Lawan Penyakit Hingga Meningkatkan Kesehatan, Ini Manfaat Kuning Telur yang Perlu Anda Ketahui

Ada banyak manfaat kuning telur untuk kesehata, mulai dari lawan penyakit hingga menjaga kesehatan jantung
Kuning telur memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan, untuk berbagai sistem tubuh manusia

Anda mungkin sering dinasihati untuk membuang kuning telur dan hanya mengonsumsi putihnya saja. Sayang sekali, karena sebenarnya ada banyak manfaat kuning telur untuk kesehatan tubuh Anda.

Kuning telur mengandung sekitar 43% protein dari kandungan totalnya pada satu butir telur. Kandungan vitaminnya, mulai dari vitamin A, beberapa vitamin B, vitamin E, dan vitamin K, turut memberikan bagian telur ini bernutrisi tinggi dan menyehatkan.

Manfaat kuning telur ini tak bisa dianggap remeh

Kuning telur memberikan manfaat untuk tubuh, mulai dari jantung hingga otak. Berikut ini manfaat kuning telur untuk kesehatan yang sangat memukau:

1. Menjaga kesehatan sistem jantung dan darah

Kuning telur dapat mengendalikan tekanan darah agar senantiasa normal. Selain itu, kuning telur juga membantu produksi darah tetap normal, serta turut menjaga komposisinya, seperti kadar zat besi dan faktor pembekuan darah.

2. Membantu melawan penyakit

Konsumsi kuning telur dikaitkan dengan efek antikanker dan antimikroba penyebab infeksi. Tak hanya itu, secara keseluruhan telur juga memiliki sifat antioksidan, yang dapat menangkal radikal bebas pemicu penyakit. Kuning telur dikaitkan pula dengan penurunan risiko peradangan pada tubuh.

3. Mencegah penyakit mata

Kuning telur umumnya dapat melindungi kesehatan mata. Kuning telur juga memiliki manfaat untuk mencegah beberapa penyakit yang menyerang organ penglihatan ini, seperti degenerasi makula dan katarak yang dipicu oleh usia.

4. Memelihara sistem kemih

Manfaat kuning telur juga dirasakan oleh sistem kemih manusia. Beberapa manfaatnya antara lain melindungi kandung kemih serta mencegah penyakit batu ginjal.

5. Melindungi kesehatan pencernaan dan metabolisme nutrisi

Kuning telur telah dikaitkan dengan kesehatan usus dan dapat membantu pencegahan obstruksi usus. Tak sampai di situ, manfaat kuning telur juga berupa mengoptimalkan penyerapan nutrisi saat dicerna, serta membantu meningkatkan metabolisme protein dan lemak.

Secara umum, kuning telur memberikan khasiat dan manfaat untuk pencernaan dan metabolisme nutrisi.

6. Memelihara kesehatan kulit dan rambut

Kuning telur berpotensi untuk kesehatan kulit sehingga banyak digunakan dalam kecantikan dalam bentuk masker wajah.

Kuning telur mengandung biotin, folat, serta vitamin A dan E. Nutrisi tersebut telah dihubungkan dengan kesehatan rambut, seperti membantu bagian tubuh ini senantiasa kuat dan resisten terhadap kerusakan. Kuning telur turut mendorong rambut tumbuh lebih cepat.

7. Menjaga perkembangan otak

Kuning telur juga memberikan manfaat untuk otak, dengan memelihara kesehatan dan perkembangan organ ini. Tak salah juga banyak orang menyarankan sarapan pagi dengan telur sebab kuning telur merupakan sumber kolin yang memengaruhi daya ingat.

8. Memelihara fungsi tubuh hingga tingkat sel

Manfaat kuning telur juga dirasakan oleh bagian tubuh paling kecil, yaitu sel. Konsumsi kuning telur dalam batas wajar akan mendorong pertumbuhan dan perbaikan sel.

Tak sampai di situ, bahan makanan ini berkontribusi dalam produksi neurotransmitter. Neurotransmitter adalah senyawa kimiawi penyampai pesan antar sel saraf. Neurotransmitter memengaruhi berbagai fungsi fisik dan psikologis tubuh.

Keterkaitan kuning telur dengan kolesterol dan penyakit jantung, adakah?

Belum ada studi yang membuktikan kaitan antara kuning telur dengan penyakit jantung pada orang sehat. Malahan sebaliknya, dalam sebuah penelitian mengatakan kuning telur membantu meningkatkan kolesterol baik, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Walau begitu, hal di atas tidak berlaku untuk penderita diabetes tipe 2. Menurut studi, konsumsi telur meningkatkan risiko penyakit jantung pada penderita diabetes.

Begitu pula dengan masalah kolesterol. Kuning telur memang mengandung kolesterol tinggi. Namun faktanya, organ hati turut memproduksi kolesterol karena memang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi tertentu. Produksi kolesterol tersebut akan bergantung pada asupan kolesterol dari makanan. Kolesterol di darah juga dipengaruhi oleh kolesterol yang dihasilkan hati.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kuning telur di atas adalah mengonsumsinya dalam batas wajar. Untuk orang yang sehat, maksimal tiga butir telur per hari bisa dikatakan aman untuk dikonsumsi.

Catatan dari SehatQ

Dengan sederet manfaat kuning telur di atas, Anda tentu tak ingin lagi membuang bahan makanan ini. Sebab, telur menjadi makanan yang sangat menyehatkan untuk sebagian besar individu.

Healthline. https://www.healthline.com/health/egg-yolk-for-hair
Diakses pada 19 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/6-reasons-why-eggs-are-the-healthiest-food-on-the-planet
Diakses pada 19 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-many-eggs-should-you-eat
Diakses pada 19 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320445.php
Diakses pada 19 November 2019

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-a-neurotransmitter-2795394
Diakses pada 19 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed