Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan Tak Boleh Diremehkan

Salah satu manfaat labu siam adalah dapat membuat wajah awet muda
Labu siam ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan.

Lebaran identik dengan hidangannya yang menggugah selera. Salah satunya ialah ketupat dengan pelengkap sayur labu siam. Selain lezat untuk campuran kuah ketupat, manfaat labu siam untuk kesehatan ternyata tidak kalah mencengangkan.

Sebagai jenis sayuran yang harganya murah dan mudah didapat, labu siam kerap dipandang sebelah mata. Padahal, tanaman asal Meksiko ini mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan. Apa sajakah khasiat jitunya?

  1. Kaya akan nutrisi

Satu buah labu siam seberat 203 gram bisa mengandung 39 kalori, 8 gram karbohidrat, 2 gram protein, dan 4 gram serat (yang merupakan 14% dari total kebutuhan per hari). Sayur ini juga relatif tidak mengandung lemak sehingga sangat baik untuk Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Selain itu, labu siam kaya akan folat (vitamin B9) yang bertugas sebagai regenerasi sel dalam tubuh. Kandungan vitamin C, K, B6, mangan, zinc, potasium, dan magnesium di dalamnya pun tak bisa diremehkan.

  1. Mengandung antioksidan

Manfaat labu siam untuk kesehatan berikutnya adalah bersifat anti-aging. Khasiat ini muncul berkat adanya kandungan antioksidan di dalamnya.

Vitamin C dan myricetin merupakan antioksidan yang paling banyak terdapat dalam labu siam. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk produksi kolagen yang bagus untuk kulit, sementara myricetin dapat membantu dalam mencegah diabetes maupun kanker.

  1. Menurunkan risiko serangan jantung

Kandungan antioksidan pada labu siam juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam sayur mungil ini pun bisa membantu Anda dalam memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan risiko serangan jantung bagi orang yang mengonsumsinya secara rutin.

  1. Mengontrol gula darah

Serat di dalam labu siam ternyata juga bagus untuk mengontrol kadar gula darah. Karena itu, sayur ini sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang menderita diabetes.

Serat membuat tubuh lebih pelan dalam mencerna makanan. Oleh karena itu, tubuh tidak langsung menyerap gula yang terkandung dalam makanan yang telah dikonsumsi.

Bagi Anda yang masih sehat, konsumsi labu siam secara rutin bisa mencegah penyakit diabetes tipe 2. Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, labu siam juga bisa menjadi alternatif untuk mempercepat tubuh Anda mencapai berat ideal dengan cara yang sehat.

  1. Baik untuk ibu hamil

Manfaat labu siam bagi kesehatan juga bisa dirasakan oleh ibu hamil dan bayinya. Pasalnya sayur yang kerap dijadikan lalapan ini kaya akan folat (vitamin B9). Saat dikonsumsi di masa-masa kehamilan, folat dapat mencegah bayi terlahir dengan kelainan bawaan.

Satu buah labu siam saja bisa mengandung hingga 189 mikrogram folat alias hampir separuh dari rekomendasi jumlah folat yang diperlukan oleh seorang wanita dalam sehari. Untuk memaksimalkan manfaat folat, calon ibu sebaiknya mulai mengonsumsinya satu bulan sebelum hamil hingga selama kehamilan trimester pertama.

Meskipun memiliki banyak manfaat, cara mengonsumsi labu siam tetap perlu diperhatikan. Memakan sayur ini dalam bentuk yang sudah diolah menjadi hidangan bersantan harus dibatasi.

Pasalnya, santan sendiri mengandung lemak jenuh sebanyak 21 gram per 100 gramnya, sehingga bisa meningkatkan kolesterol di dalam tubuh. Jangan sampai manfaat labu siam untuk kesehatan malah tenggelam akibat cara masak yang tidak tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chayote-squash#section10
Diakses pada 6 Mei 2019

Heart. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/saturated-fats
Diakses pada 6 Mei 2019

Pregnancy birth baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/folate-and-pregnancy
Diakses pada 6 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed