Manfaat Kunyit untuk Wajah yang Tidak Diduga-duga

(0)
04 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kunyit untuk wajah dapat didapatkan dari masker kunyitKunyit dapat diolah menjadi masker yang punya banyak manfaat bagi wajah
Selain digunakan untuk membumbui masakan dan sebagai jamu, kunyit (curcuma longa) juga memberikan efek menguntungkan untuk kulit Anda. Bahkan, manfaat kunyit untuk wajah terbilang cukup banyak.Kunyit setidaknya memiliki 300 kandungan bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu kandungan tertinggi pada kunyit adalah kurkumin, yakni senyawa yang memiliki sifat antiradang. Selain itu, kunyit juga mengandung asam askorbat, beta karoten, flavonoid, kalsium, zat besi, serat, serta banyak nutrisi lainnya.

Manfaat kunyit untuk wajah

Manfaat kunyit untuk wajah bisa didapatkan dengan menggunakannya sebagai masker atau lulur. Kandungan antioksidan, antiseptik, dan antiradang pada kunyit dapat memberikan manfaat yang tidak sedikit untuk wajah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mengatasi jerawat

Munculnya jerawat pada wajah dikarenakan adanya sumbatan pada pori-pori wajah yang mengalami infeksi bakteri. Jerawat dapat muncul di wajah dalam tingkatan ringan hingga berat.Penggunaan masker kunyit secara teratur membuat kandungan antiradang di dalamnya mampu menyembuhkan jerawat dan mengurangi luka bekas jerawat.

2. Membuat wajah berkilau secara alami

Kandungan antiradang dan antioksidan pada kunyit dapat membuat kulit wajah tampak lebih sehat dan bersinar. Kunyit juga dapat menyehatkan kulit yang bermasalah sehingga mampu memancarkan kembali kilau alami kulit wajah.Di India, calon pengantin biasanya menggunakan kunyit sebelum pernikahan. Hal tersebut dilakukan agar wajah mereka tampak bersinar di hari pernikahan dan terbebas dari noda dan bekas-bekas luka.

3. Mengurangi hiperpigmentasi

Beberapa studi telah dilakukan untuk mengetahui manfaat kunyit untuk wajah dalam mengatasi hiperpigmentasi (noda gelap pada wajah). Sebuah penelitian bahkan melaporkan bahwa penggunaan krim berbahan dasar kunyit selama 4 minggu, dapat menurunkan hiperpigmentasi hingga 14 persen.Hiperpigmentasi ditandai dengan bercak-bercak yang tampak lebih gelap dari kulit di area sekitarnya. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada wajah, tetapi pada semua bagian tubuh. Penderita hiperpigmentasi dapat merasa kurang percaya diri akibat adanya bercak-bercak gelap di wajah.

4. Mengurangi kerutan

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat kunyit untuk wajah dalam mengurangi kerutan dan garis-garis halus. Hal ini dikaitkan dengan kemampuan kunyit dalam memperbaiki tekstur kulit wajah secara keseluruhan, yang juga berdampak menyamarkan kerutan pada wajah.

Cara mendapatkan manfaat kunyit untuk wajah

Manfaat kunyit untuk wajah bisa didapatkan dengan mengaplikasikan masker kunyit. Masker ini dapat dibuat dengan mencampurkan bubuk, ekstrak, atau perasan kunyit dengan zat lain sebagai pengental sehingga membentuk pasta.Berikut adalah beberapa cara penggunaan kunyit untuk kesehatan wajah berdasarkan pada masalah kulit yang dihadapi.

1. Antioksidan

Untuk mendapakan manfaat antioksidan dari kunyit, Anda bisa mencampurkan kunyit dengan sedikit air, atau jika terlalu encer, campurkan dengan tepung almond atau tepung beras hingga mencapai kekentalan yang Anda inginkan.

2. Masker jerawat dan antibakteri

Untuk memanfaatkan kunyit sebagai masker jerawat dan antibakteri, Anda dapat mengombinasikannya dengan air hangat dan madu. Air hangat dapat membuka pori-pori dan madu memiliki efek antiradang serta antibakteri yang baik untuk mengatasi jerawat.

3. Masker hiperpigmentasi dan kerutan

Kombinasi kunyit dengan yogurt dan jus lemon dapat memberikan tambahan nutrisi yang diperlukan kulit sehingga dapat memberikan efek mencerahkan pada wajah.

4. Pereda iritasi kulit

Saat kulit mengalami iritasi, campurkan kunyit dengan gel lidah buaya. Kombinasi keduanya memiliki efek menenangkan dan menyejukkan kulit secara alami.Supaya mendapatkan manfaat kunyit untuk wajah secara maksimal, aplikasikan masker yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Diamkan masker selama 10 menit sebelum dibilas dengan air hangatJangan membiarkan masker kunyit di permukaan kulit terlalu lama, apalagi hingga semalaman, karena dapat meninggalkan noda kuning. Setelah masker dibersihkan, Anda dapat melanjutkan perawatan dengan pemakaian toner, serum, serta krim pelembap yang biasa digunakan.  
herbaltanaman obatmasker wajahperawatan wajah
Live Science
https://www.livescience.com/41760-turmeric-supplement-facts.html#:~:text=Turmeric%20contains%20more%20than%20300,touted%20health%20effects%20is%20curcumin.
Diakses 22 Agsutus 2020
Healthline
https://www.healthline.com/health/turmeric-for-skin
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/turmeric-face-mask
Diakses 22 Agsutus 2020
bollywoodshaadis
https://www.bollywoodshaadis.com/articles/significance-of-haldi-ceremony-in-indian-weddings-3198
Diakses 22 Agsutus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait