8 Manfaat Lemon Tea untuk Tubuh yang Tidak Disangka-sangka


Baik untuk orang yang sedang diet, bantu sehatkan jantung, hingga meningkatkan daya tahan tubuh hanyalah sebagian dari manfaat lemon tea yang bisa Anda dapatkan. Tapi tentunya, manfaat tersebut akan tertutupi apabila lemon tea yang dikonsumsi mengandung terlalu banyak gula.

(0)
03 Feb 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat lemon tea untuk tubuh sangat beragam, salah satunya bantu turunkan berat badan.Salah satu manfaat lemon tea adalah untuk bantu turunkan berat badan.
Saat minum lemon tea, Anda mungkin tidak terlalu berpikir banyak mengenai manfaatnya selain untuk menghilangkan dahaga. Namun, manfaat lemon tea untuk kesehatan tubuh ternyata begitu beragam.Tentu, lemon tea yang dimaksud di sini bukanlah lemon tea kemasan yang mengandung terlalu banyak gula. Sebab kerugian yang akan timbul akibat kadar gula berlebih itu akan menutupi manfaat yang bisa didapatkan dari segelas lemon tea.Sehingga, jika ingin mendapatkan manfaat minuman ini, pastikan Anda mengonsumsi yang tidak mengandung terlalu banyak gula. Membuat lemon tea sendiri di rumah pun bisa menjadi opsi yang lebih sehat bagi Anda dan keluarga.

Manfaat lemon tea untuk kesehatan

Manfaat lemon tea untuk kesehatan salah satunya untuk turunkan berat badan
Ada berbagai manfaat lemon tea untuk kesehatan,
salah satunya bantu turunkan berat badan.
Memang banyak orang yang tidak menyangka jika minuman yang satu ini bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini tidak mengherankan mengingat lemon tea banyak beredar dalam bentuk kemasan instan. Meski begitu, jika Anda mengonsumsi lemon tea asli, berbagai manfaat di bawah ini bisa didapatkan.

1. Bisa jadi minuman diet yang nikmat

Manfaat lemon tea yang satu ini didapatkan dari kandungan lemon serta kafeinnya. Sari dari buah lemon dapat membantu menekan nafsu makan, begitu juga kafein yang terkandung di dalam teh.Berkurangnya nafsu makan akan membuat frekuensi dan porsi makan berkurang. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah Anda terlalu banyak ngemil di sela-sela jam makan, membuat tubuh jadi lebih terjaga bentuk maupun kesehatannya.

2. Kaya antioksidan

Lemon tea yang dibuat secara alami juga kaya akan kandungan antioksidan, termasuk vitamin C dan fitokimia seperti kafein maupun asam klorogenik. Antioksidan ini sangat baik untuk tubuh, sebab dapat membantu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.Paparan radikal bebas berlebih, bisa memicu terjadinya berbagai penyakit seperti penyakti Alzheimer hingga kanker.

3. Baik untuk kulit

Manfaat lemon tea yang satu ini juga didapatkan dari kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan akan membantu mencegah munculnya keriput dan tanda-tanda penuaan di kulit.

4. Bantu tingkatkan daya tahan tubuh

Lemon tea mengandung vitamin C yang tinggi dan vitamin yang satu ini, dapat berperan sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan akan membantu melindungi tubuh dari infeksi dan patogen penyebab penyakit. Sehingga, mengonsumsi lemon tea akan membantu daya tahan tubuh Anda meningkat.
Manfaat lemon tea salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung
Manfaat lemon tea salah satunya baik untuk kesehatan jantung

5. Bagus untuk kesehatan jantung

Terakhir, lemon tea dianggap sebagai salah satu minuman yang baik untuk kesehatan jantung. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya.Kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya stres oksidatif, dan mengurangi risiko kerusakan pembuluh darah jantung.

6. Membantu menurunkan tekanan darah

Kandungan flavonoid yang ada di dalam lemon dapat membantu menurunkan tekanan darah di arteri. Tentu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain mengonsumsi lemon tea, Anda juga perlu berolahraga secara teratur.

7. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat lemon tea yang satu ini didapatkan dari kandungan hesperidin pada lemon. Zat ini dinilai bisa bantu mengurangi risiko diabetes, tapi tentu apabila Anda mengonsumsinya tanpa gula.Asam sitrat yang ada pada lemon juga bisa memperlambat penyerapan gula di dalam tubuh, sehingga mencegah naiknya kadar gula darah secara mendadak.

8. Membantu mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang kuat pada lemon membuat minuman yang satu ini juga bisa membantu mencegah pembentukan sel-sel kanker di tubuh. Antioksidan akan menghalau paparan radikal bebas berlebih yang bisa menjadi cikal bakal rusaknya sel-sel di tubuh hingga bisa berkembang menjadi kanker.Baca Juga: 9 Makanan Pencegah Kanker yang Baik untuk Tubuh

Resep membuat lemon tea sendiri

Resep lemon tea
Lemon tea mudah untuk dibuat sendiri di rumah.
Lemon tea adalah minuman yang bisa diolah dan ditambahkan dengan berbagai bahan yang berbeda. Sehingga, agar tidak bosan dengan lemon tea yang itu-itu saja, Anda juga bisa menambahkan bahan lain yang juga lezat dan bermanfaat untuk tubuh, seperti madu dan jahe. Untuk membuat lemon tea sendiri di rumah, siapkan bahan dan ikuti langkah berikut ini.

• Bahan

- 1 kantung teh celup atau 1 sendok makan dauh teh kering
- 1 sendok makan air perasan lemon
- ½ sendok makan gula
- 2 cangkir air

• Cara membuat

- Masukkan air secukupnya ke dalam panci dan rebus hingga mendidih
- Setelah itu, masukkan teh dan biarkan larut selama kurang lebih satu menit
- Angkat campuran teh dari api dan mulai masukkan gula dan perasan air jeruk lemon
- Pastikan semuanya sudah tercampur rata
- Saring lemon tea sambil di masukkan ke gelas, dan siap disajikan
Untuk alternatif yang sedikit lebih sehat, Anda bisa mengganti gula dengan ½ sendok teh madu. Anda juga bisa menambahkan parutan jahe secukupnya, untuk menghadirkan efek hangat di badan. Madu dan jahe juga mengandung berbagai manfaat yang baik bagi tubuh, sehingga bisa menambah nilai manfaat lemon tea.Bagi Anda yang lebih menyukai minuman dingin, cukup tambahkan es batu ke dalam segelas lemon tea tersebut. Jangan lupa untuk tidak terlalu menambahkan terlalu banyak gula ke dalamnya.

Catatan dari SehatQ

Ada beragam manfaat lemon tea untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, bukan berarti minuman ini baik untuk dikonsumsi terus-menerus. Sebaik-sebaiknya minuman, air putih masih menjadi asupan cairan paling baik untuk tubuh.Batasi konsumsi lemon tea kemasan yang mengandung gula tinggi. Sebab, minuman dalam kemasan tersebut bisa memicu terjadinya diabetes dan obesitas. Jika ada lemon tea kemasan yang labelnya bertuliskan rendah gula, Anda tetap harus memeriksa kandungan di dalamnya.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat lemon tea untuk kesehatan maupun seputar minuman sehat lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
manfaat air lemonmakanan sehatmakanan dietminuman tidak sehattehlemon
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/lemon-tea.html
Diakses pada 3 Februari 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/343791-medicinal-benefits-of-lemon-tea/
Diakses pada 3 Februari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/simple-lemon-tea-recipes-for-weight-loss/#3-honey-lemon-ginger-tea
Diakses pada 3 Februari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/lemon-tea-is-it-good-for-you#1
Diakses pada 21 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait