4 Manfaat Kurma Muda untuk Promil (Kapan Waktu yang Tepat Mengonsumsinya?)


Manfaat kurma muda kuning bukan hanya meningkatkan kesuburan untuk mempercepat hamil, tapi juga kesehatan pada umumnya. Apa saja berbagai manfaat yang dimaksud?

0,0
04 Oct 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat kurma muda untuk promil dipercaya dapat meningkatkan kesuburanKurma muda kuning punya banyak manfaat bagi kesehatan
Salah satu manfaat mengonsumsi kurma muda kuning yang sering dibicarakan adalah khasiatnya dalam meningkatkan kesuburan dan membantu wanita agar cepat hamil. Apakah manfaat kurma muda untuk promil memang efektif?Perlu diketahui bahwa kurma muda adalah kurma segar dan biasanya berwarna kuning, yang juga disebut sebagai kurma rutob.Dibanding kurma berwarna cokelat yang Anda kenal pada umumnya, kurma muda memiliki lebih banyak air dan lebih sedikit mengandung gula sehingga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi kurma muda untuk promil 

Kurma muda adalah salah satu buah yang dikenal bagus untuk mempercepat kehamilan. Ini karena buah kurma mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk memperbaiki kualitas sel sperma dan ovum.Dalam 100 gram kurma muda, terdapat kandungan vitamin B6 yang mampu memenuhi 12 persen kebutuhan harian vitamin B6 Anda. Menurut American Pregnancy Association, vitamin B6 ini penting dalam proses produksi hormon wanita sekaligus menyeimbangkan kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Kedua hormon ini sangat memengaruhi tingkat kesuburan pria dan wanita.Selain vitamin B6, kurma muda juga lebih kaya akan vitamin C dibanding kurma kering. Dalam 100 gram kurma muda terdapat sekitar 30 mg vitamin C.Sementara itu, kurma yang sudah diolah (kurma cokelat) sama sekali tidak mengandung vitamin C karena nutrisi ini sangat rentan rusak jika sudah terkena panas atau telah melalui proses penyimpanan tertentu.Baca juga: 10 Makanan yang Dilarang untuk Program Hamil (Sebaiknya Dihindari!)

Manfaat kurma muda untuk promil

Belum ada penelitian yang menyatakan manfaat kurma muda sebagai perangsang kesuburan yang dapat mempercepat proses kehamilan.Hanya saja, program hamil dengan kurma muda dikenal lantaran buah ini memang mengandung berbagai nutrisi yang sudah terbukti bermanfaat ketika seorang wanita menjalani program hamil.Sejumlah manfaat kurma muda untuk promil adalah:

1. Meningkatkan hormon oksitosin

Hormon oksitosin adalah hormon cinta yang dikenal dapat memengaruhi sistem reproduksi wanita serta proses kelahiran dan menyusui.Meningkatkan hormon oksitosin bisa mencegah stres dan berperan mempermudah proses ereksi dan orgasme sehingga hubungan seksual menjadi lebih mesra dan intim untuk mempercepat proses kehamilan.Selain itu, kurma muda juga membantu hormon botosin yang berperan meningkatkan gerak pembuluh darah rahim, sehingga bisa meningkatkan kesuburan.

2. Merangsang ovulasi

Pada wanita, vitamin C pada buah kurma muda ini bisa merangsang ovulasi. Sedangkan bagi pria, manfaat kurma muda dengan kandungan vitamin C ini dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma sekaligus memicu pergerakannya agar lebih cepat mencapai sel telur.

3. Dipercaya sebagai obat untuk mengatasi ketidaksuburan

Buah kurma muda dipercaya sebagai obat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan pada pria. Biji dan serbuk sari kurma muda dikenal memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pada pria maupun wanita. Selain itu, vitamin B6 yang terkandung di dalamnya juga dikenal baik untuk menyeimbangkan kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh yang penting untuk proses reproduksi.

4. Membantu memperlancar persalinan

Penelitian menunjukkan ibu hamil yang mengonsumsi buah kurma atau kurma muda kuning jelang persalinan akan mengalami proses persalinan yang lancar.Pasalnya, kandungan pada buah kurma dapat merangsang pembukaan jalan lahir sehingga waktu persalinan akan lebih singkat.Ibu hamil yang makan kurma muda jelang persalinan juga terbukti lebih sedikit membutuhkan induksi dibanding ibu hamil yang tidak makan kurma. Manfaat kurma muda ini berhubungan dengan kandungannya yang mirip hormon oksitosin, yakni hormon yang paling berperan dalam proses persalinan ibu hamil.Selain itu, kurma muda juga mengandung tannin yang berperan merangsang kontraksi. Kurma muda juga mengandung gula alami yang dapat menjaga energi ibu hamil selama persalinan.

Untuk mempercepat proses kehamilan, Anda dapat mengonsumsi kurma muda setiap hari. Namun, konsumsinya tetap tidak boleh berlebihan, yakni hanya 6-8 butir setiap hari untuk orang yang tidak memiliki diabetes dan 2-3 butir setiap hari untuk orang yang memiliki penyakit diabetes. Adapun waktu yang direkomendasikan untuk makan buah kurma muda untuk kehamilan adalah satu jam setelah berhubungan seksual atau setiap pagi dan sore hari. Kurma muda yang bagus untuk program kehamilan adalah kurma yang usianya sekitar 120 hari dan cenderung berwarna kuning kemerahan.Kemudian bagaimana cara mengonsumsi kurma muda untuk promil? Anda dapat mengonsumsi buah kurma ini dengan cara dimakan langsung, ditumbuk hingga halus dan diseduh, dicampurkan dengan jus buah, hingga dimasak menjadi bubur.Baca juga: 10 Makanan agar Cepat Hamil Ini Perlu Dikonsumsi Semua Calon Ibu (Bukan Mitos Belaka!)

Cara makan kurma muda untuk program hamil

Buah kurma muda memang tidak ditanam di Indonesia, tapi Anda bisa membelinya di pasar yang menjual kurma cokelat atau lewat toko online.Kurma muda yang disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di dalam kulkas diklaim dapat bertahan hingga 8 bulan. Sedangkan jika disimpan di wadah kedap udara, kemudian dimasukkan lemari pembeku, maka ia bisa bertahan hingga 1 tahun.Selain dikonsumsi secara langsung, ada berbagai cara makan kurma muda bagi Anda yang tengah menjalani program kehamilan. Seperti apa caranya?

1. Diseduh

Cara makan kurma muda yang paling umum adalah dengan menyeduhnya untuk mendapatkan sari kurma. Berikut ini cara menyeduh kurma untuk diminum:
  • Pisahkan biji dari daging buah kurma muda.
  • Tumbuk kurma muda hingga benar-benar halus.
  • Seduh kurma muda yang sudah ditumbuk menggunakan air panas.
  • Campurkan madu, susu dan air lemon.
  • Minum secara rutin sebelum tidur.

2. Dijadikan jus

Kurma muda juga dapat dijadikan jus untuk dikonsumsi ibu hamil. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat jus jurma muda:
  • Pisahkan biji dari daging buah kurma muda.
  • Masukkan kurma ke dalam blender, hancurkan hingga halus.
    Tambahkan varian buah lain atau sayur untuk menambah aneka rasa jus, seperti potongan wortel, tomat maupun melon.
  • Campurkan susu dan madu ke dalamnya.
  • Minum 2 kali dalam sehari.

3. Dicampurkan pada bubur

Cara makan kurma muda untuk bumil selanjutnya yaitu dengan mencampurnya pada bubur. Cara membuatnya pun terbilang mudah.Pertama, siapkan bubur nasi, lalu tambahkan kurma muda yang telah ditumbuk halus. Selanjutnya, campurkan madu untuk menambah cita rasa bubur kurma muda.Kurma muda juga bagus untuk digunakan sebagai pemanis alami pengganti gula. Sebab, kurma memiliki indeks glikemik rendah yang tidak akan melejitkan kadar gula dalam darah, terutama setelah Anda makan.

Manfaat kurma muda lainnya

Manfaat kurma muda bukan hanya menyuburkan kandungan, namun juga menjaga kesehatan pada umumnya.Selain makan kurma muda agar cepat hamil, berikut manfaat kurma muda kuning lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh perempuan yang ingin mencoba hamil:
  • Mengontrol kadar gula darah: kurma muda kaya akan serat yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga kadar gula darah Anda tidak langsung naik setelah memakannya.
  • Mencegah sembelit: Dalam 100 gram kurma, terdapat nyaris 7 gram serat yang sudah cukup memenuhi 25 persen kebutuhan harian serat Anda. Serat dari makanan dapat membantu mencegah konstipasi.
  • Menangkal radikal bebas: Terdapat tiga jenis antioksidan dalam buah kurma, yakni flavonoid (dapat mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker), carotenoid (menyehatkan jantung dan mata), serta asam phenolic (mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung).
Jika ingin berkonsultasi langsung perihal kurma muda untuk promil, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
buah dan sayurankurma
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates
Diakses pada 2 Oktober 2019
American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/planning/get-pregnant-naturally/
Diakses pada 2 Oktober 2019
Healthfully. https://healthfully.com/fresh-dates-vs-dried-dates-8116775.html
Diakses pada 2 Oktober 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait