Tidak kalah dari buahnya, ada banyak manfaat kulit jeruk bagi kesehatan
Kulit jeruk ternyata juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan

Rutin mengonsumsi jus buah jeruk sangat baik untuk kesehatan. Tetapi, manfaat kulit jeruk juga sama banyaknya, terutama untuk kesehatan kulit Anda.

Salah satu studi baru-baru ini mengungkap kulit jeruk mengandung zat antioksidan yang lebih banyak dibanding buah jeruk. Kandungan ini di antaranya dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit yang berhubungan dengan kolesterol.

Apa lagi kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit jeruk? Apa pula manfaat kulit jeruk secara lengkap? Berikut pembahasannya.

Kandungan dan manfaat kulit jeruk

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jeruk adalah jenis buah yang kaya akan vitamin C. Namun Anda mungkin tidak menyadari bahwa kandungan yang sama juga ada pada kulitnya.

Bahkan, hanya butuh satu sendok makan (6 gram) kulit jeruk untuk memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Jumlah ini tiga kali lipat lebih banyak dibanding jika Anda mengonsumsi buah jeruk.

Selain vitamin C, kulit jeruk juga mengandung serat dan zat kimia yang hanya ditemukan pada tumbuhan, seperti polifenol. Satu sendok makan kulit jeruk juga memiliki kandungan serat empat kali lipat lebih banyak dibanding konsumsi buahnya dalam jumlah yang sama.

Dalam jumlah yang lebih sedikit, kulit jeruk juga mengandung provitamin A, folat, riboflavin, thiamine, vitamin B6, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut membawa beberapa manfaat kulit jeruk yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya.

Berdasarkan kandungan tersebut, berikut manfaat kulit jeruk yang dapat Anda nikmati.

  • Menurunkan kolesterol

Seperti dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, kulit jeruk mengandung zat kimia bernama polymethoxylated flavones. Zat inilah yang membuat salah satu manfaat kulit jeruk berupa menurunkan kolesterol jahat (LDL) tanpa menimbulkan efek samping seperti obat sintetis penurun kolesterol.

Kulit jeruk juga mengandung hesperifin dan flavonoid yang sama-sama memiliki fungsi menurunkan kolesterol total, terurama trigliserida. Selain itu, kandungan serat pada kulit jeruk bermama pektin juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

  • Antikanker

Fitonutrien bernama limonene yang terkandung dalam kulit jeruk memiliki sifat antikarsinogen. Kandungan ini mengaktifkan enzim detoksifikasi antioksidan dalam tubuh yang membatasi kemampuan sel kanker untuk berkembang dalam tubuh Anda.

Sementara itu, kandungan asam sitrat juga menghadirkan manfaat kulit jeruk yang sama karena zat ini membuat sel kanker kelaparan. Begitu pula kandungan hesperidin yang dapat menghambat pertumbuhan lesi prakanker dari jenis kanker payudara dan kanker usus.

  • Mengontrol nafsu makan dan gula darah

Kulit jeruk mengandung pektin yang merupakan sumber serat alami yang dapat mengontrol level gula dalam darah. Pektin juga disebut bisa mencegah Anda memiliki nafsu makan berlebih yang dapat berujung pada kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

  • Menyehatkan saluran cerna

Manfaat kulit jeruk yang satu ini datang dari kandungan pektin di dalamnya. Pektin dapat bertindak sebagai prebiotik alami yang merangsang produksi bakteri baik di saluran cerna. Tidak heran jika banyak orang percaya bahwa makan kulit jeruk dapat menyembuhkan sakit perut, konstipasi, maupun diare.

Bagaimana cara memakan kulit jeruk

Di Indonesia, memakan kulit jeruk memang tidak awam karena kulit jeruk biasanya hanya dibuang begitu saja. Namun bagi Anda yang ingin mencoba merasakan manfaat kulit jeruk, terdapat berbagai cara mengolahnya yang dapat Anda coba.

Kulit jeruk bisa dimakan mentah dengan mengiris tipis, lalu mencampurnya dalam hidangan salad atau jus. Olahan lain yang cukup populer adalah memarut kulit jeruk dan menjadikannya sebagai campuran dalam adonan kue.

Kulit jeruk terkadang mengeluarkan rasa pahit saat dikunyah. Oleh karena itu, Anda dapat merebusnya bersama larutan gula, membiarkannya kering, kemudian mengonsumsinya seperti Anda makan permen.

Meski memiliki banyak manfaat, kulit jeruk tidak boleh dimakan dalam jumlah banyak karena dapat mengakibatkan sakit perut, apalagi jika Anda belum pernah memakannya. Dalam kasus yang ekstrem, konsumsi kulit jeruk berlebihan bahkan dapat menimbulkan kolik, perut seperti meletup-letup, hingga kematian.

WebMD. https://www.webmd.com/cholesterol-management/news/20040512/tangerine-peels-may-lower-cholesterol
Diakses pada 28 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-908/sweet-orange
Diakses pada 28 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/can-you-eat-orange-peels
Diakses pada 28 November 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/346101-health-properties-of-orange-peel/
Diakses pada 28 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed