Manfaat Kemiri bagi Kesehatan yang Tidak Diduga-duga

(0)
02 Jun 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada banyak manfaat kemiri bagi kesehatan dan kecantikanKemiri punya banyak manfaat bagi kesehatan
Sering digunakan sebagai bahan masakan, kemiri ternyata juga dapat memberikan beragam keuntungan bagi kesehatan. Kemiri (Aleurites Moluccanus) merupakan pohon berbunga yang tumbuh dengan subur di wilayah beriklim subtropis dan tropis, misalnya Indonesia, Malaysia, dan Queensland (Australia).Tanaman ini berpotensi beracun jika dikonsumsi secara mentah. Pasalnya, kemiri mengandung zat yang hampir sama seperti sianida. Konsumsi zat tersebut dapat menyebabkan kondisi keracunan yang cukup parah, seperti muntah-muntah hebat, gangguan pernapasan, sakit perut, dan dapat menyebabkan kematian.Meski begitu, banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika kemiri telah diolah, baik secara dimasak maupun dibakar. Bahkan olahan minyak kemiri juga mampu memberikan beragam manfaat untuk kecantikan Anda.

Manfaat kemiri bagi kesehatan

Kemiri diklaim dapat memberikan beragam manfaat, mulai dari kesuburan rambut hingga dapat mengatasi kondisi asma. Meski begitu, berbagai manfaat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.Kemiri dipercaya mengandung kandungan lemak tak jenuh tunggal, vitamin C, vitamin E, vitamin D, linoleat dan linolenat, serta antioksidan yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat kemiri bagI kesehatan.

1. Perawatan rambut

Manfaat kemiri yang satu ini bisa dikatakan cukup populer. Asam lemak linoleat dan linolenat yang ditemukan dalam minyak dari kemiri mampu melapisi dan melembapkan rambut, memberikan nutrisi pada rambut, membuat rambut berkilau, dan mencegah kerusakan rambut.Selain itu, kemiri juga dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala berketombe atau gatal. Semua ini berkat asam lemak dalam minyak kemiri yang mampu menembus batang rambut dan membuatnya nampak sehat.Anda bisa menggunakan minyak kemiri dalam bentuk masker rambut, mencampurkannya ke dalam kondisioner, atau dengan memijatnya pada bagian kulit kepala hingga ujung rambut.

2. Membantu mengontrol eksim

Kemiri yang sudah diolah menjadi minyak dianggap mampu membantu penderita eksim dalam mencegah gatal, melembapkan kulit, dan mengatasi peradangan secara efektif.Eksim sendiri merupakan salah satu masalah kulit yang paling sulit untuk dikendalikan. Penderitanya akan kerap mengalami kulit kering, kasar, dan gatal.Selain membantu meredakan eksim, minyak kemiri juga efektif dalam melawan gejala penyakit kulit lainnya, seperti rosacea dan psoriasis.

3. Menyembuhkan luka

Minyak olahan kemiri diklaim mampu menghilangkan rasa sakit, mempercepat pernyembuhan luka, melindungi luka dari kemungkinan infeksi, menghilangkan pembengkakan, dan membantu penyembuhan kulit terbakar.Minyak kemiri bisa diserap dengan mudah oleh lapisan kulit terdalam dan membentuk lapisan pada kulit yang melindunginya dari kerusakan di sekitar kulit tersebut. Khasiat ini didapatkan dari kandungan asam alfa-linolenat sekitar 29 persen dan 42 persen asam linoleat yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan ternutrisi.

4. Menyembuhkan gigitan serangga

Selain dapat menyembuhkan luka, kemiri juga dipercaya dapat menyembuhkan luka akibat gigitan serangga yang ringan dan menimbulkan luka. Caranya, panggang kemiri dan kunyit, lalu tumbuk keduanya hingga halus. Setelah itu, Anda bisa meletakkannya di bagian kulit yang terasa gatal akibat gigitan serangga.Itulah beberapa manfaat kemiri yang bisa Anda dapatkan. Umumnya kemiri dianggap bermanfaat untuk pengobatan luar, mulai dari rambut hingga kulit. Sedangkan manfaatnya untuk mengatasi asma, diare, dan sembelit, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.Jika Anda ingin menggunakan kemiri sebagai obat untuk mengatasi kondisi kesehatan di atas, sebaiknya cobalah untuk mengonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter. 
tanaman obat
Livestrong
https://www.livestrong.com/article/156952-what-are-the-benefits-of-using-kukui-nut-oil/
Diakses 19 Mei
Organic facts
ttps://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/kukui-nut-oil.html
Diakses 19 Mei
Medical news today
https://www.medicalnewstoday.com/articles/14417
Diakses 19 Mei
Health benefits times
https://www.healthbenefitstimes.com/candlenut/
Diakses 19 Mei
Wikipedia
https://en.wikipedia.org/wiki/Aleurites_moluccanus#Uses
Diakses 19 Mei
Emedicinehealth
https://www.emedicinehealth.com/tung_seed/vitamins-supplements.htm
Diakses 19 Mei
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait