsumsi buah lemon?
  • Catatan dari SehatQ

Buah lemon bisa dimanfaatkan mulai dari air, bulir, hingga kulitnya. Tentu, manfaat jeruk lemon terbukti baik untuk kesehatanMemang, banyak jenis buah jeruk yang tersedia, seperti jeruk nipis, jeruk limau, jeruk keprok hingga jenis lemon cui.

Advertisement

Lemon (Citrus limon) yang termasuk ke dalam keluarga Rutaceae merupakan salah satu jenis jeruk yang mudah ditemui. Ada baiknya Anda selalu menyediakan buah lemon di rumah. Sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda sudah bisa langsung memanfaatkannya.

Kandungan nutrisi lemon

Manfaat jeruk lemon tentu berasal dari nutrisi yang terkandung. Kandungan lemon dengan berat sekitar 58 gram terdiri dari:

  • Energi: 16,8 kalori (kkal)
  • Karbohidrat: 5,41 gram, kandungan gula dalam lemon sebesar 1,45 gram
  • Kalsium 15,1 miligram
  • Zat besi: 0,35 miligram
  • Magnesium: 4,6 miligram
  • Fosfor: 9,3 miligram
  • Kalium: 80 miligram
  • Selenium: 0,2 mikrogram
  • Vitamin C: 30,7 miligran
  • Folat: 6,4 mikrogram
  • Kolin: 3,0 mg
  • Vitamin A: 0,6 mikrogra
  • Lutein + zeaxanthin: 6,4 mikrogram.

Selain nutrisi di atas, lemon juga mengandung beberapa zat gizi lain dalam jumlah kecil, seperti tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), piridoksin (vitamin B6), asam pantotenat (vitamin B5), tembaga, dan mangan.

Manfaat lemon untuk kesehatan tubuh

Berikut ini manfaat lemon untuk kesehatan yang mungkin sebelumnya tak pernah Anda sangka:

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lemon
Mengonsumsi lemon ternyata baik untuk jantung

Terbukti, buah lemon mengandung vitamin C. Dalam satu buahnya saja, lemon bisa memberikan 51 persen atau setara dengan 31 gram dari kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan.

Berbagai studi menemukan, mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Tak hanya vitamin C yang dilaporkan bermanfaat untuk jantung. 

Kandungan serat pangan dan senyawa tumbuhan di dalam lemon juga dilaporkan dapat membawa manfaat jeruk lemon berupa menurunkan risiko faktor penyakit jantung secara signifikan. Misalnya, senyawa tumbuhan dalam lemon berupa hesperidin dan diosmin disebutkan mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL). 

2. Mencegah batu ginjal

Lemon mengandung asam sitrat. Asam ini digadang-gadang dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan menaikkan nilai pH pada urine. Namun, studi lanjutan diperlukan untuk mengonfirmasi terkait manfaat lemon untuk pencegahan batu ginjal ini.

3. Melawan anemia

Lemon zat besi
Lemon bisa menurunkan risiko anemia

Anemia defisiensi zat besi merupakan kondisi medis yang umum terjadi. Penyakit ini terjadi apabila kita kekurangan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

Manfaat lemon berguna untuk mencegah anemia karena buah ini mengandung vitamin C dan asam sitrat. Kedua nutrisi ini berperan penting karena membantu penyerapan zat besi yang lebih optimal di dalam tubuh.

4. Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi rutin buah-buahan dengan rutin diyakini dapat menurunkan risiko kanker. Walaupun temuan risetnya masih belum sepenuhnya jelas, orang yang rajin mengonsumsi buah sitrus (seperti lemon) dikabarkan memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami kanker.

Studi lain juga menyebutkan kandungan limonene dan naringenin dalam lemon yang memberi efek antikanker. Studi pada hewan juga menyebutkan D-limonene, kandungan pada minyak lemon, juga memiliki sifat untuk melawan kanker. Meski demikian, temuan-temuan menarik ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi untuk benar-benar memastikan pernyataan.

5. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Lemon untuk kesehatan pencernaan
Konsumsi lemon secara teratur bisa jaga kesehatan pencernaan

Lemon mengandung jenis serat yang disebut pektin, yaitu serat larut dalam air. Kandungan ini telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Pektin dipercaya dapat menjadi pencahar untuk mengatasi sembelit. Buah lemon dapat membantu makanan dapat terurai dengan optimal.

Serat larut dalam air disebutkan dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. Hal ini pun dapat berujung pada pengendalian gula darah. Meski demikian, manfaat lemon ini bisa kita dapatkan apabila kita turut mengonsumsi ampas lemon saat mengolahnya menjadi jus. Mengonsumsi jus lemon tanpa ampasnya akan menghilangkan manfaat dari serat tersebut.

6. Mengendalikan tekanan darah

Sebuah studi di Jepang yang dimuat dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan, partisipan wanita di Jepang yang rutin mengonsumsi lemon setiap hari diiringi dengan berjalan kaki, memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan yang tidak.

Temuan ini menarik walau diperlukan kajian lebih lanjut untuk mencari tahu pengaruh lemon dalam pengendalian tekanan darah.

7. Menjaga kesehatan kulit

Lemon untuk kulit
Lemon membantu membentuk kolagen sehingga kulit tetap sehat

Lemon terbukti memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi. Terbukti, vitamin C seperti yang terkandung dalam buah lemon, memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen

Studi pada hewan mengungkapkan bahwa konsumsi vitamin C dalam bentuk aslinya atau mengoleskan secara topikal dapat mencegah kerusakan kulit.

8. Memelihara kesehatan mulut

Semua bagian buah lemon memberikan manfaat kesehatan, termasuk kulitnya. Kulit lemon disebutkan ahli mengandung senyawa antibakteri yang dapat memperlambat pertumbuhan mikroorganisme.

Studi uji tabung menemukan bahwa ekstrak kulit lemon dapat menghambat aktivitas Streptococcus mutans. Jenis bakteri inilah yang bisa menyebabkan gigi berlubang dan infeksi pada gusi.

9. Berpotensi menurunkan berat badan

Lemon untuk bantu menurunkan berat badan
Lemon sering jadi makanan untuk mereka yang sedang diet

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menemukan bahwa air manfaat lemon mampu membakar lemak sehingga membantu menurunkan berat badanNamun, dalam hal manfaat jeruk lemon untuk diet, diketahui lemon mengandung senyawa yang membuat Anda kenyang lebih cepat.

Jadi, bila kenyang, hasrat ingin makan besar pun berkurang sehingga jumlah kalori yang dikonsumsi pun berkurang dan membantu menyukseskan program diet Anda.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Minum air lemon hangat di pagi hari terbukti menjaga imun agar tetap kuat. Vitamin C dalam lemon merupakan salah satu kandungan yang bersifat antioksidan. 

Terbukti, antioksidan akan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit. Selain itu, riset dari Nutrients menemukan bahwa kandungan vitamin C pada lemon mampu mengurangi risiko terkena infeksi bakteri, virus, dan protozoa sehingga kekebalan tubuh pun tetap kuat.

11. Berpotensi mengurangi maag

Manfaat lemon untuk maag
Lemon bisa meredakan sakit perut

Lantas, bagaimana dengan manfaat jeruk lemon untuk sakit maag? Sebenarnya, kadar vitamin C di dalam lemon penting untuk mengurangi luka radang pada lambung.

Menurut riset terbitan Digestive Diseases and Sciences, vitamin C dalam lemon membantu melindungi lambung dari infeksi bakteri Helicobacter pylori penyebab maag. Namun, perlu diketahui bahwa kadar vitamin C-nya lah yang bekerja mengurangi maag, bukan kadar asamnya. Jadi, butuh penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Manfaat Lemon untuk Diet

Apa efek samping mengonsumsi buah lemon?

Buah lemon memiliki kandungan asam yang tinggi. Dengan begitu, dari segudang manfaat jeruk lemon, konsumsi airnya atau jusnya bisa jadi memengaruhi beberapa individu dengan gangguan medis berikut ini:

  • Sariawan
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD). Mengonsumsi buah lemon bagi penderita GERD dapat memicu heartburn atau sensasi panas terbakar yang terjadi di belakang tulang dada. Selain itu, buah lemon juga dapat meningkatkan risiko naiknya kembali asam lambung ke kerongkongan.

Baca juga: Manfaat Kulit Lemon

Catatan dari SehatQ

Buah lemon terbukti bisa menjaga kesehatan tubuh. Walau memang sulit mengonsumsinya langsung karena rasanya yang sangat asam, Anda bisa mencampurkan perasan lemon ke berbagai hidangan agar lebih sehat dan menyegarkan.

Namun, bila Anda memiliki penyakit tertentu, jangan andalkan lemon sebagai pengobatan utama. Tetap ikuti anjuran dokter yang telah Anda dapatkan.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait manfaat makan buah maupun jenis makanan sehat lainnya, Anda bisa konsultasi dengan dokter gizi, ahli gizi, atau chat gratis dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQDownload sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

jus jerukmanfaat air lemonbuah dan sayuranlemon

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved