4 Manfaat Keripik Ubi Ungu yang Kaya Serat


Keripik ubi ungu sebenarnya adalah variasi dari keripik kentang tradisional, namun terbuat dari ubi ungu.. Menariknya, keripik berwarna ungu ini adalah sumber vitamin A unggulan. Dibandingkan dengan keripik tradisional pun, kandungan seratnya lebih tinggi.

(0)
22 Jul 2021|Azelia Trifiana
Keripik ubi ungu tak kalah enak dengan keripik kentangKeripik ubi ungu tak kalah enak dengan keripik kentang
Keripik ubi ungu sebenarnya adalah variasi dari keripik kentang tradisional, namun terbuat dari ubi ungu. Di pasaran, ada banyak sekali merek dan jenisnya. Biasanya, konsumen menyukainya sebagai alternatif camilan sehat ketimbang gorengan atau keripik lain.Menariknya, keripik berwarna ungu ini adalah sumber vitamin A unggulan. Dibandingkan dengan keripik tradisional pun, kandungan seratnya lebih tinggi.

Kandungan nutrisi keripik ubi ungu         

Dalam 28 gram atau satu kantong keripik ubi ungu, terdapat kandungan nutrisi berupa:
  • Kalori: 148
  • Lemak: 9 gram
  • Sodium: 64 miligram
  • Karbohidrat: 16 gram
  • Serat: 2,5 gram
  • Gula: 2,5 gram
  • Protein: 0,8 gram
  • Vitamin A: 300 mikrogram
Tentu saja komposisi dan cara mengolah keripik ubi ungu akan berpengaruh terhadap keseluruhan kandungan nutrisinya. Jumlah porsi juga bisa mengubah nutrisinya.Bagaimana dengan indeks glikemik keripik ubi ungu? Tidak diketahui secara pasti. Namun, ubi yang sudah dikupas dan digoreng memiliki indeks glikemik 76. Artinya, indeksnya cukup tinggi.Selain vitamin A, keripik ubi ungu juga mengandung vitamin E dan mangan.

Manfaat keripik ubi ungu untuk kesehatan

Manfaat kesehatan dari mengonsumsi keripik ubi ungu datang dari kandungan nutrisinya. Beberapa manfaatnya adalah:

1. Potensi hindari hipertensi

Sebuah ulasan penelitian di British Medical Journal mencatat bahwa mengganti kentang dengan ubi dapat menurunkan risiko mengalami hipertensi. Para peneliti meneliti dampak dari konsumsi keripik kentang. Namun, tidak ada perbandingan langsung dengan keripik ubi. Jadi, masih perlu penelitian untuk menyimpulkan apakah keripik ubi ungu akan memiliki khasiat serupa.

2. Potensi menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam keripik ubi ungu sangat penting untuk kesehatan mata. Sebab, mendapatkan asupan vitamin A bisa mencegah gangguan penglihatan akibat penuaan serta degenerasi makula.

3. Potensi kendalikan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes tipe 2, menjadikan keripik ubi ungu sebagai alternatif keripik kentang bisa berdampak positif. Bahkan, American Diabetes Association menyebut ubi sebagai diabetes superfood karena kandungan serat dan vitamin A di dalamnya.

4. Potensi menjaga berat badan

Keripik ubi ungu mengandung serat lebih tinggi ketimbang keripik kentang biasa. Dalam satu kantong keripik kentang berukuran 28 gram, terdapat 149 kalori, 9,5 gram lemak, namun hanya ada 0,9 gram serat.Sementara sekantong keripik ubi mengandung kalori dan lemak serupa. Namun kadar seratnya justru tiga kali lipat lebih tinggi. Serat ini akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Risiko alergi konsumsi keripik ubi ungu

Untuk memastikan apakah ada reaksi alergi dari konsumsi keripik ubi ungu, perhatikan komposisinya. Beberapa yang mungkin memicu reaksi alergi pada sebagian orang adalah:
  • Alergi ubi

Ada kemungkinan seseorang alergi terhadap kandungan utamanya yaitu ubi. Namun, catatan tentang kasus semacam ini termasuk langka. Jika terjadi pun, gejala yang muncul mulai dari ruam, sakit kepala, muntah, hilang kesadaran, hingga pembengkakan di tangan dan wajah.Apabila ada kemungkinan alergi ubi, sebaiknya jangan konsumsi keripik ubi ungu dan produk semacamnya.
  • Minyak

Jenis minyak yang digunakan dalam proses pembuatan keripik ubi ungu juga bisa menyebabkan reaksi alergi. Sebagai contoh adalah minyak wijen. Menurut American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology, reaksi anafilaksis mungkin terjadi dari jenis minyak ini.Terkadang, ada pula keripik ubi yang juga diberi tambahan biji wijen. Jadi, perhatikan betul apa saja komposisi dari keripik ubi ungu sebelum mengonsumsinya.Sangat jarang seseorang mengalami masalah kesehatan serius setelah mengonsumsi keripik ubi ungu. Hanya saja, apabila keripik ini diolah terlalu asin dan konsumsinya pun berlebihan, sangat mungkin muncul rasa tidak nyaman di pencernaan.Tentu akan lebih aman membuat sendiri keripik ubi ungu di rumah. Anda bisa tahu betul apa saja komposisi yang digunakan dan menyesuaikannya dengan pola makan sehari-hari.Untuk menjaga kadar lemaknya tetap rendah, sebaiknya pilih metode pengolahan dengan cara memanggang ketimbang menggoreng. Anda juga bisa menambahkan bumbu favorit seperti paprika, lada, atau bubuk cabai.Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut seputar camilan sehat rendah gula dan sodium, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatmakanan diethidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/sweet-potato-chip-nutrition-facts-and-health-benefits-4846590#citation-48
Diakses pada 10 Juli 2021
AAAAI. https://www.aaaai.org/Allergist-Resources/Ask-the-Expert/Answers/Old-Ask-the-Experts/sesame-oil
Diakses pada 10 Juli 2021
British Medical Journal. https://www.bmj.com/content/353/bmj.i2351
Diakses pada 10 Juli 2021
American Diabetes Association. https://www.diabetes.org/healthy-living/recipes-nutrition/eating-well/diabetes-superfoods
Diakses pada 10 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait