Ini Manfaat Kopi Cold Brew untuk Kesehatan, Apa Bedanya dengan Kopi Biasa?


Kopi cold brew diproses dengan didiamkan selama 8-24 jam dalam air dingin. Karena proses inilah, jenis kopi ini sangat bermanfaat, mulai dari mengobati gangguan lambung, hingga menurunkan risiko diabetes tipe-2

0,0
21 Aug 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara pembuatan kopi cold brew yaitu dengan merendam bubuk kopi dalam air dingin atau suhu kamar selama 8-24 jamCold brew memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah daripada minuman kopi lainnya
Bagi pecinta kopi, jenis cold brew coffee jadi favorit baru. Hal ini karena kopi cold brew punya rasa dan aromanya yang unik, proses pembuatan yang cukup panjang, dan diklaim membawa manfaat kesehatan yang lebih baik daripada kopi yang diproses dengan cara lain. Lantas, bagaimana cara pembuatannya dan apa bedanya dengan es kopi lainnya?

Perbedaan kopi cold brew dengan kopi lainnya

Cara pembuatan kopi cold brew yaitu dengan merendam bubuk kopi dalam air dingin atau suhu kamar selama 8-24 jam. Proses perendaman ini menghasilkan minuman berkafein dengan rasa kuat dan rasa asam yang lebih sedikit dibandingkan dengan cara lainnya.Saat pembuatan cold brew, Anda membutuhkan lebih banyak bubuk kopi dibanding saat membuat jenis minuman kopi lainnya. Meskipun begitu, kafein yang dihasilkan semakin sedikit seiring proses ekstraksi yang cukup lama.Baca juga: Jenis Biji Kopi Lokal yang Juga Dikenal di Dunia

Kandungan kafein dalam cold brew

Cold brew menggunakan lebih banyak biji kopi dan sedikit air daripada proses pembuatan minuman kopi lainnya. Dalam secangkir kopi cold brew mengandung sekitar 200 mg kafein per 473 mL. Namun tentu saja kandungan kafein ini berbeda-beda tergantung merek.Banyak faktor yang memengaruhi kandungan kafein dalam cold brew, yaitu jumlah biji kopi, ukuran, jenis biji kopi, suhu air, ukuran penggilingan, dan waktu pembuatan.Semakin banyak jumlah biji kopi yang dipakai akan meningkatkan jumlah kafein pada kopi cold brew. Selain itu, jika Anda minum kopi dengan jumlah yang banyak, artinya Anda mengonsumsi lebih banyak kafeinJenis biji kopi juga menentukan seberapa banyak kafein dalam cold brew karena beberapa jenis biji kopi mengandung konsentrasi kafein yang lebih tinggi.Ditambah lagi biji kopi yang digiling pada grinder yang baik akan menghasilkan biji kopi yang lebih halus dan kafein yang lebih tinggi. Menyeduh biji kopi lebih lama juga akan meningkatkan jumlah kafein dalam cold brew.

Manfaat kopi cold brew untuk kesehatan

Berikut ini adalah manfaat kopi cold brew untuk kesehatan:

1. Baik dikonsumsi oleh penderita gangguan lambung

Orang dengan gangguan lambung sering menghindari asupan kopi karena dapat merangsang refluks asam lambung. Refluk asam adalah suatu kondisi di mana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi. Keasaman kopi merupakan salah satu faktor pemicu penyakit ini. Beberapa penelitian mengatakan cold brew memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah daripada kopi lainnya. Alasan lain cold brew aman untuk lambung yaitu kandungan polisakarida mentahnya. Rantai molekul gula ini meningkatkan kekebalan sistem pencernaan Anda sehingga dapat mengurangi iritasi usus dan efek asam dari kopi.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Dalam kopi cold brew terdapat kandungan yang dapat mengatur peptide usus (hormon dalam sistem pencernaan) yang mengontrol dan memperlambat pencernaan dan menjaga gula darah tetap stabil.Selain itu, kandungan asam klorogenat dalam cold brew juga merupakan antioksidan kuat dalam kopi yang membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

3. Membuat Anda hidup lebih lama

Sebuah studi jangka panjang pada 229.119 pria dan 173.141 wanita berusia 50-71 tahun, menemukan bahwa semakin banyak orang minum kopi, semakin rendah risiko kematian akibat penyakit jantung, pernapasan, stroke, cedera, kecelakaan, diabetes, dan infeksi.Alasannya adalah karena kandungan antioksidan dalam kopi yang cukup tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, dan kanker. Kopi mengandung antioksidan yaitu polifenol, hidroksi sinamat, dan asam klorogenat yang secara umum dapat mengurangi risiko penyakit di atas. Baca juga: Mengenal Efek Minum Kopi bagi Kesehatan

Cara membuat cold brew coffee

Selain membawa manfaat kesehatan yang baik, cold brew kopi juga sangat mudah dibuat. Anda bisa menyeduh kopi ini sendiri di rumah dengan langkah-langkah berikut ini:
  1. Giling kasar biji kopi. Jenis kopi bebas, tergantung selera Anda. Lalu, tambahkan 226 gram bubuk kopi ke dalam wadah atau teko besar dan 480 ml air, kemudian aduk perlahan.
  2. Tutup teko dan biarkan kopi terendam dalam kulkas selama 12-24 jam. 
  3. Setelah dibiarkan, saring kopi yang diseduh pada saringan halus dan tuangkan kopi yang sudah direndam ke dalam wadah atau teko lain.
  4. Buang ampas kopi yang ada pada saringan, kopi yang sudah disaring ini adalah konsentrat kopi cold brew.
  5. Tutup teko dengan penutup kedap udara dan simpan konsentrat di lemari es hingga dua minggu. 
  6. Saat akan diminum, tambahkan 120 ml air dingin ke dalam cangkir konsentrat kopi. Anda juga bisa menambahkan es atau krim jika mau. Kopi cold brew siap dinikmati!
Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang manfaat kopi bagi kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
asam lambungkopikafeina
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/cold-brew-caffeine#vs-other-coffee-drinks
Diakses pada 9 Agustus 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/cold-brew-coffee-benefits#TOC_TITLE_HDR_10
Diakses pada 9 Agustus 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait