5 Manfaat Kumur dengan Air Garam yang Jarang Diketahui

(0)
09 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kumur dengan air garam sangatlah beragam, salah satunya atasi radang tenggorokan.Manfaat kumur dengan air tenggorokan tidak boleh diremehkan!
Manfaat kumur dengan air garam untuk kesehatan sudah dipercaya sejak dahulu. Berbagai manfaat ini bahkan sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian ilmiah.Mulai dari meredakan radang tenggorokan, mengatasi infeksi pernapasan, hingga mengobati alergi. Kenalilah berbagai manfaat kumur dengan air garam ini.

Manfaat kumur dengan air garam

TIdak hanya untuk orang dewasa, berkumur dengan air garam aman dilakukan bagi anak-anak yang berusia 6 tahun ke atas dan bisa berkumur sendiri.Untuk meraih manfaat kumur dengan air garam, Anda hanya memerlukan air dan garam saja. Berikut adalah sejumlah manfaat kumur dengan air garam yang bisa Anda dapatkan.

1. Meredakan gejala sariawan

Sariawan di mulut dapat terasa nyeri, terutama saat terbentur makanan yang sedang dikunyah. Namun tenang, salah satu manfaat kumur dengan air garam adalah meredakan gejala sariawan.Berkumur dengan air garam dipercaya dapat mengatasi peradangan yang disebabkan oleh sariawan. Sebuah studi bahkan menjelaskan bahwa berkumur dengan air garam direkomendasikan sebagai obat alami yang ampuh mengatasi sariawan pada anak-anak.

2. Menjaga kesehatan mulut

Manfaat kumur dengan air garam selanjutnya adalah menjaga kesehatan mulut. Air garam dipercaya mampu membasmi bakteri dari mulut sekaligus menjaga gusi dari penyakit.Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi yang menyatakan bahwa manfaat kumur dengan air garam dapat mengurangi jumlah bakteri di dalam air liur.Selain itu, air garam juga dianggap efektif dalam mencegah radang gusi, periodontitis, dan gigi berlubang.

3. Mengatasi radang tenggorokan

Manfaat kumur air garam dapat mengatasi radang tenggorokan
Manfaat kumur dengan air garam tidak boleh diremehkan
Salah satu manfaat kumur dengan air garam yang paling populer adalah mengatasi radang tenggorokan. Menurut sebuah penelitian, para dokter merekomendasikan air garam sebagai salah satu pengobatan untuk radang tenggorokan.Menurut para ahli, berkumur dengan air garam dapat memancing virus penyebab radang tenggorokan untuk keluar dari mulut. Air garam dianggap paling efektif untuk mengatasi radang tenggorokan ringan yang disebabkan oleh penyakit pilek dan flu.Untuk mengatasi radang tenggorokan yang sudah parah, Anda tetap dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan medis, seperti ibuprofen atau acetaminophen, sambil tetap berkumur dengan air garam.Institute for Clinical Systems Improvement dan American Cancer Society bahkan menyatakan bahwa kumur dengan air garam adalah cara alami yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi radang tenggorokan.

4. Meredakan reaksi alergi

Perlu diketahui, peradangan pada tenggorokan dapat menyebabkan munculnya reaksi alergi. Namun tenang saja, gejala reaksi alergi akibat radang tenggorokan dengan berkumur air garam.Meski begitu, bukan berarti berkumur dengan air garam dapat mencegah reaksi alergi. Ingat, berkumur dengan air garam hanya dapat meredakan rasa tidak nyaman akibat alerginya saja.

5. Mengobati infeksi pernapasan dan sinus

Infeksi saluran pernapasan, seperti pilek, flu, mononukleosis dan sinusitis (infeksi sinus), ternyata dapat diredakan dan dicegah dengan air garam.Dalam sebuah penelitian, 338 peserta mengalami penurunan risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas setelah berkumur dengan air garam.

Cara membuat air garam yang baik dan benar

Cara membuat air garam untuk berkumur ternyata sangat sederhana. Menurut Mayo Clinic, gunakan ¼ atau ½ sendok teh garam di setiap 236 mililiter air atau satu gelas air.Gunakan air hangat karena bisa membantu meredakan gejala radang tenggorokan. Namun jika Anda ingin menggunakan air dingin juga tidak masalah karena tidak akan mengganggu efektivitas dari air garam itu sendiri.Namun perlu diingat, menggunakan air hangat akan membuat garam lebih cepat larut.

Cara berkumur dengan air garam

Berkumurlah dengan menempatkan air garam di bagian belakang tenggorokan selama yang Anda bisa. Pastikan air garam juga mengenai bagian sekitar mulut dan gigi.Setelah itu, buanglah air garam dari mulut. Jangan lupa juga untuk berkumur dengan air bersih untuk membersihkan sisa-sisa air garam di mulut.Berkumur dengan air garam sebanyak dua kali per hari sangat direkomendasikan. Namun ingat, kebiasaan ini hanya boleh dilakukan oleh mereka yang berusia 6 tahun ke atas dan bisa berkumur.Bagi Anda yang masih penasaran mengenai manfaat kumur dengan air garam dan efektivitasnya dalam menyembuhkan penyakit, cobalah konsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatair putihhidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/salt-water-gargle
Diakses pada 25 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/features/does-gargling-wlth-salt-water-ease-a-sore-throat#1
Diakses pada 25 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325238#uses
Diakses pada 25 September 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait