logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Kencur yang Melimpah bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

open-summary

Manfaat kencur untuk kesehatan mulai dari menurunkan kolesterol, mencegah osteoporosis, mencegah infeksi jamur, hingga menjaga kesehatan mental. Namun, mengonsumsi kencur secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan kesehatan.


close-summary

4.45

(20)

21 Mei 2020

| Salis Annisa

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Manfaat kencur untuk kesehatan

Kencur punya banyak manfaat bagi kesehatan

Table of Content

  • Ragam manfaat kencur untuk kesehatan
  • Cara membuat minuman dari kencur
  • Efek samping mengonsumsi kencur secara berlebihan

Sebagai orang Indonesia, Anda pasti akrab dengan kencur dan segala klaim tentang khasiat yang bisa diberikan tanaman obat ini. Klaim akan manfaat kencur yang beredar di masyarakat cukup bervariasi, misalnya menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Akan tetapi, pertanyaannya adalah apakah manfaat tersebut benar-benar terbukti?

Advertisement

Baca Juga

  • Potensi Manfaat Lumut Kerak yang Dianggap Baik bagi Kesehatan
  • Mendadak Populer Disebut Sebagai Obat Corona, Apa Itu Daun Laban?
  • Manfaat Akar Purwoceng untuk Tingkatkan Vitalitas Pria, Mitos atau Fakta?

Ragam manfaat kencur untuk kesehatan

Kencur adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga jahe dengan nama latin Kaempferia Galanga. Kencur mengandung kaempferol dan borneol yang dapat berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

Lebih lengkapnya, berikut adalah potensi manfaat dari kencur bagi kesehatan Anda.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat kencur yang pertama adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak etanol rimpang kencur dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dalam darah secara signifikan. Hasil ini dirasakan setelah 30 hari penggunaan kencur.

Meski demikian, temuan ini masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan manfaatnya pada manusia.

2. Mencegah osteoporosis

Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa kencur bermanfaat untuk meningkatkan kepada tulang sehingga membantu mencegah osteoporosis.

Osteoporosis merupakan kondisi yang dapat menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Bahkan pada kondisi tertentu, tekanan ringan seperti membungkuk atau batuk dapat menyebabkan patah tulang.

Walaupun memberikan manfaat, penelitian tersebut masih sebatas penelitian hewan sehingga diperlukan beberapa penelitian lanjutan untuk membuktikan efek positifnya pada manusia.

3. Membantu menjaga kesehatan mental      

Manfaat kencur lainnya adalah membantu meredakan gangguan mental. Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak aseton rimpang dan daun kencur memiliki sifat depresan yang dianggap mampu menenangkan sistem saraf pusat.

Bahkan, kencur juga kerap digunakan sebagai tanaman obat dalam pengobatan tradisional untuk meredakan stres, gangguan kecemasan, dan depresi.

4. Mencegah infeksi jamur

Candida albicans adalah mikroorganisme yang umumnya hidup di dalam tubuh, seperti di saluran pencernaan, vagina, dan mulut. Adanya jamur ini sebenarnya tidak bermasalah selama pertumbuhannya tidak berlebihan sehingga bisa menimbulkan infeksi.

Oleh karena itu, sebagai salah satu penyebab paling umum infeksi jamur pada manusia, pertumbuhan candida albicans perlu dihambat dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan kencur.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak kencur dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur candida albicans. Tak hanya itu, ekstrak tanaman herbal ini juga dapat membantu mengatasi infeksi jamur.

5. Membantu memenuhi kebutuhan mineral

Penelitian lain menunjukkan bahwa kencur mengandung komponen nutraceutical yang dapat memberikan ragam manfaat untuk tubuh. Komponen tersebut meliputi fosfor, kalium, magnesium, zat besi, dan zinc dengan jumlah yang cukup tinggi.

Kencur juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh dan bersifat chemopreventive, yaitu merupakan bahan yang dapat mengurangi risiko atau menunda perkembangan kanker. 

6. Mengatasi kembung

Konsumsi kencur diketahui bisa membantu mengatasi rasa kembung di perut. Untuk membuatnya, cuci terlebih dahulu kencur hingga benar-benar bersih. Setelah bersih, rebus kencur sepanjang 3 cm dengan segelas air.

Minum air rebusan kencur 2 kali sehari untuk membantu mengatasi kembung. Anda juga boleh mengonsumsi kencur yang telah direbus tadi secara langsung jika kuat dengan rasanya.

7. Meredakan batuk

Minum air rebusan kencur dapat membantu meredakan batuk. Di Tiongkok, khasiat kencur untuk batuk juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pernapasan pada anak, demam, infeksi tenggorokan, hingga batuk rejan.

Penelitian pada hewan menunjukkan kencur bisa mengobati batuk dengan berfungsi sebagai antitusif yang dapat menekan batuk dengan menurunkan aktivitas pusat batuk di otak dan menekan respirasi.

