Wajib Coba, Ini 3 Manfaat Lada Hitam dan Kunyit


Manfaat lada hitam dan kunyit untuk kesehatan sangat melimpah. Mulai dari meredakan peradangan hingga nyeri. Kandungan dalam lada hitam akan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap curcumin, zat berkhasiat dalam kunyit.

(0)
08 Jul 2021|Azelia Trifiana
Paduan rempah yang menyehatkanPaduan rempah yang menyehatkan
Jika selama ini Anda baru mengeksplorasi bumbu dan rempah seperti kunyit dan lada hitam sebagai penyedap masakan, saatnya mengulik lebih jauh. Sebab, manfaat lada hitam dan kunyit untuk kesehatan sangat melimpah. Mulai dari meredakan peradangan hingga nyeri.Mengapa keduanya dikombinasikan? Kandungan dalam lada hitam akan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap curcumin, zat berkhasiat dalam kunyit. Jadi, potensi manfaatnya semakin meningkat.

Zat berkhasiat dalam lada hitam dan kunyit

Baik kunyit maupun lada hitam sama-sama memiliki kandungan aktif yang berkhasiat untuk kesehatan. Kunyit memiliki curcuminoid yang merupakan antioksidan kuat dan mampu menangkal peradangan.Namun, salah satu kelemahan dari curcumin adalah tidak mudah terserap oleh tubuh.Di sinilah peran zat bioaktif piperine yang ada dalam lada hitam. Sifatnya adalah alkaloid yaitu senyawa basa bernitrogen, mirip seperti capsaicin. Manfaat paling signifikan dari lada hitam adalah meningkatkan efektivitas penyerapan curcumin.Menurut riset dari Cytokine Research Laboratory Texas, mencampurkan lada hitam dengan curcumin dalam kunyit akan meningkatkan penyerapan hingga 2.000%. Contohnya dengan menambahkan 20 miligram piperine ke 2 gram curcumin yang bisa membuat penyerapannya efektif secara signifikan.Bagaimana ini bisa terjadi?Pertama, piperine membuat curcumin lebih mudah melalui dinding usus dan masuk ke aliran darah. Kedua, piperine juga membuat proses pemecahan curcumin oleh hati berlangsung lebih lambat.Selain itu, piperine juga dapat meredakan mual, sakit kepala, masalah pencernaan, dan juga tak lepas dari khasiat anti-peradangan.

Manfaat lada hitam dan kunyit

Lalu, apa saja manfaat lada hitam dan kunyit untuk kesehatan?

1. Redakan peradangan

Tentunya, manfaat lada hitam dan kunyit yang paling utama adala meredakan peradangan. Saking berkhasiatnya, banyak studi termasuk temuan pada tahun 2009 ini yang menyamakan manfaatnya seperti halnya obat anti-peradangan. Bonusnya lagi, tidak ada efek samping apapun.Bukan hanya itu, fungsi anti-peradangan pada kunyit ini juga dapat mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman. Sementara piperine dalam lada hitam juga dapat mendesensitisasi reseptor nyeri spesifik di tubuh sehingga rasa kurang nyaman pun berkurang.

2. Berpotensi cegah kanker

Ada potensi menjanjikan dari konsumsi curcumin yaitu bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker hingga level molekul. Tak hanya itu, curcumin juga bisa mematikan sel-sel yang bersifat kanker.Sementara piperine juga bisa membunuh sel kanker dan mengurangi risiko terbentuknya tumor. Ketika digunakan bersamaan, manfaat lada hitam dan kunyit juga bisa menghentikan proses regenerasi sel stem payudara. Ini penting karena merupakan asal mula munculnya kanker payudara.

3. Baik untuk pencernaan

Sejak berabad silam, pengobatan tradisional mengandalkan kunyit untuk meredakan masalah pencernaan. Hingga kini di era modern, metode ini masih tetap populer.Sementara piperine juga bisa mengoptimalkan aktivitas enzim pencernaan sehingga proses cerna berlangsung lebih cepat dan mudah. Ketika dikonsumsi bersamaan, curcumin dan piperine dapat mengobati peradangan di saluran cerna.

Panduan konsumsi yang aman

Secara umum, curcumin dan piperine cukup aman dikonsumsi. Namun, belum ada rekomendasi resmi berapa dosis dan batas toleransi konsumsinya.Mungkin ada orang yang mengalami efek samping setelah mengonsumsi kombinasi keduanya, seperti mual, sakit kepala, dan ruam kulit. Ini biasanya terjadi ketika dosis konsumsi terlalu besar.Oleh sebab itu, penting memastikan konsumsi lada hitam dan kunyit tidak berlebihan, utamanya jika dalam bentuk suplemen.Komite Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additives menetapkan asupan yang bisa diterima setiap harinya adalah 3 miligram per kg berat badan.Selain itu, perlu diingat bahwa curcumin merupakan zat yang larut dalam lemak. Artinya, mengonsumsinya dengan lemak dapat meningkatkan penyerapan.Untuk mendapatkan manfaat lada hitam dan kunyit bisa lewat bumbu atau rempah dalam masakan. Ada juga yang mengolahnya sebagai bahan untuk minuman herbal.Namun, curcumin dalam bentuk suplemen digabung dengan piperine akan memberikan khasiat paling maksimal.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat curcumin dan piperine terhadap tubuh, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/turmeric-and-black-pepper
Diakses pada 25 Juni 2021
Alternative Medicine Review. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19594223/
Diakses pada 25 Juni 2021
The American Association of Pharmaceutical Scientists Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3535097/
Diakses pada 25 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait