Manfaat Kurma Medjool dan Efek Sampingnya yang Perlu Diketahui


Berkat kandungan nutrisinya, kurma Medjool memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat kurma Medjool yang bisa Anda dapatkan, antara lain menjaga kesehatan jantung dan pencernaan.

(0)
05 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak manfaat kurma MedjoolKurma Medjool warnanya lebih gelap ketimbang jenis kurma lainnya
Kurma Medjool adalah salah satu jenis kurma populer yang berasal dari Maroko. Kurma ini memiliki ukuran lebih besar dan warna lebih gelap jika dibandingkan dengan jenis-jenis kurma lainnya. Dahulu, kurma Medjool dikenal sebagai makanan para raja karena hanya dapat dikonsumsi oleh kaum bangsawan. Kini, kurma Medjool banyak dibudidayakan di negara-negara beriklim hangat.Kurma Medjool sejak lama dikenal akan khasiatnya dalam menghilangkan rasa lelah dan lesu. Kurma ini bahkan terbukti secara ilmiah mengandung berbagai nutrisi bermanfaat sehingga dianggap baik bagi kesehatan.

Manfaat kurma Medjool bagi kesehatan

Berikut adalah sejumlah manfaat kurma Medjool yang bisa Anda nikmati.

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam kurma Medjool dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan LDL (kolesterol jahat). Kedua jenis lemak ini dapat menyumbat dan mengeraskan pembuluh darah sehingga berbahaya bagi kesehatan.Kandungan kurma Medjool dapat membantu mencegah penumpukan lemak di arteri. Dengan demikian, risiko penyakit jantung dapat diturunkan. Kurma Medjool juga memiliki kandungan antioksidan karotenoid dan asam fenolat yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam kurma Medjool dapat membantu fungsi pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Kurma ini juga dianggap mampu mencegah sembelit dan memperbanyak bakteri baik di pencernaan.Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa frekuensi buang air besar dapat meningkat dengan konsumsi kurma Medjool. Kandungan serat yang tinggi juga dipercaya menurunkan berbagai risiko penyakit, misalnya kanker kolorektal.

3. Mendukung fungsi saraf

Tahukah Anda kalau kurma Medjool memiliki kandungan kalium 50 persen lebih banyak daripada pisang? Memenuhi kebutuhan kalium sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan fungsi saraf.Sebaliknya, kekurangan kalium bisa berdampak pada gangguan detak jantung, kelemahan otot, dan mengakibatkan kelelahan. Kandungan antioksidan pada kurma Medjool juga terbukti secara ilmiah bisa mengurangi plak dalam otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

4. Meningkatkan metabolisme

Kurma Medjool mengandung vitamin B kompleks yang dapat membantu proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Hal ini dapat membantu melawan gejala kelelahan dan letih pada tubuh.

5. Mengurangi risiko diabetes

Konsumsi kurma Medjool secara rutin juga terbukti secara ilmiah bisa membantu mengurangi penyerapan gula dalam tubuh. Sehingga, kadar gula darah dapat dikontrol dan menurunkan risiko diabetes, sekaligus menjaga berat badan supaya terhindar dari obesitas.

Efek samping kurma Medjool

Meski banyak manfaatnya, orang-orang dengan kondisi medis tertentu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum konsumsi kurma ini. Berikut adalah efek samping yang bisa ditimbulkan kurma Medjool pada penderita penyakit-penyakit tertentu.

1. Penderita diabetes

Kurma Medjool adalah sumber gula alami yang memiliki indeks glikemik rendah. Penelitian menemukan bahwa gula pada kurma Medjool tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang besar sehingga cukup aman dikonsumsi.Meski demikian, konsumsi kurma Medjool bagi penderita diabetes sebaiknya dibatasi. Sebab, kurma Medjool juga memiliki kalori dari gula yang cukup banyak jika dibandingkan buah-buahan segar lainnya dalam porsi yang sama.

2. Menambah berat badan

Kandungan kalori pada kurma Medjool berisiko meningkatkan berat badan Anda apabila dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perhatikan porsi kurma Medjool yang akan dikonsumsi.

3. Penderita gangguan ginjal

Kalium di dalam tubuh akan diproses oleh ginjal. Bagi Anda yang memiliki gangguan ginjal, sebaiknya ikuti anjuran dokter terkait berapa banyak jumlah kalium yang dapat dikonsumsi.

4. Penderita alergi

Buah kering termasuk kurma berpotensi mengandung sulfit yang menyebabkan alergi. Orang yang memiliki alergi sulfit mungkin akan mengalami gejala berikut setelah mengonsumsi kurma Medjool.
  • Sakit perut
  • Kembung
  • Diare
  • Ruam kulit
Kandungan sulfit juga dapat memicu kekambuhan atau memperparah gejala asma sehingga Anda perlu waspada.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar buah-buahan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
buah dan sayurankurma
Web MD. https://www.webmd.com/diet/Medjool-dates-health-benefits#1
Diakses 20 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/Medjool-dates
Diakses 20 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait