Manfaat Laut yang Mungkin Tidak Pernah Anda Bayangkan Sebelumnya


Manfaat laut bagi kesehatan manusia sangat banyak, mulai dari menghasilkan makanan bergizi hingga berpotensi mengobati penyakit jantung dan kanker. Sudah siap menyelami manfaatnya lebih dalam?

(0)
13 Nov 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat laut antara lain meningkatkan kualitas udara yang kita hirupManfaat laut sangatlah banyak untuk lingkungan dan kesehatan
Manfaat laut bagi kehidupan manusia sangatlah lyas, mulai dari menyediakan menjadi sumber penghasilan bagi banyak orang, hingga menjaga ekosistem agar bumi agar terus lestari. Nah, tahukah Anda bahwa laut juga memainkan peran penting bagi kesehatan manusia?Ya, beberapa penelitian menemukan fakta bahwa laut menyimpan banyak potensi untuk kesehatan manusia. Mulai dari menyediakan berbagai bahan pangan yang penuh gizi maupun memiliki potensi untuk mengobati berbagai penyakit kronis pada manusia, laut begitu hebat karena kandungan mineral di dalamnya.

Manfaat laut untuk kesehatan manusia

Hubungan laut dengan kesehatan manusia memang tidak serta-merta. Terjadi rantai panjang yang mengakibatkan bagian paling dominan dari Planet Bumi ini akhirnya bisa sampai memengaruhi kesehatan manusia dan lingkungan sekitarnya.Misalnya, laut yang tercemar akan membuat ekosistem yang berada di dalamnya ikut beracun sehingga tidak bisa lagi dikonsumsi manusia. Belum lagi, air laut akan mengandung racun yang memunculkan potensi terjadinya wabah akibat polusi air.
Dibanding lapisan ozon, laut mampu menyerap 50 kali lebih banyak CO2
Contoh konkretnya adalah ketika terjadi pencemaran logam berat merkuri di Teluk Minamata, Jepang. Saat itu, orang-orang yang memakan ikan dan hasil laut dari teluk tersebut terkena kerusakan saraf, otak, bahkan meninggal dunia. Para ibu hamil pun melahirkan bayi dengan retardasi mental bawaan.Sebaliknya, jika kebersihan laut terus dijaga, berbagai manfaat laut yang bisa dirasakan manusia adalah sebagai berikut ini.

1. Meningkatkan kualitas udara

Percaya atau tidak, laut adalah penghasil separuh oksigen yang ada di bumi. Laut juga merupakan bagian dari Planet Biru yang mampu menyerap karbon dioksida 50 kali lebih banyak dibanding lapisan atmosfer.

2. Menghasilkan makanan bergizi

Makanan laut alias seafood dikenal memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti omega-3 dan protein.

3. Menyediakan bahan pembuat obat-obatan

Berbagai produk obat yang digunakan oleh dunia medis modern saat ini datang dari laut, misalnya obat untuk melawan kanker, arthritis, Alzheimer, dan penyakit jantung.

Kandungan mineral pada air laut

Sebuah penelitian membuktikan air laut dalam ternyata kaya akan mineral. Beberapa mineral ini dari laut ini membawa manfaat bagi kesehatan yang tak main-main.
  • Magnesium: meningkatkan metabolisme dan fungsi enzim, mengurangi penumpukan lemak di pembuluh darah, dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung
  • Kalsium: memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis, serta menurunkan risiko terhadap penyakit kronis, obesitas, dan beberapa jenis kanker
  • Kromium: melancarkan metabolisme karbohidrat dan lemak serta memiliki sifat antioksidan yang dapat memperpanjang masa hidup sel-sel sehat
  • Vanadium: berpotensi mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh
Banyaknya potensi manfaat laut dalam ini membuat beberapa negara, seperti Jepang, Korea, Taiwan, Tiongkok, dan Amerika Serikat mendukung penelitian mendalam tentang kandungan mineral pada kedalaman laut lebih dari 200 meter ini. Mereka percaya kandungan mineral di dalam air ini memiliki potensi yang besar bagi kesehatan manusia.Di negara-negara tersebut pun, air laut dalam sudah dikemas ke dalam botol dan dijual secara dengan label air mineral laut dalam. Air ini bukan hanya aman diminum, tapi juga digadang-gadang memiliki manfaat untuk kesehatan. Tertarik untuk mencobanya?

Cara menjaga kelestarian laut dan manfaatnya

Bijaklah berbelanja, demi menjaga kelestarian alam termasuk laut
Untuk terus mendapatkan manfaat laut, baik laut dangkal maupun laut dalam, sangat penting bagi manusia untuk selalu menjaga kelestarian laut itu sendiri. Menurut Badan Kelautan dan Atmosfer Amerika Serikat, ada 7 hal sederhana yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan:
  • Menghemat air. Gunakan air seperlunya agar air yang telah dipakai tidak banyak terbuang ke laut.
  • Mengurangi penggunaan bahan kimia. Bahan kimia seperti herbisida, pestisida, dan produk pembersih rumah dapat mengotori air yang kemudian terbuang ke laut.
  • Mengurangi sampah. Mengurangi sampah rumah tangga secara keseluruhan adalah cara terbaik menjaga kualitas air tetap baik.
  • Bijak dalam berbelanja. Jangan mengonsumsi hewan laut yang tergolong langka atau dilindungi, seperti sirip ikan hiu. Pastikan juga untuk selalu membawa kantung belanja sendiri.
  • Mengurangi polusi. Gunakan juga alat rumah tangga yang butuh hemat energi, misalnya mengganti bohlam dengan lampu LED.
  • Memancing seperlunya. Jangan menggunakan pukat atau sengatan listrik yang dapat membahayakan seluruh ekosistem laut. Bila Anda hobi memancing, lakukan sistem tangkap-lepas.
  • Tidak merusak koral. Tambatkan jangkar di dermaga dan jangan mencungkil koral saat Anda menyelam.
Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat laut bagi kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
cacat bawaanpolusi udarazat gizi
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/minamata-disease-2860856
Diakses pada 2 November 2020
NOAA. https://oceanservice.noaa.gov/facts/why-care-about-ocean.html
Diakses pada 2 November 2020
NOAA. https://oceanservice.noaa.gov/facts/ocean-human-health.html
Diakses pada 2 November 2020
NOAA. https://oceanservice.noaa.gov/ocean/help-our-ocean.html
Diakses pada 2 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5221345/
Diakses pada 2 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait