Manfaat kulit buah naga tidak kalah dengan buahnya
Selain buahnya, kulit buah naga juga punya manfaat

Selain daging buahnya, ternyata kulit buah naga juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang berguna bagi kesehatan. Apa saja manfaat kulit buah naga ini?

Buah naga terkenal dengan kandungan antioksidan yang dapat melawan efek radikal bebas bagi tubuh. Berbagai penyakit yang dihubungkan dengan radikal bebas, yakni arthritis, kanker, diabetes, hingga penyakit jantung.

Anda mungkin familiar dengan kulit buah naga yang berwarna merah keunguan, dan daging buah yang juga berwarna merah (Hylocereus costaricensis) atau putih (Hylocereus undatus). Namun, ada juga buah naga dengan kulit berwarna kuning dan daging buah putih (Selenicereus megalanthus), namun belum banyak penelitian yang mengungkap manfaat kulit buah naga yang satu ini.

Manfaat kulit buah naga merah

Banyak sekali manfaat buah naga merah yang mungkin tidak Anda ketahui. Salah satu kandungan dalam kulit buah naga adalah antosianin, yang menjadikan kulit buah naga berwarna merah memiliki khasiat dalam dunia kesehatan.

Antosianin adalah senyawa fenolik yang termasuk flavanoid, bersifat larut dalam air, dan ditemukan di berbagai jenis tanaman. Selain mengandung antosianin, kulit buah naga juga mengandung senyawa alkaloid, steroid, saponin, tanin, serta vitamin C.

Berdasarkan kandungan-kandungan tersebut, berikut manfaat kulit buah naga untuk kesehatan yang bisa Anda rasakan.

  • Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan antosianin dalam kulit buah naga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit penyumbatan pembuluh darah.

Dalam hal ini, antosianin memainkan perannya sebagai senyawa antioksidan yang terdapat pada kulit buah naga. Antosianin mampu menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh, yaitu lipoprotein densitas rendah.

  • Menstabilkan tekanan darah

Manfaat kulit buah naga ini berhubungan dengan kandungan alkanoid di dalamnya. Alkanoid merupakan senyawa basa bernitrogen dari tumbuhan yang mengandung nitrogen dan larut dalam air.

Antosianin terbukti dapat memacu sistem saraf, menaikkan atau menurunkan tekanan darah, dan melawan infeksi mikrobia.

  • Menyehatkan ginjal

Manfaat ini berkaitan dengan kandungan saponin dalam kulit buah naga, yang dapat menstimulasi jaringan tertentu, seperti epitel hidung, bronkus, dan ginjal. Saponin adalah jenis glikosida yang banyak ditemukan pada tumbuhan.

  • Menguatkan sistem imun

Vitamin C terkenal sebagai salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan fungsi sistem imun. Saat sistem imun prima, Anda akan terhindar dari penyakit yang sering terjadi di musim penghujan, seperti flu, batuk, dan pilek (common cold).

Manfaat kulit buah naga lain yang berhubungan dengan vitamin C adalah mencegah penyakit kardiovaskular dan masalah pada mata. Dalam dunia kecantikan, vitamin C dikenal dapat mencegah penuaan dini.

Meski memiliki banyak manfaat, kulit buah naga bukanlah obat pengganti resep dokter. Bila Anda mengidap penyakit yang disebutkan di atas, segera periksakan diri ke dokter.

Mengolah kulit buah naga menjadi pewarna makanan

Anda mungkin sudah sering melihat berbagai produk olahan makanan yang menggunakan buah naga sebagai pewarna makanan. Nah, manfaat kulit buah naga juga bisa dirasakan sebagai pewarna alami pada makanan, salah satunya produk es krim.

Anda hanya harus menyiapkan kulit buah naga merah yang akan diolah menjadi es krim. Potong-potong kulit buah naga, kemudian blender bersama dengan air yang cukup hingga teksturnya berubah seperti bubur.

Selanjutnya, campurkan bubuh kulit buah naga tersebut dengan bahan pembuat es krim lainnya, seperti susu bubuk dan gula. Adonan es krim kemudian dipasteurisasi selama 25 detik, kemudian didinginkan dalam freezer.

Tertarik untuk mencoba manfaat kulit buah naga ini?

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/dragon-fruit-benefits
Diakses pada 21 Januari 2020

UIN Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/445/6/10620070%20Bab%202.pdf
Diakses pada 21 Januari 2020

Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/325203262_Seribu_Manfaat_pada_Kulit_Buah_Naga_Merah_Hylocereus_polyrhizus
Diakses pada 21 Januari 2020

Penelitian Universitas Riau. https://media.neliti.com/media/publications/200006-none.pdf
Diakses pada 21 Januari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c
Diakses pada 21 Januari 2020

Artikel Terkait