Sedangkan dalam Journal of Medicinal Plant Studies, disebutkan bahwa bagian rimpang dan akar dari kencur memiliki sifat ekspektoran yang baik untuk batuk.

Rimpang dan akar kencur untuk batuk bekerja dengan cara memicu pengeluaran dahak dari saluran pernapasan dengan merangsang selaput lendir lambung.

Secara refleks, aktivitas tersebut akan meningkatkan pengeluaran lendir di saluran napas sehingga dapat menurunkan tingkat kekentalan dan mempermudah pengeluaran dahak. Batuk pun bisa lebih cepat sembuh.

Cara membuat kencur untuk obat batuk sangat mudah, Anda cukup mencucinya terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Apabila sudah bersih, kupas kulit luar kencur lalu parut.

Peras parutan kencur tadi dengan menggunakan kain untuk mendapatkan sarinya. Tambahkan jeruk nipis dan madu secukupnya, minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari hingga gejala batuk mereda.

8. Meningkatkan nafsu makan

Kencur merupakan rempah yang mempunyai sifat karminatif. Sifat karminatif dalam kencur tersebut dapat membantu meningkatkan nafsu makan Anda. Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan berat badan karena kurangnya nafsu makan, konsumsi kencur bisa dijadikan pengganti obat penambah nafsu makan berbahan kimia.

9. Mengatasi asam lambung

Kencur adalah rempah yang memiliki kandungan tinggi zat sitotoksik dan antibakteri. Oleh sebab itu, khasiat kencur untuk kesehatan pencernaan dikenal efektif, bahkan kerap dijadikan sebagai obat herbal untuk berbagai gangguan pencernaan.

Sifat antibakteri pada kencur dapat menghambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, bakteri jahat yang berada di dalam perut.

Selain itu, anfaat kencur untuk asam lambung juga dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa kencur dapat mencegah erosi atau luka pada lambung akibat peradangan hasil infeksi. Pasalnya, kencur bersifat antibakteri yang juga memiliki kandungan antiradang.

10. Mengatasi bengkak dan memar

Kencur juga bisa dijadikan obat untuk memar, benjol, dan bengkak. Beras kencur dipercaya sejak dulu untuk mengobati bengkak akibat keseleo dengan cara diminum, sedangkan ampasnya digunakan untuk baluran area yang bengkak.

Ampas kencur juga memiliki kandungan yang mampu melancarkan peredaran darah di bagian yang bengkak akibat penggumpalan darah.

Selain itu, kandungan vitamin B1 dan B3 dari beras kencur juga mampu menjaga kesehatan sistem saraf, sehingga dapat mempercepat proses pemulihan saat bengkak, benjol, atau memar.

Baca juga: Manfaat Kencur untuk Bayi, Apa Saja?

Cara membuat minuman dari kencur

Jika Anda tertarik untuk merasakan manfaat dari kencur, Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk jamu beras kencur. Berikut adalah resep jamu beras kencur yang dapat buat Anda sendiri di rumah.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 6 sdm beras
  • 10 ruas kencur
  • 2 ruas jahe
  • 2 lembar daun pandan
  • 6 buah gula merah
  • Asam jawa secukupnya
  • 2 liter air.

Cara membuatnya:

  • Rendam beras selama kurang lebih 1 jam atau bisa semalaman dengan air hangat.
  • Setelah itu, cuci beras dengan menggunakan air mineral.
  • Didihkan air, rebus gula, pandan, dan asam jawa. Setelah gula mencair, matikan api, lalu saring sisa gula dan asam jawa yang tidak larut.
  • Kemudian, blender beras, jahe, kencur, dan rebusan air gula.
  • Setelah benar-benar halus, saring campuran beras kencur.

Anda bisa langsung meminumnya atau menyimpannya di dalam kulkas untuk dikonsumsi pada lain hari. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat kencur setiap harinya dengan cara yang lebih mudah.

Baca juga: Selain Kaya Rasa, Manfaat Rempah-Rempah Indonesia untuk Kesehatan juga Begitu Beragam

Efek samping mengonsumsi kencur secara berlebihan

Meski manfaat kencur untuk kesehatan begitu banyak,  Anda tidak disarankan untuk makan kencur mentah setiap hari atau minuman kencur secara berlebihan.

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap hewan, konsumsi kencur secara berlebihan atau setara 2.000 mg/kg per hari memberikan efek samping serius, di antaranya:

  • Penurunan energi secara drastis
  • Hilangnya nafsu makan
  • Sering buang air kecil
  • Diare
  • Koma
  • Kematian

Namun, penelitian tersebut baru sebatas dilakukan pada hewan. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui apakah efek samping serupa juga akan terjadi pada manusia.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar khasiat kencur, Anda bisa  chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

tanaman obat

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved