Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah yang Tak Terduga

(0)
06 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kulit pisang untuk wajah bersumber dari nutrisinyaKulit pisang ternyata punya sejumlah manfaat untuk wajah
Tidak hanya buahnya, kulit pisang memiliki banyak manfaat bagi kulit Anda, terutama kulit wajah. Manfaat kulit pisang untuk wajah bersumber dari kandungan nutrisinya, seperti kalium, magnesium, vitamin B6, vitamin B12, dan berbagai senyawa bioaktif yang dibutuhkan tubuh Anda.Selain banyak manfaatnya, kulit pisang bisa didapatkan dengan mudah karena hampir sepanjang tahun Anda bisa menemukan buah pisang di mana-mana. Tidak hanya itu, cara penggunaan kulit pisang untuk perawatan wajah dan tubuh juga mudah dilakukan.

Manfaat kulit pisang untuk wajah

Manfaat kulit pisang untuk wajah didapatkan dari berbagai kandungan di dalamnya. Kulit pisang terbukti secara ilmiah kaya akan senyawa bioaktif, seperti karotenoid, polifenol, dan asam fenolat. Ketiga senyawa ini dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit Anda.Meski penelitian mengenai manfaat kulit pisang untuk wajah masih sangat terbatas, berbagai kandungan pada kulit pisang sendiri memiliki manfaat sebagai antimikroba, antioksidan, dan antiradang.Selain itu, ada pula manfaat kulit pisang untuk wajah yang dipercaya secara turun-temurun di kalangan masyarakat. Beberapa manfaat tersebut meliputi:Ada beberapa cara yang dianggap efektif untuk mendaptatkan manfaat kulit pisang untuk wajah. Beberapa cara yang dimaksud adalah:
  • Mengompreskan pada area bermasalah, misalnya pada kelopak mata yang sembap atau kutil.
  • Mengoleskan kulit pisang pada wajah. Kulit pisang dipercaya dapat berfungsi sebagai pelembap, mengatasi kerutan, dan mencegah penuaan dini. Setelah dioleskan, diamkan selama lima menit sebelum dibilas.
  • Memijatkan wajah dengan kulit pisang selama 5 menit. Cara ini juga dianggap mampu mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya. Lakukan secara rutin selama satu minggu atau hingga keluhan Anda membaik.

Manfaat kulit pisang lainnya untuk kesehatan

Tidak hanya terbatas pada manfaat kulit pisang untuk wajah saja, kulit buah ini juga memiliki sejumlah manfaat lainnya untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan gigi

Kulit pisang dianggap memiliki kemampuan melawan berbagai bakteri yang dapat menyebabkan penyakit gusi, seperti gingivitis dan periodontitis. Selain itu, kulit pisang juga diklaim dapat membantu memutihkan gigi.Untuk mendapatkan manfaatnya, gosokkan kulit pisang selama satu menit pada gigi. Lakukan hal ini secara rutin selama satu minggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Menyehatkan rambut

Kandungan antioksidan dalam kulit pisang dianggap mampu menyehatkan rambut. Anda bisa menggunakan kulit pisang sebagai campuran masker rambut. Cara ini diklaim dapat membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

3. Meredakan peradangan

Kulit pisang yang memiliki antimikroba, antioksidan, dan antiradang juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan dan mencegah infeksi. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kandungan kulit pisang ini adalah melindungi kulit dari sengatan matahari atau gatal karena gigitan serangga.

4. Meredakan sakit kepala

Selain manfaat kulit pisang untuk wajah, kulit buah ini juga dipercaya bermanfaat dalam meredakan sakit kepala. Cara mendapatkan manfaat ini adalah:
  • Bekukan dua helai kulit pisang
  • Tempatkan satu helai kulit pisang pada dahi
  • Tempatkan satu helai kulit pisang lainnya di belakang leher.

5. Mengatasi kesusupan duri atau serpihan pada kulit

Jika Anda mengalami kesusupan, yaitu kondisi saat duri, serpihan kaca, atau kayu masuk ke dalam kulit, kulit pisang dianggap dapat membantu mengatasinya. Cukup oleskan perlahan kulit pisang pada permukaan kulit yang kesusupan dan diamkan selama 15 menit. Cara ini dapat membantu menarik serpihan yang masuk untuk naik ke permukaan.Itulah manfaat kulit pisang untuk wajah dan kesehatan secara umum. Karena efek sampingnya yang terbilang minim, tidak ada salahnya untuk mencoba mendapatkan manfaat kulit pisang dengan berbagai metode di atas.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan kulit, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan kulitbuah dan sayuranperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/banana-peel-uses
Diakses 22 Januari 2021
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-banana-peels/
Diakses 22 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait