Manfaat Kejujuran bagi Pengembangan Diri


Seringkali kita menganggap berbohong lebih mudah dilakukan daripada jujur. Padahal manfaat kejujuran berpengaruh pada karakter diri. Berperilaku jujur akan membebaskan diri Anda dari sikap pura-pura dan kebohongan yang dapat merusak reputasi Anda.

0,0
29 Jun 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat kejujuran berpengaruh pada karakter diri dan kredibilitas di hadapan orang lainBersikap jujur membuat Anda dipercaya oleh orang lain
Apa kebohongan yang Anda lakukan terakhir kali? Setiap manusia punya rahasia, punya hal yang tidak ingin diketahui semua orang. Alasannya beragam, mulai dari malu, menutupi suatu hal, dan alasan lainnya. Memang kita melakukannya hanya sesekali, tapi kita semua masih melakukannya. Anehnya, kebanyakan dari kita menganggap diri kita selalu jujur.Dalam buku The (Honest) Truth About Dishonesty, Dan Ariely menawarkan bukti bahwa kita bisa percaya bahwa kita jujur meskipun kita bohong dengan melakukan cara-cara kecil. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan pada diri sendiri bahwa kita berperilaku jujur, padahal kita hanya sedang berbohong dengan cara yang menurut kita tidak penting.

Efek negatif kebohongan

Meskipun terlihat sepele, berbohong ternyata bisa membawa konsekuensi yang negatif. Pertama, berbohong kecil berisiko terbongkar dan Anda akan dikenal sebagai pembohong. Reputasi Anda akan hancur dan merusak kepercayaan orang lain kepada Anda. Kedua, satu kebohongan seringkali mengarah pada kebohongan lainnya, dan tentunya membawa konsekuensi yang jauh lebih besar jika ketahuan. Ketiga, Anda tidak dapat selalu memprediksi konsekuensi dari berbohong, bahkan yang kecil sekalipun. Rasa tanggung jawab dan rasa bersalah akan menyebabkan rasa tertekan lebih besar dari yang kita bayangkan.

Manfaat kejujuran lebih baik daripada ketidakjujuran

Cara yang baik dalam menjalani hidup adalah bersikap jujur. Manfaat perilaku jujur mendatangkan beberapa kebaikan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai berikut.

1. Kejujuran adalah pilihan termudah

Keuntungan bersikap jujur adalah pilihan termudah. Anda tak perlu repot menyiapkan kebohongan dan skenario di kepala. Namun memang menjadi jujur tidak selalu mudah. Kebohongan itu seperti jaring laba-laba yang lengket. Ketika seekor serangga tersangkut di jaring, biasanya merenggut nyawa mereka. Ketika orang terjebak dalam kebohongan ia selalu dirugikan. Ketika Anda jujur, Anda tak perlu berpikir untuk mengarang cerita yang logis. Itu sebabnya bersikap jujur adalah pilihan yang paling mudah.

2. Kejujuran mengungkapkan karakter Anda

Ketika menjalani hidup yang jujur, Anda bisa membangun karakter. Karakter hanyalah gambaran tentang siapa kita sebenarnya dan sebenarnya hanya jendela yang orang lihat melalui realitas kehidupan batin. Kebohongan hanya akan merusak karakter Anda. 

3. Kejujuran memberi kita kebebasan

Kejujuran memberikan Anda rasa bebas. Anda tidak lagi harus berpura-pura dalam segala hal. Ada kebebasan luar biasa dalam mengetahui bahwa Anda tidak perlu menutupi jejak karena kebohongan kepada seseorang. 

4. Kejujuran menjaga kredibilitas Anda

Ketika Anda pernah ketahuan berbohong, orang lain tidak akan mudah mempercayai Anda lagi. Mayoritas orang memihak orang jujur setiap saat. Ketika Anda jujur, Anda membangun kredibilitas yang artinya sejalan dengan kebenaran. 

5. Kejujuran membuat Anda keluar dari masalah

Kejujuran akan menghindari masalah yang kita buat untuk diri sendiri. Sering kali orang membuat masalah baru dengan berbohong, namun itu hanya membuat masalah baru. Anda akan memperoleh keuntungan yang luar biasa jika bersikap jujur.  Ketika Anda ingin melakukan kebohongan, coba ambil jeda dan ingat keuntungan apa saja jika Anda bersikap jujur. Bayangkan, jika orang lain tahu bahwa Anda selalu berusaha jujur dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Hal ini akan jadi investasi yang tak ternilai harganya. Penting untuk hidup dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai Anda. Menjadi jujur kepada diri sendiri juga penting karena Anda jadi tak harus berpura-pura menjadi orang lain. Mulailah perubahan untuk jujur dari hari ini. Hal ini bisa dimulai dengan jujur pada diri sendiri. Jujurlah tentang pikiran, kata-kata, tindakan, dan keinginan Anda.Kejujuran bukan hanya tentang mengatakan yang sebenarnya, tapi juga menjadi diri Anda yang sesungguhnya. Kejujuran mendorong keterbukaan, memberdayakan, dan mengembangkan konsistensi dalam cara kita menyajikan fakta. Kejujuran juga akan mempertajam persepsi kita dan mengamati segala sesuatu di sekitar dengan jelas.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang pentingnya kejujuran, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
berpikir positifkesehatan mental
Better World 4 Al.. http://www.betterworld4all.org/five-benefits-honest/
Diakses pada 15 Juni 2021.
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/happiness-in-world/201402/why-be-honest
Diakses pada 15 Juni 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait