Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Patut Anda Pertimbangkan

(0)
10 Feb 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kurma adalah salah satu buah yang cocok dijadikan camilan saat hamil. Sejumlah manfaat kurma untuk ibu hamil dipercaya membantu menunjang kesehatan ibu dan janin selama proses kehamilan. Buah yang populer di Timur Tengah ini bahkan tidak membawa efek samping negatif alias aman sehingga cocok untuk dikonsumsi dalam seluruh trimester kehamilan.Soal nutrisi, Anda tidak perlu meragukan buah kurma. Buah kering ini kaya akan serat dan mengandung berbagai nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kehamilan, seperti zat besi, folat, vitamin K, kalium, hingga fruktosa. Mari kita kenali lebih jauh seputar manfaat buah kurma untuk ibu hamil.

Manfaat kurma untuk ibu hamil

Mulai dari mengurangi risiko terkena anemia hingga memudahkan proses persalinan, berikut adalah sejumlah manfaat kurma untuk ibu hamil yang layak Anda pertimbangkan.

1. Mencegah anemia

Anemia pada ibu hamil
Kurma dapat membantu mencegah anemia
Kandungan zat besi yang terkandung dalam kurma dapat membantu Anda mencegah anemia. Kebutuhan zat besi yang terpenuhi dapat menjaga kadar hemoglobin dalam jumlah memadai pada tubuh Anda.Nutrisi ini juga bermanfaat untuk membantu berbagai proses metabolisme dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun Anda sekaligus janin yang sedang tumbuh. Kurma juga mengandung vitamin C dan serat yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

2. Mencegah dan mengobati konstipasi

Konstipasi pada ibu hamil
Kurma dapat mengatasi konstipasi yang sering terjadi saat hamil
Mengonsumsi kurma dalam trimester pertama kehamilan sangat dianjurkan karena pada periode ini ibu hamil rentan mengalami konstipasi atau sembelit. Mengonsumsi kurma secara rutin dapat membantu Anda untuk buang air besar dengan lancar dan mencegah rasa tidak nyaman dalam perut yang dapat disebabkan konstipasi.Manfaat kurma untuk ibu hamil ini bersumber dari kandungan seratnya yang cukup tinggi. Selain itu, kurma juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan Anda secara keseluruhan, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, hingga membantu menjaga berat badan yang sehat.Meski membawa banyak manfaat, pastikan Anda tidak mengonsumsi kurma secara berlebihan karena bisa meningkatkan kadar gula darah. Apalagi jika Anda sebelumnya memiliki masalah gula darah atau penyakit diabetes.

3. Memberikan lebih banyak energi

Kelelahan adalah salah satu gejala kehamilan
Kelelahan saat hamil dapat diatasi dengan konsumsi kurma
Kelelahan adalah salah satu tanda kehamilan yang pertama kali muncul. Rasa lelah ini juga biasanya akan berlangsung sepanjang kehamilan yang Anda jalani. Masalah ini umumnya disebabkan oleh peningkatkan hormon progesteron dan perubahan pada volume darah, tekanan darah, serta gula darah.Untuk mengatasi masalah kelelahan ini, Anda membutuhkan lebih banyak energi yang bersumber dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari saat hamil. Mengonsumsi kurma secara rutin dapat membantu Anda meningkatkan energi lewat kandungan gula dan berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

4. Mencegah cacat lahir

Kurma mengandung folat
Kurma termasuk sumber asam folat yang baik
Kurma adalah sumber folat yang baik sehingga cocok dijadikan camilan sehat sepanjang kehamilan. Asam folat yang terkandung di dalamnya adalah salah satu nutrisi penting yang harus Anda penuhi saat hamil. Nutrisi ini berfungsi dalam mencegah cacat lahir yang berhubungan dengan otak dan sumsum tulang belakang.WHO bahkan merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi berbagai makanan yang kaya folat dan tambahan suplemen asam folat untuk mencegah berbagai bentuk cacat lahir, baik sebelum dan saat kehamilan.

5. Membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin

Kurma dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin
Magnesium dalam kurma berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi janin
Manfaat kurma untuk ibu hamil lainnya adalah mengandung magnesium yang baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Mineral penting ini juga berperan dalam mengatur kadar gula darah dan tekanan darah Anda.Konsumsi kurma secara rutin saat hamil dapat membantu mencegah defisiensi atau kekurangan magnesium. Kondisi ini dapat meningkatkan berbagai risiko komplikasi berbahaya kehamilan, seperti hipertensi kronis, preeklampsia, disfungsi plasenta, dan kelahiran prematur.

6. Menjaga keseimbangan air dan garam dalam tubuh

Kurma mengandung kalium
Kandungan kalium dalam kurma dapat mengatur tekanan darah
Kandungan kalium dalam kurma berperan dalam menjaga keseimbangan air dan garam, mengatur tekanan darah, dan mencegah terjadinya kram otot.Defisiensi atau kekurangan mineral penting ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti tekanan darah tinggi, penyakit-penyakit jantung dan pembuluh darah, hingga stroke.

7. Menjadi induksi alami untuk memperlancar persalinan

Induksi persalinan dapat dilakukan secara alami
Kurma punya manfaat sebagai induksi alami untuk mempercepat persalinan
Salah satu manfaat kurma untuk ibu hamil yang cukup populer adalah menjadi induksi alami untuk mempercepat sekaligus mempersingkat proses persalinan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi enam buah kurma setiap harinya mulai dari minggu ke-36 kehamilan, tepatnya empat minggu sebelum hari perkiraan lahir (HPL) yang diprediksi dokter.Manfaat ini bahkan sudah dibuktikan secara ilmiah dalam sebuah penelitian di Yordania pada 2011 silam. Ibu hamil yang mengonsumsi enam kurma setiap harinya sepanjang empat minggu, menjalani tahap pertama persalinan yang lebih cepat dan leher rahim (serviks) mereka dianggap lebih matang untuk persalinan.Studi lainnya yang berkaitan menyatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi kurma secara rutin di trimester akhir kehamilannya, membutuhkan intervensi medis untuk menginduksi atau mempercepat persalinan yang jauh lebih sedikit ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi kurma.Itulah sejumlah manfaat kurma untuk ibu hamil yang perlu Anda pertimbangkan. Selain dimakan langsung dalam buah, Anda juga bisa mengolah kurma menjadi berbagai jenis makanan lainnya, seperti susu, smoothies, hingga kue.Walaupun banyak manfaatnya, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kurma secara berlebihan atau tidak wajar untuk mencegah masalah kesehatan yang tidak diinginkan.Jika Anda punya pertanyaan seputar kehamilan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
nutrisi ibu hamilbuah dan sayurankurma
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/surprising-benefits-of-dates-during-pregnancy_0075704/
Diakses pada 27 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/dates-during-pregnancy#easier-labor
Diakses pada 27 Januari 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/dates-during-pregnancy-health-benefits-and-more/
Diakses pada 27 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait