Manfaat Kerang Hijau yang Sayang untuk Dilewatkan

Manfaat kerang hijau yang segar dan bersih ternyata tidak main-main
Kerang hijau disusun rapi dalam sebuah wadah

Kerang hijau adalah salah satu kerang yang paling sering kita jumpai. Kerang ini sering dijajakan, baik di restoran maupun di penjual kaki lima. Tekstur kenyal dengan banyaknya pilihan bumbu membuat kerang hijau menjadi salah satu makanan laut favorit. Bukan hanya enak di santap, ternyata manfaat kerang hijau bagi tubuh juga sangat banyak.

Kandungan nutrisi dalam kerang hijau

Kerang hijau sarat akan nutrisi dan zat gizi mikro. Kerang ini mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, serta dianggap sebagai sumber protein yang rendah lemak. Berikut daftar lengkap kandungan nutrisinya:

Dalam 100 gram kerang hijau terkandung:

  • Protein: 17,7 gram
  • Lemak: 2,9 gram
  • Karbohidrat: 3,9 gram
  • Kalsium: 163 miligram (mg)
  • Zat besi: 10,3 gram
  • Zinc: 1,5 gram
  • Vitamin A total: 38,7 mikrogram (mcg)
  • Vitamin B12: 19 mikrogram
  • Vitamin E: 0,74 miligram.

Manfaat kerang hijau untuk kesehatan tubuh

Kerang hijau dapat diolah menjadi masakan enak
Kerang hijau mengandung banyak nutrisi

Karena kandungan nutrisinya, kerang hijau memiliki berbagai manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Berikut manfaat kerang hijau bagi kesehatan:

1. Mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh asma

Kerang hijau yang dikenal kaya nutrisi membuat sekelompok peneliti mencari tahu khasiatnya untuk kesehatan. Menurut sebuah penelitian dari Emelyanov, dkk., kerang hijau terbukti membantu melancarkan pernapasan dan mengurangi terjadinya gejala-gejala yang ditimbulkan dari asma.

2. Mengurangi gejala yang ditimbulkan osteoarthritis

Setidaknya ada empat penelitian yang mengamati efek kerang hijau pada pasien yang mengidap osteoarthritis. Pasien dengan osteoarthritis akan merasakan nyeri di sendi akibat adanya pembengkakan yang timbul karena gesekan antar ujung tulang penyusun sendi.

Semua penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa konsumsi kerang hijau sebagai terapi pendamping di samping obat-obat osteoarthritis dapat mengurangi rasa sakit dan memberikan peningkatan fungsi sendi. Kerang hijau juga secara siginfikan dapat mengurangi efek tidak nyaman pada perut yang muncul dari penggunaan obat antinyeri yang biasa diberikan ke pasien osteoarthritis.

3. Mengurangi gejala yang ditimbulkan rematik

Manfaat kerang hijau lainnya adalah dapat mengurangi rasa sakit pada orang yang menderita rematik. Penyakit yang juga dikenal dengan rheumatoid arthritis ini terjadi karena adanya pembengkakan di sendi yang juga menyebabkan sendi menjadi kaku.

Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa kerang hijau bermanfaat untuk mengurangi kekakuan sendi pada orang yang memiliki rematik.

4. Menurunkan risiko peradangan

Selain ikan-ikanan yang terkenal dengan kandungan tinggi omega-3. Ternyata kerang juga menawarkan asam lemak esensial yang cukup banyak, seperti docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA), yang merupakan bentuk dari omega-3.

Dengan mengonsumsi kerang hijau, maka kita dapat mempertahankan tingkat jaringan asam lemak omega-3 dalam tubuh yang tentunya baik bagi kesehatan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa asupan omega-3 yang lebih tinggi dapat membantu menurunkan tingkat peradangan, termasuk pada pasien jantung, diabetes dan obesitas.

5. Meningkatkan kesehatan jantung dan otak

Selain mengandung asam lemak omega-3, kerang hijau juga mengandung vitamin B12 yang tinggi. Kedua zat tersebut dikenal sebagai nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung. Beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi asam lemak omega-3 dari kerang yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Dengan nutrisi yang sama, yakni omega-3 dan vitamin B12, kerang juga berfungsi untuk menjaga kesehatan otak. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B12 dan asam lemak omega-3 berisiko menyebabkan masalah dalam perkembangan otak. Dengan memenuhi kebutuhan kedua zat tersebut, kesehatan otak kita pun dapat terjaga.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat menangkal bakteri jahat yang membuat tubuh Anda sakit.  Kerang hijau sarat akan zinc yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Mineral ini diperlukan untuk mengembangkan sel-sel yang mendukung daya tahan tubuh, serta bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi kerusakan sel tubuh jika terjadi peradangan.

7. Membantu mencegah terjadinya anemia

Dalam kondisi anemia, seseorang akan mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat di dalam darahnya. Untuk mengatasinya, kita harus memastikan asupan nutrisi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

Kerang memiliki beberapa mikronutrien yang dapat mencegah terjadinya anemia, yakni vitamin B12 dan zat besi. Zat besi ini diperlukan untuk berbagai proses metabolisme dan juga memainkan peran penting dalam transportasi oksigen dalam darah.

Bahaya kerang hijau yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsinya

Ada beberapa risiko dan efek samping yang harus diperhatikan ketika Anda mengonsumsi kerang hijau. Beberapa di antaranya adalah:

  • Alergi kerang

Alergi makanan laut adalah jenis alergi yang cukup umum. Meskipun sebagian besar reaksi alergi timbul dari konsumsi golongan Crustacea, seperti kepiting dan udang, tapi tidak menutup kemungkinan keluarga kerang seperti kerang hijau pun dapat menjadi pemicu alergi.

Jika sebelumnya Anda memiliki riwayat alergi yang parah dengan makanan laut, sebaiknya Anda harus berhati-hati jika ingin mengonsumsi kerang hijau ini.

  • Keracunan makanan

Selain penyebab alergi, makanan laut seperti kerang adalah salah satu penyebab paling umum dari keracunan makanan. Hal ini karena kerang yang berasal dari laut dapat terkontaminasi oleh suatu organisme atau zat berbahaya seperti merkuri sehingga menjadi beracun.

Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan membeli kerang di tempat yang higienis dan tepercaya. Pastikan juga untuk mengonsumsi kerang yang telah matang sepenuhnya.

Mengonsumsi makanan laut seperti kerang hijau dapat menjadi kunci bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Para ahli gizi dan pemerhati nutrisi merekomendasikan agar mengonsumsi makanan la­­­­ut dua kali seminggu untuk mendapatkan semua manfaatnya.

AQUACULTURE. https://www.aquaculture.org.nz/wp-content/uploads/2011/06/AquaNZ-report-April-2010-2.pdf
Diakses pada 20 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12358334
Diakses pada 20 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18222988
Diakses pada 20 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22366869
Diakses pada 20 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12872680
Diakses pada 20 Februari 2020

MONASH. https://research.monash.edu/en/publications/treatment-of-knee-osteoarthritis-with-lyprinol-lipid-extract-of-t-2
Diakses pada 20 Februari 2020

HEALTHLINE. https://www.healthline.com/nutrition/shellfish#benefits
Diakses pada 20 Februari 2020

NUTRIONADVANCE.https://www.nutritionadvance.com/clams-nutrition-benefits/
Diakses pada 20 Februari 2020

WEBMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-830/new-zealand-green-lipped-mussel
Diakses pada 20 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18602429
Diakses pada 20 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16531613
Diakses pada 20 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12387654
Diakses pada 20 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28599665
Diakses pada 20 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4734034/
Diakses pada 20 Februari 2020

JOURNALS.https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0137309
Diakses pada 20 Februari 2020

CHOOSEMYPLATE. https://www.choosemyplate.gov/ten-tips-eat-seafood
Diakses pada 20 Februari 2020

Artikel Terkait