5 Manfaat Kreativitas untuk Kesehatan Mental yang Wajib Dirasakan


Semua orang memang tidak terlahir dengan tingkat kreativitas yang sama. Namun hal tersebut bisa diasah. Selain itu manfaat kreativitas baik bagi kesehatan mental dan membantu Anda di bidang pekerjaan.

(0)
08 Apr 2021|Azelia Trifiana
Salah satu manfaat kreativitas adalah menjaga kesehatan mentalSalah satu manfaat kreativitas adalah menjaga kesehatan mental
Mendengar kata kreativitas pasti yang terlintas adalah hal-hal seputar kesenian, seperti menggambar, menulis, dan lainnya. Padahal kreativitas itu berhubungan dengan cara seseorang berekspresi dalam melakukan sesuatu, apapun bidangnya. Karena itu idealnya setiap orang memiliki kreativitas.Selain itu, manfaat memiliki kreativitas ini bukan hanya membuat seseorang unggul di bidang pekerjaan hingga akademis, namun juga untuk kesehatan mental.Meski demikian, memang tak semua orang terlahir dengan tingkat kreativitas luar biasa. Kabar baiknya, selalu ada cara meningkatkan kreativitas agar membuat hidup jadi lebih berwarna.

Manfaat kreativitas

Ada pemahaman salah kaprah bahwa rutinitas dianggap sebagai hal yang menjemukan. Padahal, keteraturan yang satu ini cukup penting. Begitu pula dengan kreativitas. Tak ada salahnya memberikan sentuhan artistik dan kreatif agar tidak merasa bosan.Beberapa manfaat kreativitas bagi kesehatan mental di antaranya:

1. Menghindari gangguan mental

Berada dalam situasi yang itu-itu saja seperti saat sedang menjaga jarak dan tetap berada di rumah dalam pandemi COVID-19 bisa jadi hal yang membosankan. Bukan tidak mungkin, terpaksa tidak bersosialisasi dengan orang lain secara langsung ini meningkatkan stres serta kecemasan berlebih.Namun, manfaat kreativitas yang paling utama dapat mencegah masalah-masalah mental semacam itu. Bahkan, orang kreatif juga dapat mengurangi rasa malu, marah, hingga depresi yang mungkin dialami orang dengan trauma seperti veteran perang.Ini terbukti dari apa yang dilakukan The Walter Reed National Military Medical Center. Mereka memberikan terapi seni bagi tentara yang mengalami post-traumatic stress disorder atau PTSD.Lewat terapi seni inilah, kemudian tentara bisa lebih memahami apa yang mereka rasakan. Bahkan, mereka bisa mengungkapkan hal-hal yang sebelumnya dipendam sendiri.

2. Fokus menjadi lebih baik

Dalam dunia psikologi, ada yang disebut dengan flow state yaitu kondisi ketika seseorang bisa fokus dengan mengerahkan fokus optimal pada aktivitas atau tugas tertentu. Tidak semua orang memiliki kemewahan untuk berada dalam kondisi ini.Lebih jauh lagi, situasi ini membuat seseorang merasa lebih utuh sekaligus rileks. Dengan demikian, akan muncul rasa positif sekaligus merasa puas terhadap pencapaian diri sendiri.Orang-orang yang merasakan flow state ini juga memiliki kreativitas, produktivitas, dan juga kebahagiaan lebih maksimal. Contohnya ketika sukses melakukan aktivitas dengan gerakan kreatif seperti merajut atau menggambar, otak akan penuh dengan dopamin, zat kimia sumber motivasi.

3. Mengurangi demensia

Bukan hanya membuat seseorang lebih puas terhadap pencapaian dirinya, orang kreatif juga lebih tidak berisiko mengalami demensia. Ini adalah sindrom kerusakan mental yang sering terjadi pada orang berusia lanjut. Bahkan, kreativitas merupakan metode pengobatan efektif bagi pasien demensia.Melakukan kegiatan kreatif tak hanya mengurangi depresi dan rasa terisolasi dari sekitar, tapi juga menjembatani orang demensia kembali jadi diri mereka sendiri.

4. Menjadi lebih pintar

Menurut penelitian, orang yang memainkan instrumen musik memiliki koneksi lebih baik antara otak kanan dan kirinya. Dalam hal ini, otak kiri fokus pada fungsi motorik sementara otak kanan pada melodi. Ketika kedua area penting otak ini berkomunikasi, fungsi kognitif pun meningkat.

5. Menjadi lebih tangguh

Aktivitas-aktivitas yang kreatif akan membangkitkan kinerja saraf-saraf di otak. Ketika hal ini terwujud terutama di bagian left prefrontal cortex, akan terbangun emosi yang lebih stabil sekaligus tangguh. Manfaatnya serupa dengan hasil dari meditasi.  

Cara meningkatkan kreativitas

Setelah tahu beberapa manfaat kreativitas untuk kesehatan mental, sekarang saatnya mengasah diri menjadi orang kreatif. Tak perlu menjadi sosok seniman atau inovator yang selalu datang dengan ide-ide spektakuler. Setiap individu bisa jadi orang kreatif asal memiliki energi, kecerdasan, dan juga kedisiplinan.Lalu, apa saja caranya?
  • Menghabiskan waktu di alam bebas

Mendaki gunung dapat mendatangkan inspirasi
Jika merasa jenuh dengan aktivitas itu-itu saja, coba luangkan waktu sejenak untuk menyatu dengan alam bebas. Apabila ditambah dengan menjauhkan diri dari paparan teknologi atau media sosial, ini dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah hingga 50% lebih baik.Berada di alam bebas akan membuat seseorang bisa lebih fokus pada apa yang dilakukannya. Tidak ada lagi multi-tasking seperti yang dilakukan ketika berkutat dengan ponsel atau duduk berjam-jam di depan laptop. Pada tahap inilah kreativitas bisa terbangun.
  • Menggambar atau melukis

menggambar
Menggambar bisa menjadi cara paling mudah
Seni punya kemampuan ajaib yaitu menyembuhkan. Jadi, jangan menganggapnya hanya sebagai aktivitas minor atau tidak penting. Justru, aktivitas seperti menggambar atau melukis dapat meredakan stres dan juga depresi.Menariknya, aktivitas yang berkaitan dengan seni juga bisa menajamkan daya ingat dan ketangguhan mental pada orang berusia lanjut. Bonusnya, juga bisa mencegah terjadinya penurunan fungsi kognitif.
  • Bermain musik atau bernyanyi

bernyanyi
Bernyanyi bukan hanya meningkatkan kreativitas tapi menimbulkan rasa bahagia
Harmonisasi nada dan melodi dalam musik akan membangkitkan perasaan positif. Termasuk ketika menyanyi, kadar oksitosin dalam tubuh akan meningkat. Bahkan hanya mendengarkan musik juga punya efek serupa. Melihat dalam konteks lebih besar lagi, level oksitosin ini berpengaruh pada kemampuan terhubung secara sosial dan lebih percaya kepada orang lain.
  • Menari

Tak perlu takut gerakan tampak kaku atau belum lihai, menari adalah cara meningkatkan kreativitas yang cukup efektif. Bahkan, menari ini dapat meredakan rasa cemas berlebih hingga meningkatkan kualitas hidup pasien kanker payudara dan juga demensia.Lebih menakjubkan lagi, dibandingkan dengan olahraga atau gerakan fisik lainnya hanya menari yang punya manfaat semacam ini.
  • Bermain

Lihat anak-anak dengan imajinasi tanpa batas mereka. Ada baiknya, orang dewasa ikut belajar cara bermain seperti halnya anak-anak. Eksplorasi imajinasi dan kreativitas lewat seni, permainan interaktif, dan segala jenis permainan lainnya akan mengasah kemampuan memecahkan masalah hingga komunikasi dengan orang lain.Jadi, tak ada salahnya mengambil jeda ketika segalanya terasa begitu menjemukan. Mungkin, ada ruang untuk kreativitas yang masih hampa dan sudah saatnya diisi. Ada banyak cara positif untuk mengisinya, bisa disesuaikan dengan keleluasaan masing-masing.

Ketika sudah terlatih dan memiliki kreativitas semakin baik, ini pun akan berdampak positif pula pada kesehatan mental. Bonusnya, sehat mental juga akan berjalan selaras dengan sehat fisik. Siapa yang tidak mau?Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar gejala ketika merasa depresi atau jenuh dengan aktivitas sehari-hari, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-creativity-positively-impacts-your-health-5113162#citation-2
Diakses pada 25 Maret 2021
Frontiers in Psychology. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2016.01654/full
Diakses pada 25 Maret 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/how-art-can-help-you-cope-with-the-pandemic/
Diakses pada 25 Maret 2021
Fun Music. https://funmusicco.com/how-does-music-stimulate-left-and-right-brain-function-and-why-is-this-important-in-music-teaching/
Diakses pada 25 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait