4 Manfaat Kopi untuk Rambut yang Luar Biasa


Beberapa manfaat kopi untuk rambut di antaranya menghilangkan uban, membuat rambut tampak berkilau, hingga merangsang pertumbuhan rambut.

0,0
26 Oct 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kopi untuk rambutManfaat kopi untuk rambut sangat beragam, salah satunya hilangkan uban.
Kopi adalah minuman yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari meningkatkan energi tubuh, membantu membakar lemak, hingga menurunkan risiko diabetes tipe 2. Di samping itu, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat kopi untuk rambut?

4 manfaat kopi untuk rambut yang beragam

Meski belum banyak penelitian yang mendukung klaim manfaat kopi ini, beberapa riset menjelaskan bahwa kafein di dalam kopi dianggap berpotensi dalam mempercantik penampilan dan tekstur rambut. Berikut adalah beberapa manfaat kopi untuk rambut yang bisa Anda simak.

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Kerontokan rambut dapat terjadi pada siapa saja, baik pria atau wanita. Mengoleskan kopi ke bagian rambut dan kulit kepala dipercaya dapat mencegah kerontokan dan mendorong pertumbuhan rambut.Pada pria, kerontokan rambut umumnya terjadi saat hormon seks dihidrotestosteron (DHT) merusak folikel rambut. Sedangkan pada wanita, terlalu banyak hormon DHT juga mampu menyebabkan rambut rontok.Kopi dinilai dapat mencegah efek dari hormon DHT pada rambut. Sebuah studi laboratorium yang dirilis dalam International Journal of Dermatology menyatakan, kafein ampuh dalam menghambat efek DHT pada folikel rambut pria.Para peserta studi mengalami peningkatkan batang rambut dan akar lambut yang lebih panjang serta lebar. Pada wanita, kafein juga mampu merangsang pertumbuhan rambut.Manfaat kopi untuk rambut rontok dihasilkan oleh kafein, yakni stimulan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut.

2. Membuat rambut berkilau dan halus

Punya rambut yang kusam, rapuh, dan kering? Cobalah bilas rambut Anda dengan kopi.Kopi mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang dipercaya bisa mendorong regenerasi rambut dan memperbaiki rambut kusam. Ditambah lagi, minuman ini juga diyakini bisa membuat rambut menjadi lebih halus dan mudah diurai.Namun, tidak sedikit yang meragukan manfaat kopi untuk rambut yang satu ini karena sifat diuretik-nya berpotensi membuat rambut menjadi kering.Fakta yang ada justru sebaliknya, dikutip dari Healthline, kafein bisa mempertahankan kelembapan dan menciptakan kilau alami pada rambut.

3. Menghilangkan uban secara alami

Ada pula klaim manfaat kopi untuk rambut beruban. Minuman yang ini dipercaya bisa menggelapkan uban di rambut secara alami, lho.Namun, tidak semua jenis kopi bisa menghitamkan uban secara maksimal. Salah satu kopi untuk menghitamkan rambut yang dapat Anda coba adalah espresso.

4. Mengangkat sel kulit mati dari kulit kepala

Dilansir dari Parenting First Cry, kopi dianggap ampuh untuk mengangkat sel kulit mati dari kulit kepala. Minuman ini juga dianggap mampu merangsang pertumbuhan folikel rambut baru yang membantu memperkuat akar rambut.Selain itu, ada klaim yang menyatakan bahwa membilas rambut dengan kopi bisa membuat kulit kepala menjadi bersih. Walaupun demikian, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan klaim manfaat tersebut.

Cara membilas rambut dengan kopi

Cara paling aman untuk merasakan manfaat kopi untuk rambut adalah mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala.Jika Anda ingin merasakan berbagai manfaat kopi untuk rambut, pilihlah kopi asli yang diolah langsung dari bijinya. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.
  • Pertama-tama, siapkan dulu 2-4 cangkir kopi yang tidak panas, botol semprot, hingga penutup rambut dari plastik.
  • Masukkan kopi ke dalam botol semprot.
  • Bilaslah rambut dengan air seperti saat mandi. Semprot atau oleskan kopi pada rambut ketika rambut masih dalam keadaan basah.
  • Pijatlah rambut selama beberapa menit untuk memastikan kopi menyerap hingga ke kulit kepala.
  • Gunakan penutup kepala dan diamkan selama 20 menit.
  • Terakhir, bilas rambut dengan air hingga bersih dan keringkan.
Jika Anda ingin menggunakan kopi untuk menghilangkan uban, lakukanlah langkah di atas selama beberapa kali untuk hasil yang lebih maksimal.Perlu diingat, jangan membilas rambut dengan kopi yang masih panas. Hal ini malah akan menyebabkan kulit kepala Anda terluka.Kalau Anda masih ragu untuk mencoba cara di atas, Anda juga boleh menggunakan produk sampo yang mengandung kafein.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan rambut, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
kulit dan kecantikankesehatan rambutkopi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/top-13-evidence-based-health-benefits-of-coffee
Diakses pada 12 Oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/coffee-in-hair#benefits
Diakses pada 12 Oktober 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-coffee-for-hair-benefits-tips-and-side-effects/
Diakses pada 12 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait