12 Manfaat Latihan Angkat Beban yang Menguatkan Tubuh

Angkat beban bermanfaat untuk mengurangi lemak, meningkatkan kepercayaan diri, dan mencegah osteoporosis
Latihan angkat beban bisa dilakukan oleh pria maupun wanita, serta memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan

Latihan angkat beban sudah sangat dikenal oleh masyarakat untuk meningkatkan kekuatan dan bentuk otot. Olahraga yang awalnya dianggap sebagai olahraga kaum lelaki ini sekarang juga sudah dilakukan oleh para wanita.

Latihan angkat beban memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya sekedar untuk meningkatkan kekuatan otot, latihan angkat beban juga dapat membantu menurunkan berat badan dan membentuk badan ideal yang diimpikan!

Manfaat latihan angkat beban bagi tubuh Anda

Latihan angkat beban yang paling populer adalah untuk membentuk otot lengan dan memberikan kesan macho bagi para pria. Akan tetapi, olahraga ini bukan hanya membentuk otot, tetapi juga dapat berguna untuk kesehatan pria maupun wanita.

1. Menguatkan otot

Menguatkan dan menambah ukuran otot merupakan manfaat latihan angkat beban yang populer. Saat melakukan olahraga ini, Anda akan menjadi lebih mudah melakukan berbagai hal lain. Selain itu, bentuk tubuh Anda juga akan semakin terlihat menawan.

2. Mengurangi lemak

Siapa bilang latihan angkat beban tidak bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan. Faktanya, olahraga ini membantu membakar kalori dalam tubuh. Bahkan, tubuh akan terus-menerus membakar kalori seusai melakukan latihan angkat beban.

Bertambahnya massa otot juga meningkatkan kapasitas tubuh dalam membakar kalori yang dikonsumsi.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Saat mengangkat beban, Anda juga turut mengangkat kepercayaan diri Anda! Latihan angkat beban membantu mengurangi kecemasan dan gejala depresi, serta membuat Anda lebih bahagia. Anda akan merasa lebih baik setelah melakukan olahraga ini.

4. Mengembangkan otak

Latihan angkat beban tidak hanya berpusat pada otot tubuh saja, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi otak dengan memicu peredaran darah serta produksi hormon-hormon yang membantu meningkatkan kinerja otak, seperti hormon IGF-1.

5. Mencegah osteoporosis

Selain melatih kekuatan otot, olahraga angkat beban juga membantu mengurangi penurunan massa tulang yang dapat memicu osteoporosis, khususnya pada kaum wanita.

6. Mengurangi risiko diabetes

Latihan angkat beban dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang digeluti untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan, penderita diabetes juga bisa menjadikan ini sebagai pilihan olahraganya.

7. Menambah ketahanan tubuh

Selain dijadikan latihan penambah kekuatan otot, olahraga angkat beban juga merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Saat melakukan olahraga ini, Anda semakin lama perlu menambah beban yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

8. Mencegah berkurangnya massa otot

Seiring bertambahnya usia, Anda akan kehilangan massa otot sebanyak tiga sampai delapan persen per 10 tahunnya. Latihan angkat beban dapat membantu mencegah penurunan massa otot dan menguatkan tulang-tulang Anda di hari tua nanti.

9. Menjaga kesehatan jantung

Selain menjaga massa otot, latihan angkat beban juga membantu melindungi organ jantung dengan menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

10. Mencegah terjadinya cedera

Saat menjalani latihan angkat beban, Anda juga turut menguatkan tulang dan jaringan-jaringan tubuh. Hal ini dapat mengurangi peluang Anda untuk mengalami cedera. Olahraga ini juga dapat mengurangi nyeri punggung dan artritis.

11. Mempermudah gerakan tubuh

Melalui latihan angkat beban, Anda bisa menggerakkan otot dengan sesuai dan efisien. Olahraga ini sangat membantu agar anggota tubuh bisa bergerak secara teratur tanpa memberikan tertentu pada bagian tubuh tertentu.

12. Meningkatkan keseimbangan

Penguatan otot karena latihan angkat beban berdampak pada keseimbangan tubuh Anda. Otot akan semakin baik dalam menjaga keseimbangan dan membuat Anda lebih kokoh, serta tidak mudah jatuh.

Tips untuk pemula latihan angkat beban

Tertarik dengan latihan angkat beban tapi masih pemula? Anda tidak perlu bingung karena berikut adalah beberapa tips-tips sebelum mencoba olahraga yang menantang otot ini.

  • Mencari tempat gym yang sesuai

Hal paling penting sebelum melakukan latihan angkat beban adalah mencari tempat gym yang cocok dengan Anda. Telusuri apakah gym yang dipilih memiliki fasilitas yang lengkap, program yang sesuai dengan diri Anda, dan pelatih yang profesional.

  • Pengetahuan dasar mengenai alat

Selanjutnya, Anda harus mengetahui alat-alat apa saja yang digunakan saat latihan angkat beban. Dumbbell, kettlebell, dan barbell adalah tiga macam alat yang sering digunakan saat olahraga angkat beban.

  • Selalu lakukan pemanasan

Pemanasan sangat penting untuk mencegah cedera dan membantu mengeluarkan kekuatan saat mengangkat beban.

  • Angkat dengan otot

Saat Anda menjalani angkat beban, Anda tidak perlu melakukannya dengan cepat dan pastikan bahwa otot-otot Anda yang mengangkat beban tersebut dan bukan sendi. Jangan mengayunkan lengan untuk bisa mengangkat beban.

  • Jangan tahan napas

Terkadang, Anda bisa saja menahan napas saat melakukan olahraga ini. Padahal Anda membutuhkan banyak oksigen saat mengangkat beban, karenanya jangan lupa untuk menarik dan menghembuskan napas saat sedang mengangkat beban.

  • Naikkan berat beban secara perlahan

Anda tidak perlu mengangkat beban yang sangat besar saat pertama kali melakukan olahraga ini. Gunakan beban yang dirasa masih mampu diangkat dan secara perlahan, tingkatkan beban saat Anda sudah terbiasa dengan beban yang diangkat.

Untuk pemula, sebaiknya lakukan latihan ini setidaknya dua setengah jam tiap minggunya dengan repetisi dalam satu setnya sebanyak delapan sampai 12 repetisi. Sama seperti berat beban, secara perlahan, Anda juga bisa menambah jumlah repetisinya sampai 15 repetisi.

Catatan dari SehatQ

Latihan angkat beban memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental Anda. Saat akan menjalani olahraga ini, selalu konsultasikan dengan dokter jika memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Apabila Anda kesulitan atau tidak memahami postur saat melakukan latihan angkat beban, tanyakan kepada orang yang lebih berpengalaman atau pelatih yang disediakan di gym Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise-weight-training
Diakses pada 11 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/why-i-lift-heavy#1
Diakses pada 11 Maret 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/slideshow/1008208-13-benefits-weightlifting-one-tells/
Diakses pada 11 Maret 2020

Livestrong. https://www.livestrong.com/slideshow/1011144-started-weightlifting/
Diakses pada 11 Maret 2020

Artikel Terkait