logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Rahim Ternyata Bukan Mitos

open-summary

Selain menjadi salah satu bumbu masakan favorit, manfaat kunyit untuk kesehatan rahim pun beragam. Rempah cerah ini dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan.


close-summary

3.5

(18)

24 Agt 2020

| Annisa Trimirasti

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Meningkatkan kesuburan adalah salah satu manfaat kunyit untuk kesehatan rahim

Manfaat kunyit untuk kesehatan rahim termasuk meningkatkan kesuburan

Table of Content

  • Berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan rahim
  • Tips menambahkan kunyit dalam keseharian Anda

Kunyit merupakan rempah umum yang sering digunakan dalam masakan. Selain bisa memberikan warna yang cerah, bahan ini juga bisa menambah kelezatan.

Advertisement

Di samping sebagai bumbu, kunyit juga ternyata menyimpan khasiat lain. Salah satunya adalah manfaat kunyit untuk kesehatan rahim.

Berbagai manfaat kunyit untuk kesehatan rahim

Kunyit telah lama digunakan dalam dunia pengobatan tradisional. Pasalnya, rempah ini tinggi antioksidan, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sangat menyehatkan.

Ketenaran rempah kuning ini semakin melambung dengan kemampuannya dalam meningkatkan kesuburan dan kesehatan rahim.

Gangguan kesuburan pada wanita bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kerusakan pada organ reproduksi (seperti tuba falopi dan rahim) hingga akibat kondisi hormon (seperti PCOS alias polycystic ovary syndrome).

Kunyit ternyata dapat membantu dalam meringankan kondisi-kondisi tersebut, bahkan menyehatkan kehamilan. Lebih jelasnya, berikut sejumlah manfaat kunyit untuk kesehatan rahim:

1. Membantu dalam mengatasi tuba falopi yang tersumbat

Tuba falopi adalah saluran yang menghubungkan indung telur atau ovarium dengan rahim. Adanya penyumbatan pada tuba falopi bisa menghambat proses bertemunya sperma dan telur, sehingga kehamilan sulit terjadi.

Rutin mengonsumsi kunyit disebut membantu dalam meringankan sumbatan pada tuba falopi. Kebaikan ini muncul berkat kandungan curcumin dalam kunyit

Curcumin adalah bahan kimia alami yang tinggi antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi. Oleh karena itu, Anda bisa rutin mengonsumsi kunyit dari sekarang. Tapi tetaplah membatasinya dalam jumlah wajar, yaitu maksimal 8 gram per hari.

2. Membantu dalam mengatasi PCOS

PCOS atau polycystic ovary syndrome adalah gangguan hormon yang dapat menyebabkan banyaknya folikel-folikel cairan di ovarium, sehingga sulit untuk melepaskan sel telur. Kondisi ini membuat proses pembuahan sulit terjadi.

Suplemen kunyit disebut dapat membantu untuk meringankan PCOS. Pasalnya, kunyit mampu mengatasi inflamasi sekaligus menurunkan potensi resistensi insulin. Kedua kondisi inilah yang dikatakan bisa memicu munculnya PCOS pada seorang wanita.

3. Membantu dalam meringankan endometriosis

Endometriosis adalah gangguan yang menyebabkan lapisan dalam rahim justru tumbuh di luar rahim. Kondisi ini bisa saja menghambat proses pembuahan dan kehamilan.

Tidak hanya itu, endometriosis juga kerap menimbulkan rasa sakit yang parah, terutama pada area panggul.

Curcumin dalam kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Karena itulah, muncul manfaat kunyit untuk kesehatan rahim dalam membantu untuk meringankan gejala endometriosis.

Senyawa curcumin juga berpotensi mengatasi endometriosis dengan menurunkan produksi estradiol, yakni salah satu bentuk hormon estrogen yang berkaitan erat dengan endometriosis. Penurunan ini akan menghambat pertumbuhan jaringan di luar rahim.

4. Membantu dalam mencegah preeklampsia

Preeklampsia adalah salah satu jenis komplikasi kehamilan akibat tingginya tekanan darah. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun kondisi peradangan pada tubuh berperan penting.

Sebagai salah satu langkah pencegahan preeklampsia, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kunyit. Lagi-lagi zat curcumin dengan sifat antiiinfamasi yang berperan dalam manfaat kunyit untuk kesehatan rahim ini.

Tetapi ingatlah untuk selalu mengonsumsi kunyit dalam jumlah wajar supaya khasiatnya tetap optimal.

5. Sebagai pengobatan alternatif untuk kanker ovarium

Dalam penelitian skala laboratorium, kunyit dapat melindungi sel dari berbagai jenis kanker. Misalnya, kanker usus dan kanker kulit. Sel-sel kanker berhenti menggandakan diri saat bertemu dengan curcumin, zat kimia utama dalam kunyit.

Karena itu, para pakar mempertimbangkan bahwa kunyit dapat memberi dampak positif pada para penderita kanker ovarium. Namun hingga sekarang, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Selain manfaat-manfaat di atas, kunyit juga dikenal dapat membantu dalam mencegah perkembangan fibroid rahim. Manfaat kunyit untuk kesehatan rahim ini juga muncul berkat kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri dalam rempah berwarna cerah tersebut.

Baca Juga

  • Cara Mengobati Endometriosis dari Obat hingga Operasi
  • Fungsi Vesikula Seminalis untuk Kesuburan Pria
  • 7 Cara Mengobati Prostat Tanpa Perlu Obat

Tips menambahkan kunyit dalam keseharian Anda

Anda bisa menyertakan kunyit ke dalam berbagai jenis masakan. Mulai dari nasi kuning, daging, ayam, dan lauk pauk lainnya. Meskipun demikian, jumlahnya juga harus dibatasi pasalnya menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan konsumsi kunyit 0-3 mg per kilogram berat badan. 

Sebagai variasi, Anda pun bisa meminum rempah ini dalam bentuk jamu. Anda dapat mencampur kunyit dengan susu, gula merah, ataupun buah-buahan agar minuman menjadi lezat.

Terdapat sederet manfaat kunyit untuk kesehatan rahim. Mulai dari membantu dalam menangani sumbatan tuba falopi, mengurangi gejala endometriosis, mengatasi PCOS, hingga mencegah preeklampsia pada ibu hamil.

Meski begitu, selalu konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dulu jika Anda ingin mengonsumsi kunyit. Dengan ini, keamanannya bagi kandungan dan kesehatan rahim tetap terjaga. Pasalnya, konsumsi kunyit dalam jumlah berlebihan justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan wanita.

Advertisement

kanker ovariummasalah reproduksiendometriosispcos

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved