Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan, Mulai dari Kulit hingga Jantung

Membantu menurunkan risiko kanker, salah satu manfaat labu kuning untuk kesehatan
Manfaat labu kuning untuk kesehatan sangat beragam

Meski sering dikonsumsi, namun belum banyak orang yang tahu, jika ternyata manfaat labu kuning untuk kesehatan sangatlah beragam. Buah yang biasa menjadi hiasan saat Halloween ini, dipercaya baik untuk Anda yang sedang diet.

Tidak hanya sampai di situ, labu kuning juga berpotensi membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Sebelum menilik lebih jauh manfaat labu kuning, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu kandungan gizi yang terkandung dalam buah ini.

Nutrisi yang terkandung pada labu kuning

Jika bicara soal makanan yang banyak mengandung vitamin A, Anda mungkin akan terpikir soal wortel. Tidak kalah, labu kuning ternyata juga sangat kaya akan kandungan vitamin yang baik untuk mata ini.

Dalam sekitar 250 gram labu kuning yang dimasak, kandungan vitamin A di dalamnya bahkan sudah dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 245%. Lebih lengkap, berikut ini nutrisi yang Anda dapatkan dalam sekitar 250 gram labu kuning yang telah dimasak.

  • Kalori: 49
  • Lemak: 0,2 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 3 gram
  • Karbohidrat: 12 gram
  • Vitamin C: 19% dari kebutuhan harian tubuh
  • Kalium: 16% dari kebutuhan harian tubuh
  • Tembaga: 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • Mangan: 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • Vitamin B2: 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • Vitamin E: 10% dari kebutuhan harian tubuh
  • Zat besi: 8% dari kebutuhan harian tubuh

Jangan lewatkan manfaat labu kuning ini untuk tubuh

Kandungan nutrisinya yang beragam, membuat manfaat labu kuning untuk kesehatan juga berlimpah, seperti di bawah ini.

1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan kalori dalam labu kuning, tergolong rendah. Sebab, sebagian besar kandungan buah ini atau 90 persennya, terdiri dari air. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalamnya akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Baik untuk kesehatan mata

Vitamin A yang berlimpah pada labu kuning, membuatnya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Buah ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang dipercaya dapat membantu mencegah katarak, serta memperlambat perkembangan penyakit degenerasi makula.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat labu kuning yang satu ini, didapatkan dari kandungan vitamin C serta beta karoten dalam biji labu. Oleh tubuh, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A yang akan memicu pembentukan sel darah putih. Sel darah putih berperan sangat penting dalam melawan infeksi yang terjadi di tubuh.

4. Membuat kulit jadi awet muda

Labu kuning mengandung beta-karoten, yang dapat berperan melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat sinar matahari. Manfaat labu kuning untuk kulit juga didapatkan dari kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin E, yang dapat menjaga kulit agar tetap sehat.

5. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Labu kuning kaya akan kandungan carotenoid, yaitu antioksidan yang dapat disebut dapat membantu menetralkan radikal bebas pemicu kanker. Beberapa penelitian menyebutkan konsumsi carotenoid dalam jumlah yang cukup, dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena kanker pankreas, tenggorokan, dan lainnya.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Labu kuning mengandung beberapa bahan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, seperti vitamin C, serat, dan kalium.

7. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Biji labu kuning, mengandung triptofan, sejenis asam amino yang dapat memicu rasa kantuk. Bahan ini juga mendorong pengeluaran hormon serotonin, yang dapat membuat tubuh merasa lebih rileks, dan siap untuk beristirahat.

8. Menjaga kesehatan prostat

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, minyak biji labu kuning berhasil mencegah pembesaran prostat yang tidak normal. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan, untuk benar-benar memastikan manfaat labu kuning yang satu ini.

9. Dapat membantu mengontrol kadar gula darah

Bahan yang terkandung dalam biji labu kuning, dapat membantu penyerapan gula di jaringan dan tubuh, serta menyeimbangkan kadar gula di hati. Peran ini membuat biji labu kuning dipercaya dapat membantu menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Namun, penelitian mengenai hal ini masih perlu lebih banyak dilakukan, untuk memastikan manfaat labu kuning terhadap kadar gula darah di tubuh.

Catatan dari SehatQ

Manfaat labu kuning untuk kesehatan didapatkan dari berbagai vitamin, mineral, serta antioksidan yang dikandungnya. Labu kuning juga tidak memiliki banyak kalori, sehingga baik bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Meski begitu, Anda perlu ingat bahwa masih ada risiko alergi yang mungkin muncul pada beberapa orang. Sehingga, Anda sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/pumpkin
Diakses pada 17 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/279610.php
Diakses pada 17 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/features/6-surprising-health-benefits-of-pumpkin#1
Diakses pada 17 Oktober 2019

Health. https://www.health.com/fitness/6-surprising-health-benefits-of-pumpkin
Diakses pada 17 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed