Ini Salah Kaprah Manfaat Kelapa Bakar untuk Kesehatan

Manfaat kelapa bakar yang digembar-gemborkan sebenarnya sama dengan manfaat kelapa segar.
Manfaat kelapa bakar masih dipercaya oleh masyarakat luas.

Di sejumlah wilayah Tanah Air, gerai kelapa bakar laris manis disambangi pengunjung. Tidak sedikit dari mereka yang penasaran ingin mencicipi cita rasa kelapa bakar. Ada pula yang terbuai iming-iming para penjual soal manfaat kelapa bakar bagi kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi masalah pencernaan, mengusir keluhan masuk angin hingga mengatasi diabetes. Namun, bernarkah demikian?

Manfaat kelapa bakar bagi kesehatan, apakah ada?

Buah kelapa atau Cocos nucifera mengandung begitu banyak nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh. Satu cangkir air kelapa mengandung:

  • Kalori: 46
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Serat: 3 gram
  • Protein: 2 gram
  • Vitamin C: 10% dari asupan kebutuhan harian
  • Magnesium: 15% dari asupan kebutuhan harian
  • Mangan: 17% dari asupan kebutuhan harian
  • Natrium: 11% dari asupan kebutuhan harian

Kandungan kalium dalam air dan buah kelapa dapat mengontrol tekanan darah, melancarkan peredaran darah serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung. Selain itu, sebuah riset membuktikan efektivitas air kelapa dalam melarutkan batu ginjal.

Sayangnya, khasiat buah kelapa ini baru teruji secara ilmiah pada kelapa segar, bukan kelapa yang sudah dibakar. Hingga hari ini, belum ada penelitian ilmiah yang dapat membuktikan manfaat kelapa bakar bagi kesehatan.

Salah kaprah manfaat kelapa bakar

Sejatinya, manfaat kelapa bakar yang digadang-gadang penjual kelapa bakar merupakan khasiat asli buah kelapa yang dapat diperoleh tanpa harus melalui proses pembakaran.

Salah kaprah soal manfaat kelapa bakar ini juga menyebabkan masyarakat tidak menyadari bahwa proses pemanasan kelapa bakar, justru akan mengubah sejumlah zat penting bagi kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Meski demikian, tidak sedikit pelanggan dan penjual yang mengesampingkan hal itu dan tetap menjadikan kelapa bakar sebagai primadona untuk menghangatkan tubuh.

Walaupun banyak pelanggan yang mengaku merasakan khasiat kelapa bakar, akan tetapi harus diingat, Anda wajib mengontrol diri saat mengonsumsi kelapa bakar. Sebab campuran susu kental manis dan madu yang kian menyempurnakan cita rasa kelapa bakar, justru dapat meningkatkan gula darah dan tidak cocok dikonsumsi penderita diabetes yang ingin merasakan langsung manfaat kelapa bakar.

Ini manfaat kelapa sesungguhnya, tanpa harus dibakar

Mengonsumsi air kelapa bisa membantu menurunkan
tekanan darah.

Tanpa harus melalui proses pembakaran, buah kelapa mengandung nutrisi dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat kelapa tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Mengganti cairan tubuh yang hilang

Manfaat kelapa yang pertama adalah mengganti cairan tubuh yang hilang. Air kelapa dapat berperan menjadi cairan isotonik alami, dan pengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga maupun diare. Minumlah air kelapa, terutama air kelapa muda dalam jumlah banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

2. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah risiko terkena penyakit stroke dan kanker. Selain itu, kandungan kalium tinggi dan natrium rendah dalam air kelapa juga mencegah risiko terjadinya penyakit kardiovaskular tersebut.

3. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam kelapa bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

4. Mengatasi diabetes

Manfaat kelapa selanjutnya yaitu mengatasi diabetes. Air buah ini membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan membantu penyerapan gula darah dalam tubuh.

5. Menjadi obat kumur alami

Air kelapa yang mengandung zat antiseptik juga bermanfaat sebagai obat kumur alami serta mencegah terjadinya peradangan di area mulut.

6. Membantu menurunkan berat badan

Minyak yang diekstrak dari kelapa disebut efektif mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak perut. Minyak kelapa dapat jadi alternatif minyak yang digunakan untuk memasak makanan diet Anda.

7. Mencegah batu ginjal

Sebuah penelitian menyebut, air kelapa mampu melarutkan batu ginjal, dan mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urine. Air kelapa pun dapat mencegah terjadinya berbagai komplikasi akibat penyakit batu ginjal.

Catatan dari SehatQ

Air buah kelapa memang menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun sebaiknya, jadikanlah minuman ini hanya sebagai asupan dalam perawatan pendamping, bukan pengobatan utama. Jadi, jika Anda mengalami penyakit tertentu yang disebut-sebut bisa sembuh dengan mengonsumsi air kelapa, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/8-coconut-water-benefits#section1
Diakses pada 28 Februari 2020

Researchgate.
https://www.researchgate.net/publication/330825517_HEALTH_BENEFITS_OF_TENDER_COCONUT_WATER_TCW
Diakses pada 28 Februari 2020

Kompas.com.
https://tekno.kompas.com/read/2010/09/23/10375526/kelapa.bakar.usir.masuk.angin?page=all
Diakses pada 28 Februari 2020

Artikel Terkait