Manfaat kulit pisang sayang jika dilewatkan karena kulit pisang dapat memberikan berbagai kegunaan, seperti merawat rambut, kulit, serta gigi dan gusi
Jangan lekas membuang kulit pisang karena manfaat kulit pisang tidak hanya untuk perawatan kulit tetapi juga bisa untuk mengkilapkan benda-benda di rumah

Setiap Anda mengonsumsi buah pisang, Anda pasti akan mengupas kulit pisang dan dengan segera membuangnya di tempat sampah. Kulit pisang dianggap sebagai sampah yang tidak memiliki kegunaan apa-apa.

Tapi tunggu dulu, jangan buru-buru membuang kulit pisang yang sudah dikupas karena ternyata terdapat berbagai manfaat kulit pisang yang sayang jika tidak digunakan. Manfaat kulit pisang beragam, mulai dari untuk perawatan kulit sampai untuk mengkilapkan barang-barang di rumah.

Apa saja manfaat kulit pisang?

Meskipun terlihat dan terdengar absurd, tetapi kulit pisang tidak berbahaya dan dapat dikonsumsi atau bahkan diolah menjadi teh. Penasaran dengan manfaat kulit pisang? Berikut adalah beberapa manfaat kulit pisang yang mengejutkan:

  • Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Manfaat kulit pisang ditemukan mampu mengatasi bakteri A.actinomycetemcomitans dan P.gingivalis yang dapat memicu penyakit gigi dan gusi, berupa gingivitis dan periodontitis.

Berdasarkan studi tersebut, beberapa orang mulai mengoleskan kulit pisang pada gigi setiap harinya untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

  • Perawatan kulit

Kulit pisang ditemukan kaya akan antioksidan dan antimikroba serta mengandung senyawa antiradang yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kulit.

Memang belum ada penelitian yang memastikan manfaat kulit pisang bagi kulit. Namun mengoleskan kulit pisang pada tubuh diyakini dapat memutihkan dan melembapkan kulit, mengurangi keriput dan kantong mata, serta menghilangkan bekas jerawat.

  • Sebagai pertolongan pertama

Kandungan antiradang, antimikroba, dan antioksidan pada kulit pisang membuatnya dipercaya mampu meringankan rasa gatal akibat tersengat matahari atau digigit serangga.

Selain itu, meletakkan kulit pisang pada daerah kulit yang tertusuk serpihan selama 15 menit diyakini dapat membantu untuk mengeluarkan serpihan tersebut.

Bahkan, manfaat kulit pisang yang dipercaya lainnya adalah untuk mengatasi sakit kepala dengan cara menaruh kulit pisang yang dibekukan di atas dahi dan belakang leher.

Namun, manfaat kulit pisang yang disebutkan di atas belum terbukti secara ilmiah dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

  • Baik untuk rambut

Manfaat kulit pisang lainnya adalah melembutkan dan membuat rambut lebih berkilau. Manfaat kulit pisang yang satu ini didasarkan dari kandungan antioksidannya yang dapat menangkal radikal bebas. Oleh karenanya, beberapa orang menggunakan kulit pisang sebagai bahan alami untuk masker rambut.

Meskipun demikian, manfaat kulit pisang terhadap kesehatan rambut masih harus diuji terlebih dahulu.

  • Pupuk alami

Suka bercocok tanam? Gunakanlah kulit pisang sebagai pupuk alami dengan cara menambahkannya ke dalam tanah di tumbuhan ataupun mencampurkannya ke dalam air untuk disiram ke tanaman.

Anda juga dapat menggunakan kulit pisang untuk memancing kupu-kupu ataupun meletakkannya di bawah semak-semak bunga mawar untuk mengusir hama.

  • Mengkilapkan barang-barang di rumah

Manfaat kulit pisang yang cukup mencengangkan adalah dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengkilapkan benda, seperti tanaman hias di rumah, peralatan makan yang terbuat dari perak, dan sepatu berbahan kulit.

  • Bernutrisi tinggi

Tidak hanya buahnya, kulit pisang juga bisa dikonsumsi! Selain aman untuk dimakan, kulit pisang mengandung protein, vitamin B6, vitamin B12, dan lemak yang baik untuk tubuh.

Bagaimana mengolah kulit pisang?

Manfaat kulit pisang yang tinggi nutrisi bisa didapatkan dengan mengonsumsi kulit pisang. Hanya saja, rasa kulit pisang tidak akan seenak buah pisangnya, apalagi kulit pisang memiliki tekstur yang sulit dikunyah dan tebal.

Bila Anda tertarik untuk mengonsumsi kulit pisang, Anda bisa mengolah kulit pisang agar lebih mudah dikonsumsi daripada langsung memakannya begitu saja, tetapi sebelumnya, selalu cuci kulit pisang terlebih dulu untuk membilas pestisida yang mungkin disemprotkan pada buah.

Kulit pisang dari buah pisang yang sudah matang umumnya lebih manis dan tipis daripada kulit pisang pada buah pisang yang belum terlalu matang.

Anda dapat mengukus, menggoreng, ataupun memasukkan kulit pisang bersama buah-buahan lainnya ke dalam blender. Anda juga bisa merebus kulit pisang untuk dijadikan teh kulit pisang.

Catatan dari SehatQ

Manfaat kulit pisang sayang untuk dibuang, Anda dapat menikmati berbagai manfaat kulit pisang, seperti:

  • Menjaga kesehatan gigi dan gusi
  • Perawatan kulit
  • Sebagai pertolongan pertama
  • Baik untuk rambut
  • Pupuk alami
  • Mengkilapkan barang-barang di rumah
  • Bernutrisi tinggi

Bila ingin mengonsumsi kulit pisang, sebaiknya gunakan kulit pisang dari buah pisang yang sudah matang untuk diolah dengan cara digoreng, dikukus, direbus menjadi teh, ataupun dimasukkan ke dalam blender bersama buah-buahan lainnya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/banana-peel-uses
Diakses pada 20 September 2019

Live Science. https://www.livescience.com/45005-banana-nutrition-facts.html
Diakses pada 20 September 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/457082-what-are-the-benefits-of-eating-banana-peels/
Diakses pada 20 September 2019

NCBI. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4678547/
Diakses pada 20 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23964457
Diakses pada 20 September 2019

USDA. https://pubag.nal.usda.gov/catalog/5859666
Diakses pada 20 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed