logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Olahraga

12 Manfaat Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan dan Jenis-jenisnya

open-summary

Manfaat kebugaran jasmani adalah mengontrol berat badan, mencegah penyakit berbahaya, meningkatkan stamina, membuat tidur lebih nyenyak, menguatkan tulang dan otot, meredakan stres, membuat lebih bahagia, menyehatkan kulit, mencegah pikun, hingga meredakan nyeri.


close-summary

4.2

(5)

17 Mar 2022

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Manfaat kebugaran jasmani antara lain mengontrol berat badan, mencegah penyakit berbahaya, hingga meredakan stres

Manfaat kebugaran jasmani salah satunya mengontrol berat badan dan membuat lebih bahagia

Table of Content

  • Manfaat latihan kebugaran jasmani untuk kesehatan fisik dan mental
  • Jenis latihan kebugaran jasmani yang dapat Anda pilih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat latihan kebugaran jasmani yang utama adalah membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Namun, tahukah Anda bahwa olahraga ini juga dapat menyehatkan kondisi mental Anda?

Advertisement

Pengertian kebugaran jasmani sendiri sebetulnya adalah gerakan yang membutuhkan kerja otot sehingga tubuh Anda akan membakar kalori. Namun, aktif bergerak bukan hanya akan melunturkan lemak tubuh, melainkan juga menurunkan risiko depresi sehingga kualitas hidup Anda juga akan meningkat.

Manfaat latihan kebugaran jasmani untuk kesehatan fisik dan mental

Secara fisik, manfaat latihan kebugaran jasmani yang dapat Anda rasakan antara lain adalah”

1. Mengontrol berat badan

Manfaat kebugaran jasmani salah satunya mengontrol berat badan
Mengontrol berat badan bisa jadi salah satu manfaat kebugaran jasmani

Anggapan bahwa berolahraga dapat menurunkan berat badan memang benar adanya. Semain berat latihan kebugaran jasmani yang Anda lakukan, semakin banyak kalori yang terbakar. Sedangkan bagi Anda yang sudah memiliki berat badan ideal, olahraga juga bisa membantu menjaga agar bobot tubuh tidak mudah naik.

Untuk mendapatkan manfaat kebugaran jasmani yang satu ini, Anda tidak perlu secara khusus berlatih di pusat olahraga. Cukup konsisten bergerak secara aktif, misalnya rajin berjalan kaki serta memilih naik tangga daripada elevator.

2. Menurunkan risiko penyakit berat

Serangan jantung dikenal sebagai silent killer yang seringkali tidak menunjukkan gejala ap apun. Jika Anda tidak ingin terkena masalah ini di kemudian hari, lakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin. Olahraga ini terbukti dapat melancarkan peredaran darah sehingga Anda tidak rentan terkena penyakit jantung.

Selain menyehatkan jantung, manfaat latihan kebugaran jasmani lainnya adalah untuk menghindarkan Anda dari penyakit berikut:

  • Stroke
  • Diabetes tipe 2
  • Penyakit-penyakit pencernaan
  • Tekanan darah tinggi
  • Beberapa tipe kanker
  • Arthritis.

3. Meningkatkan stamina

Jika Anda sering merasa cepat lelah, berarti sudah saatnya Anda mengintensifkan latihan kebugaran jasmani. Latihan ini mampu melancarkan peredaran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, serta membuat sistem kardiovaskular (jantung dan paru-paru) bekerja lebih efektif.

Ketika sistem kardiovaskular kebih sehat, maka energi akan lebih banyak diproduksi oleh tubuh sehingga Anda dapat melakukan aktivitas lebih banyak.

Peningkatan energi juga dapat meningkatkan kehidupan seksual Anda, terutama bagi laki-laki. Pria yang sering berolahraga lebih jarang mengalami disfungsi ereksi dibanding mereka yang jarang beraktivitas fisik.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Manfaat kebugaran jasmani salah satunya membuat tidur lebih nyenyak
Rajin latihan kebugaran jasmani membuat tidur lebih nyenyak

Berolahraga sebelum tidur terbukti dapat membuat Anda terlelap lebih nyenyak. Hanya saja untuk mendapatkan manfaat kebugaran jasmani ini, Anda tidak dianjurkan berolahraga sesaat sebelum tidur karena justru akan membuat mata sulit terpejam karena Anda akan mengalami lonjakan energi.

5. Menguatkan tulang dan otot

Melansir dari CDC, rutin melatih kebugaran jasmani juga bisa menguatkan tulang dan otot. Hal ini penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari sehingga risiko cedera lebih rendah.

Manfaat ini terutama akan dirasakan seiring bertambahnya usia, ketika kepadatan tulang secara alami akan berkurang. Pada lansia, memiliki tulang dan otot yang kuat akan mengurangi kemungkinan terjatuh, termasuk jatuh di kamar mandi yang seringkali berujung pada komplikasi berbahaya seperti stroke.

Pada orang yang memiliki masalah sendi, latihan kebugaran jasmani bisa mengurangi keparahan gejala sehingga bisa meningkatkan kemampuan bergerak.

6. Meredakan stres

Latihan kebugaran jasmani dapat mengubah level hormon di dalam otak, yakni serotonin, endorfin, dan hormon penyebab stres. Hal ini membuat Anda lebih mudah menyingkirkan atau mengalihkan pikiran-pikiran negatif dari kepala Anda.

Selain itu, bagi Anda yang rutin melakukan latihan kebugaran jasmani, maka peningkatkan level energi yang dialami juga akan memperbaiki mood.

7. Membuat jadi lebih bahagia

Manfaat kebugaran jasmani bisa membuat jadi bahagia
Dengan latihan kebugaran jasmani teratur maka akan jadi lebih bahagia

Manfaat kebugaran jasmani untuk kesehatan mental tak hanya sebatas mengurangi stres, tapi secara keseluruhan juga bisa membuat jadi lebih bahagia. Manfaat ini bisa terjadi karena olahraga juga akan meringankan gejala depresi dan gangguan kecemasan.

Latihan kebugaran jasmani juga akan meningkatkan produksi hormon endorfin yang berfungsi untuk menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri.

8. Menyehatkan kulit

Melakukan latihan kebugaran jasmani dengan intensitas sedang secara rutin akan meningkatkan jumlah antioksidan alami di tubuh, sehingga kadar stres oksidatif bisa berkurang.

Saat kadar stres oksidatif tinggi, maka sel-sel kulit akan rusak dan memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.
Olahraga juga akan memperlancar aliran darah di kulit sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.

9. Mencegah pikun

Manfaat kebugaran jasmani selanjutnya adalah meningkatkan fungsi otak, sehingga bisa mencegah pikun dan menjaga kemampuan berpikir dalam jangka panjang.

Manfaat ini bisa terjadi karena dengan berolahraga, aliran darah ke otak akan meningkat, sehingga kadar oksigen di otak juga bertambah. Hal ini membuat sel-sel di otak bisa terjaga tetap sehat.

Olahraga juga akan menurukan kadar stres dan peradangan pada sel-sel otak, sehingga bentuk dan fungsinya tetap terjaga, membuat risiko pikun akan berkurang.

10. Meredakan nyeri

Latihan kebugaran jasmani bisa meredakan nyeri kronis
Latihan kebugaran jasmani bisa meredakan nyeri kronis

Saat tubuh terasa nyeri, melakukan aktivitas fisik seperti latihan kebugaran jasmani mungkin tidak akan masuk ke dalam pilihan Anda. Namun, kenyataannya, berolahraga ringan sesuai kemampuan dan kondisi fisik justru akan membantu meredakan nyeri kronis.

Berolahraga telah terbukti mampu mengurangi nyeri pada pengidap beberapa penyakit seperti fibromyalgia, sakit pinggang, dan cedera bahu.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik juga akan meningkatkan ambang nyeri dan persepsi nyeri seseorang.

11. Memperbaiki performa seksual

Stamina diperlukan untuk melakukan berbagai kegiatan, termasuk aktivitas seksual. Orang yang bugar, umumnya memiliki performa seksual yang lebih baik. Selain itu, dengan tubuh yang sehat maka kepercayaan diri Anda untuk beraksi di ranjang juga akan meningkat.

Latihan kebugaran jasmani juga akan mencegah terjadinya disfungsi ereksi alias lemah syahwat.

12. Meningkatkan angka harapan hidup

Manfaat kebugaran jasmani yang terakhir adalah meningkatkan harapan hidup, sebab dengan olahraga teratur maka risiko Anda terkena penyakit berbahaya yang bisa merenggut nyawa seperti penyakit jantung dan kanker akan berkurang.

Manfaat ini sudah bisa didapatkan meski Anda hanya melakukan olahraga dengan intensitas yang rendah namun teratur.

Baca Juga

  • 10 Jenis Olahraga di Rumah untuk Tingkatkan Kebugaran
  • 10 Contoh Permainan Bola Kecil yang Bisa Anda Coba
  • Seperti Apa Olahraga Renang Indah? Ini Penjelasannya

Jenis latihan kebugaran jasmani yang dapat Anda pilih

Latihan kebugaran jasmani banyak bentuknya. Anda dapat memilih olahraga yang cocok berdasarkan preferensi dan kondisi fisik Anda. Anda juga dapat menggabungkan latihan ini untuk mendapatkan manfaat kebugaran jasmani yang maksimal.

Terdapat setidaknya lima tipe latihan kebugaran jasmani, yaitu:

  • Latihan stamina atau aerobik: manfaat latihan kebugaran jasmani ini untuk menyehatkan jantung, paru-paru, sistem pernapasan, dan stamina tubuh secara umum. Contoh latihan stamina adalah jalan kaki, jogging, berenang, dan bersepeda.
  • Latihan kekuatan: untuk membentuk atau memperkuat otot, misalnya melakukan angkat berat atau olahraga dengan resistance band.
  • Latihan keseimbangan: agar Anda tidak mudah terjatuh, misalnya melakukan olahraga tai chi atau berdiri dengan satu kaki.
  • Latihan fleksibilitas: untuk meregangkan otot agar tetap lentur dan tidak kaku, misalnya yoga.
  • Latihan penyeimbang komposisi tubuh: agar volume otot, tulang, air, dan lemak di dalam tubuh seimbang.

Untuk mendapatkan manfaat latihan kebugaran jasmani di atas, Anda sangat disarankan untuk berlatih secara rutin. Bila memungkinkan, lakukan latihan dengan level menengah selama 150-300 menit per minggu atau level berat selama 75-150 menit per minggu.

Meski demikian, selalu tanamkan pada diri Anda bahwa lebih baik bergerak sedikit daripada tidak bergerak sama sekali. Mulailah dengan latihan ringan, contohnya jalan kaki atau jogging, dan tingkatkan intensitasnya sesuai kemampuan tubuh Anda.

Advertisement

olahragalatihan fisik

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved